Sukses

Lifestyle

5 Kegiatan Tenang yang Efektif Meredakan Stres

Fimela.com, Jakarta Sedang merasa stres berat? Merasakan tekanan yang begitu menyesakkan? Sebelum makin terpuruk dalam perasaan tak nyaman, coba kali ini kumpulkan sedikit tenaga untuk melakukan sesuatu.

Ada sejumlah hal dan kegiatan simpel yang bisa dilakukan untuk meredakan stres. Meskipun mungkin kamu belum bisa menemukan jalan keluar terbaik dari masalahmu, tetapi setidaknya pikiranmu bisa terasa lebih jernih setelah melakukan kegiatan ini. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Meditasi

Sebuah artikel dalam Journal of Clinical Medicine, 2018, melaporkan bahwa gerakan meditasi tradisional, seperti tai chi, yoga, dan qigong, efektif untuk menangani berbagai masalah seperti rasa cemas, masalah tidur, dan depresi. Kalau kamu merasa stres berat atau sulit berpikir jernih, coba luangkan waktu untuk bermeditasi sejenak. Gerakan meditasi bisa dipilih untuk meredakan stres dan menenangkan diri. Dengan melatih fokus dan napas lebih teratur, stres pun mereda.

 

 

2. Berjalan-jalan Menghirup Udara Segar

Cobalah luangkan sedikit waktu untuk berjalan-jalan. Sebisa mungkin pilih tempat yang terbuka dan membantumu bisa mendapatkan udara yang lebih segar. Melansir laman Lifehack.org, ada istilah "forest bathing" yang mengacu pada aktivitas jalan kaki di alam terbuka. Berjalan kaki dan memperhatikan sekitar bisa membantu kita menata pikiran jadi lebih baik, dan suasana hati bisa lebih tenang lagi.

 

 

3. Menuangkan Isi Pikiran dalam Tulisan

Ambil secarik kertas kosong atau buku kosong. Lalu, tuangkan semua isi pikiran dan hal-hal yang memenuhi pikiran dalam tulisan. Melansir laman intermountainhealthcare.org, kegiatan menulis jurnal adalah media mengelola stres yang baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menulis ekspresif seperti menulis jurnal selama 15-20 menit per hari tiga hingga lima kali seminggu selama periode empat bulan bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi lever.

 

 

4. Mendengarkan Musik

Para ahli menemukan, seperti yang dilansir dari laman umgagency.com, bahwa mendengar musik akan membantu melepaskan hormon dopamin di otak. Dopamin adalah hormon yang membantu seseorang merasa lebih bahagia, tenang, dan nyaman. Mengikuti alunan musik yang kamu sukai dan meresapi lirik-liriknya bisa membantu mengurai kekusutan isi kepalamu.

 

 

5. Mengatur Pernapasan

Kita bisa melakukan latihan pernapasan 4-7-8 untuk tenangkan pikiran. Saat tubuh rileks, denyut jantung melambat dan pikiran kita juga cenderung akan lebih longgar. Caranya bisa dimulai dengan mengembuskan udara sampai habis. Lalu, tarik napas tanpa bersuara melalui hidung hingga maksimal 4 detik, tahan napas selama 7 detik. Kemudian, embuskan napas dengan tekanan sambil mengerucutkan bibir dan bersuara "fuuuh" dalam 8 detik.

Itu tadi lima hal yang bisa dicoba untuk bantu redakan stres. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading