Sukses

Lifestyle

5 Cara Mewarnai Rambut Beruban dengan Mudah dan Benar

Fimela.com, Jakarta Rambut beruban bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Kondisi rambut beruban ini bisa dialami seseorang yang masih remaja, maupun yang sudah lanjut usia. Sahabat Fimela dapat mewarnai rambut sendiri untuk menghilangkan uban.

Di dalam folikel rambut, terdapat sel pigmen yang bisa memberikan warna pada rambut. Jika sel pigmen berkurang, maka secara alami membuat rambut berwarna keabu-abuan atau putih. Tak hanya disebabkan oleh faktor usia saja, rambut beruban juga bisa disebabkan karena pola hidup yang kurang baik.

Uban akan terus bertumbuh seiring bertambahnya usia. Namun, jangan pernah sekalipun mencabut rambut yang beruban. Berikut cara mewarnai rambut yang beruban dengan mudah dan benar:

Penyebab Rambut Beruban

1. Kurang Vitamin B-12

Penyebab rambut beruban yang pertama adalah karena kekurangan vitamin B-12. Vitamin ini diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut. Saat kekurangan vitamin B-12, tubuh bisa mengalami anemia penisiosa, karena sel darah merah yang membawa oksigen ke sel rambut terhambat. Jika peredaran darah terhambat, maka produksi melanin pada rambut menjadi berkurang.

2. Stres

Siapa sangka, ternyata stres bisa menyebabkan rambut menjadi beruban. Stres akan membuat pertumbuhan rambut menjadi terhambat. Sehingga rambut akan kehilangan sel pigmen dan menyebabkan warnanya menjadi putih keabu-abuan.

3. Sindrom Werner

Sindrom Werner adalah kelainan genetika, yang bisa menyebabkan penuaan dini pada seseorang. Saat seseorang mengalami sindrom werner, maka rambut akan beruban walaupun masih berusia kurang dari 25 tahun. Bahkan rambut akan mengalami kerontokan dan kebotakan di usia muda.

Cara Mewarnai Rambut

1. Pilih Cat Rambut

Pilihlah cat rambut dengan warna yang lebih gelap daripada aslinya. Karena cat rambut akan menjadi lebih terang setelah kena rambut beruban. Pastikan membeli cat rambut yang bebas amonia, untuk mencegah kerontokan dan alergi pada rambut serta kulit kepala.

2. Cuci Rambut Terlebih Dahulu

Sebelum mengaplikasikan cat rambut, ada baiknya mencuci rambut terlebih dahulu. Rambut yang bersih akan membuat warna cat lebih menempel. Cucilah rambut sehari sebelum mewarnai, agar minyak alami di rambut muncul dan bisa melindungi rambut dari bahan kimia pada cat.

3. Campurkan Cat Rambut

Setelah itu siapkan cat rambut dan baca aturan pakainya. Siapkan mangkok dan sisir khusus cat rambut, masukkan semua yang ada di dalam isi kemasan. Campur hingga rata dan jangan lupa gunakan sarung tangan plastik.

4. Aplikasikan dari Akar Rambut

Aplikasikan cat rambut mulai dari akar rambut, terutama pada bagian rambut beruban. Sehingga warna cat akan meresap terlebih dahulu di bagian uban. Setalah cat rata, diamkan selama 30 menit hingga 1 jam, tergantung dari aturan yang terdapat dalam kemasan cat rambut.

5. Bilas Hingga Bersih

Terakhir, bilas cat rambut hingga bersih. Usahakan menggunakan air dingin saat membilas cat rambut. Gunakan sampo yang dapat melembutkan dan menjaga warna rambut tetap awet. Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner, agar tekstur rambut tetap lembut dan terhindar dari kerontokan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading