Sukses

Lifestyle

9 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Menggunakan Kendaraan Pribadi

Fimela.com, Jakarta Mudik menjadi tradisi tahunan yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang lebaran. Saat ini, mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi menjadi pilihan yang banyak dipilih oleh para pemudik.

Hal ini dikarenakan menggunakan kendaraan pribadi jauh lebih fleksibel dan lebih aman dibandingkan menggunakan kendaraan umum. Namun, sebelum memutuskan untuk mudik dengan kendaraan pribadi, ada baiknya kamu mengetahui beberapa tips mudik berikut ini agar perjalananmu lebih aman dan nyaman.

1. Cek kembali kondisi kendaraan

Sebelum memulai perjalanan mudik, sebaiknya cek terlebih dahulu kondisi kendaraan. Pastikan kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi prima.

Selain itu, lakukan pemeriksaan rutin pada mesin, rem kaki, pedal kopling, dan sistem lainnya untuk memastikan kendaraan siap melalui perjalanan jauh. Jangan lupa juga untuk membawa dokumen kendaraan dan pastikan surat-surat kendaraan yang diperlukan masih berlaku.

2. Perhatikan kondisi cuaca

Dilansir dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), sebelum memulai perjalanan mudik, pastikan untuk mengecek cuaca dan kondisi jalanan terlebih dahulu melalui melihat berita cuaca terkini. Hal ini dapat membantu kamu mempersiapkan diri dan meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan.

3. Istirahat yang cukup

Sebelum memulai perjalanan, pastikan kamu telah mendapatkan istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup, kamu bisa menjaga konsentrasi saat mengemudi dan mengurangi risiko kecelakaan.

 

Perhatikan hal-hal berikut ini selama perjalanan mudik

4. Packing barang dengan bijak

Usahakan untuk membawa barang yang benar-benar dibutuhkan selama perjalanan, seperti pakaian, makanan, minuman, obat-obatan, dan sebagainya. Pastikan barang-barang tersebut tertata rapi dan aman dalam kendaraan.

5. Pastikan semua penumpang memakai sabuk pengaman

Selalu pastikan semua penumpang memakai sabuk pengaman selama perjalanan. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko cedera jika terjadi kecelakaan.

 

6. Hindari penggunaan gadget saat berkendara

Selama berkendara, sebaiknya hindari bermain ponsel sambil berkendara. Tetap fokus pada pengemudian dan perhatikan kondisi jalan.

7. Jangan berkendara saat mengantuk atau lelah

Jangan memaksakan diri untuk berkendara saat kondisi tubuh mengantuk atau lelah. Sebaiknya berhenti sejenak untuk istirahat atau bergantian mengemudi dengan orang lain yang juga memiliki SIM.

8. Beristirahatlah secara berkala.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), apabila melakukan perjalanan mudik jarak jauh,  sebaiknya pengendara berhenti sejenak setiap 2-3 jam. Hal ini bertujuan untuk mengistirahatkan mata dan tubuh selama berkendara. Dalam waktu tersebut, kamu bisa melakukan peregangan dan latihan pernapasan ringan.

 

Tetap memperhatikan pola konsumsi sehat untuk kenyamanan perjalanan

9. Konsumsi makanan yang sehat dan cukup

Selama perjalanan mudik, sebaiknya hindari makanan cepat saji, makanan pedas dan berlemak. Hal ini dikarenakan makanan tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang dapat meningkatkan risiko mual dan muntah selama perjalanan. Tak hanya itu, makanan cepat saji juga memiliki tinggi lemak dan gula yang dapat meningkatkan risiko kelelahan atau mengantuk selama perjalanan.

Selain makanan, perlu diperhatikan untuk tidak minum kopi atau minuman berkafein selama perjalanan mudik. Hal ini dikarenakan minuman yang mengandung kafein dapat meningkatkan risiko dehidrasi dan menyebabkan gangguan tidur selama perjalanan.

Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi seperti buah-buahan, sayuran segar, dan makanan yang diolah dengan cara yang sehat seperti dikukus atau dipanggang. Selain itu, perbanyak minum air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama perjalanan.

Demikian tips dan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mudik menggunakan kendaraan pribadi agar perjalanan aman dan nyaman.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading