Sukses

Lifestyle

5 Tips Hidup Hemat agar Lebih Menghargai Uang

Fimela.com, Jakarta Kata hemat sering disalahartikan sebagai pelit atau makna negatif lainnya. Banyak orang menganggap hidup hemat artinya selalu menggunakan barang murah dan mengorbankan kesenangan diri. Padahal hidup hemat dapat dilakukan dengan bersenang-senang sambil mengelola uang dengan cerdas. Hemat bukan berarti pelit, namun pandai membuat keputusan ke mana uang akan digunakan.

Meskipun menerapkan hidup hemat, keinginanmu tetap dapat terwujud dengan trik yang cerdas. Tidak hanya tentang membuat budget keuangan, berikut tips menerapkan hidup hemat agar uang tidak terbuang sia-sia.

1. Merencanakan Menu Makan

Merencanakan menu makan setiap hari bukan hanya membantumu menghemat uang, namun juga mempermudah aktivitas sehari-hari. Saat sedang sibuk, rasanya memikirkan menu makan pun tidak sempat. Pada akhirnya, perut akan dibiarkan kosong atau makan sembarangan yang memperburuk kesehatan. Dengan menyiapkan menu makan setiap hari, maka tak perlu pusing lagi untuk mencari makanan. Beli bahan yang dibutuhkan untuk diolah setiap hari selama seminggu dan simpan dengan baik agar awet. Cara ini dapat dilakukan setiap akhir pekan. Tulis menu makanan untuk setiap harinya dan belanjakan bahan sesuai yang dibutuhkan.

2. Beli Barang yang Dibutuhkan dan Jual yang Tidak Terpakai

Barang-barang untuk mempermudah aktivitas seperti microwave, mesin cuci, dan lainnya adalah investasi untuk mempermudah pekerjaan dan menghemat waktu. Untuk kebutuhan primer, belilah yang berkualitas tinggi dan memiliki banyak fungsi agar lebih awet dan serba guna. Selain itu, jual barang yang sudah tidak terpakai agar tidak membuang uang dan menjadi usang tanpa digunakan. Misalnya seperti tas branded, alat musik yang tidak digunakan, atau benda lainnya. Menjual barangmu bukan hanya menambah pemasukan, namun juga berguna bagi orang lain yang membutuhkan.

3. Menabung dan Investasi

Menabung bukan hanya berguna untuk keadaan darurat atau masa depan, namun juga untuk kesenangan seperti liburan atau membeli kebutuhan rumah tangga. Meski hidup hemat, kesenangan tetap tidak bisa dikesampingkan. Terutama investasi, ini adalah cara terbaik untuk membiarkan uang bekerja dengan sendirinya. Pastikan untuk membuat target yang jelas dan taat dalam menabung. Menabung akan lebih efektif bila menerapkan strategi yang cerdik.

4. Hindari Utang Kartu Kredit

Kartu kredit adalah jebakan untuk menumpuk hutang, apalagi dengan bunganya yang kadang memiliki nominal besar. Menggunakan kartu kredit bukan berarti hal yang salah, bila memang dibutuhkan maka lakukanlah dan pastikan untuk taat membayar tepat waktu. Satu kali terlewat membayar tagihan, makan akan terus kewalahan. Jangan sampai buat hutang menumpuk. Bila tidak yakin dapat menggunakan kartu kredit dengan bijak, lebih baik tidak menggunakannya sama sekali.

5. Pikirkan Alternatif untuk Setiap Kegiatan

Perawatan kulit, produk kecantikan, hingga olahraga sebenarnya dapat dilakukan tanpa membuang banyak uang. Tidak ada yang murah untuk produk perawatan diri dan kesehatan, namun beberapa dapat dibuat dengan bahan alami di rumah. Misalnya masker wajah atau scrub tubuh. Membuatnya dengan bahan di rumah bukan hanya dapat menghemat uang, namun juga lebih aman untuk kulit karena mengandung bahan alami tanpa campuran kimia. Selain itu, olahraga pun bisa dilakukan di rumah atau lingkungan rumah. Tak perlu biaya mahal untuk fitness dan menyewa pelatih, tubuh bugar dapat diraih dengan olahraga rutin di rumah.

Menerapkan hidup hemat adalah hal mudah dilakukan tanpa harus merelakan kenyamanan dan kesenangan. Uang yang disisihkan karena berhemat dapat digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading