Sukses

Lifestyle

Penyebab Muncul Rambut Putih atau Uban Di Usia Muda

Fimela.com, Jakarta Seiring dengan bertambahnya waktu, kamu juga akan bertambah usia. Dari fase anak-anak, lama kelamaan akan memasuki fase remaja, dewasa hingga kemudian memasuki fase tua. Ketika sudah tua, organ-organ tubuh tidak berfungsi sebaik dulu.

Contohnya seperti rambut yang semakin tua akan semakin memutih atau biasa juga disebut dengan uban. Rambut bisa berwarna karena sel melanin. Seiring bertambahnya usia, kemampuan fungsi sel melanin akan menurun secara bertahap, menjadi kurang aktif dan bahkan mungkin mati yang kemudian membuatnya tidak lagi bisa memberikan warna pada rambut dan membuat munculnya uban.

Namun sebenarnya uban tidak selalu muncul di usia tua saja. Bahkan ketika kamu masih muda kamu bisa saja mempunyai uban. Lalu sebenarnya apa sih yang membuat munculnya uban ketika masih remaja? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang kinerja metabolisme. Selain itu, vitamin B12 juga berperan penting untuk membantu tubuh dalam membentuk energi, membentuk sel darah merah, serta menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Tubuh yang kekurangan vitamin B12, proses pembentukan sel darah merah akan terganggu. Padahal sel darah merah berfungsi penting dalam menyalurkan oksigen ke seluruh organ dalam tubuh. Jika proses tersebut terganggu, maka bisa menyebabkan rambut menjadi lebih lemah dan juga menjadi penyebab turunnya produksi melanin.

2. Merokok

Selain tidak baik bagi kesehatan tubuh, merokok juga bisa menjadi penyebab munculnya uban pada remaja. Rokok mengandung radikal bebas yang dapat merusak sel-sel yang memproduksi melanin. Jika sel yang memproduksi melanin tersebut rusak, maka melanin tidak lagi bisa memberikan warna pada rambut dan muncul uban pada rambutmu.

3. Mewarnai Rambut

Salah satu yang menjadi penyebab munculnya uban pada remaja bisa dikarenakan kebiasaan menggunakan pewarna dengan kandungan kimia yang cukup keras pada rambut. Ketika melakukan pewarnaan kimia dan menggunakan produk perawatan rambut yang salah, maka bisa meningkatkan risiko rambut beruban. Beberapa produk pewarna rambut mengandung bahan kimia yang justru menjadi penyebab berkurangnya kadar melanin.

4. Tidak cocok dengan produk rambut yang digunakan

Jika kamu menggunakan sebuah produk rambut dan muncul uban setelahnya, ini tandanya kamu tidak cocok dengan formula produk tersebut, sehingga memicu stres oksidatif pada rambut dan membuatnya jadi beruban.

5. Perubahan Hormon

Perubahan hormon juga bisa menjadi penyebab munculnya uban pada usia muda. Rambut bisa berkurang teksturnya, kerapatannya, dan warnanya seiring waktu berjalan karena adanya perubahan hormon.

6. Stress

Stres ternyata berdampak buruk pada banyak hal dalam hidup. Stres bisa membuat imunitas tubuh menurun hingga terkena berbagai macam penyakit. Tidak hanya itu, ternyata stres juga bisa memicu tumbuhnya uban meskipun masih remaja. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh New York University di Amerika Serikat dan dipublikasikan di jurnal Nature Medicine, ditemukan bahwa sel melanin, yang bertugas untuk pewarnaan rambut, dapat berkurang ketika kamu sedang stres.

Meski begitu, penelitian lain menyebutkan bahwa stres dapat menjadi salah satu faktor penyebab uban usia muda, namun persentasenya kecil dan lebih sering disebabkan oleh faktor lainnya.

7. Genetik

Apabila di usia remaja kamu mengalami rambut dengan uban yang cukup banyak, maka bisa saja hal tersebut memang dari genetikmu. Faktor genetik merupakan penyebab uban usia muda dan biasanya diwariskan turun temurun, jadi bisa saja hal tersebut karena keturunan dari orang tua atau mungkin kakek nenek. Rambut beruban karena faktor genetik ini sebenarnya hal ini cukup umum dan terjadi pada banyak orang.

Itulah 7 penyebab muncul uban di usia muda. Beberapa penyebab memang tidak bisa dihindari, seperti genetik atau perubahan hormon. Namun penyebab lainnya seperti merokok, kebiasaan mewarnai rambut dan berbagai penyebab yang bisa dihindari, maka sebaiknya dihindari. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan nutrisi serta vitamin untuk mencegah munculnya uban di usia muda.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading