Sukses

Lifestyle

5 Sikap Mandiri agar Tidak Dianggap Lemah oleh Orang Lain

Fimela.com, Jakarta "I like being a strong, independent woman, and to be honest, I was never afraid to be on my own." (Dido Armstrong) Agar tidak dipandang lemah oleh orang lain, kita perlu berani mengoptimalkan kemampuan kita. Bisa dimulai dengan meningkatkan kemandirian kita.

Sikap mandiri yang kita punya bisa menjadi bekal untuk menjadi perempuan yang lebih kuat dan tangguh. Sehingga orang-orang di sekitar kita tak lagi gampang meremehkan atau memandang kita sebelah mata. Caranya bisa dimulai dengan langkah-langkah berikut ini.

 

 

1. Memberdayakan Potensi Diri

Kamu tahu kelebihan atau potensi dirimu? Cobalah untuk lebih aktif memberdayakannya. Jadilah lebih mandiri dalam memaksimalkan kelebihan yang kamu miliki. Kuatkan motivasi dan dorongan untuk bisa menjadi perempuan yang lebih berdaya. Saat kamu punya peran atau posisi penting dari potensi diri yang bisa kamu berdayakan, orang-orang di sekitarmu bisa lebih menghargaimu.

 

 

2. Memiliki Penghasilan Sendiri

Memiliki penghasilan sendiri sudah menjadi suatu kebutuhan. Dengan punya penghasilan sendri, kamu bisa memiliki lebih banyak pilihan dalam hidup. Setidaknya ketika ada orang yang menganggapmu lemah, kamu tak akan menghabiskan banyak waktu untuk meladeninya. Sebab kamu masih bisa membahagiakan dirimu sendiri dengan caramu sendiri.

 

 

3. Menciptakan Kebahagiaan Sendiri

Orang yang menganggapmu lemah sebenarnya sedang menutupi kelemahannya sendiri. Biarlah mereka sibuk dengan anggapannya sendiri. Kamu hanya perlu fokus mengupayakan kebahagiaanmu sendiri. Berbahagialah dengan cara-cara yang bisa kamu upayakan sendiri, dan banggalah akan hal itu.

 

 

4. Menguasai Kecakapan Baru

Teruslah bertumbuh dan berkembang dengan senantiasa belajar hal-hal baru. Kuasai kemampuan dan kecakapan baru dalam hidup. Orang-orang yang di sekitarmu akan segan untuk memandangmu sebelah mata ketika mengetahui kamu punya banyak kecakapan dan keahlian. Tingkatkan kemandirianmu untuk terus belajar dalam hidup. Hal ini pun akan menjadi bekal penting untukmu bisa bertahan hadapi masa-masa sulit dalam hidup.

 

 

5. Meningkatkan Kemampuan Mengelola Stres

Mengutip buku How to Love, "Manusia mengatasi stres dengan kebiasaan dan pengetahuan masing-masing. Masing-masing individu punya mekanisme pertahanan dirinya sendiri. Mekanisme pertahanan diri adalah kebiasaan yang sudah berlangsung lama dan susah diperbaiki." Cobalah untuk meningkatkan kemampuan mengelola emosi dan stresmu. Dengan kemandirianmu ini, kamu bisa lebih tenang menyikapi orang-orang yang berpandangan negatif padamu. Sebab kamu akan selalu bisa tenangkan diri dengan cara ternyamanmu sendiri.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba agar tidak dianggap lemah oleh orang lain. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading