Sukses

Lifestyle

5 Tanda Dirimu Masih Punya Semangat Hidup yang Baik

Fimela.com, Jakarta Menjalani hidup dengan baik memang butuh keberanian. Mengingat masalah dan persoalan hidup yang datang silih berganti, kita bisa gampang merasa tertekan dan stres menjalani keseharian. Kalau situasi yang kita rasakan makin memburuk, kita pun bisa kehilangan semangat hidup.

Sebelum makin meratapi diri yang masih sering gagal dan jatuh dalam menjalani hidup, coba luangkan waktu sejenak untuk menemukan kekuatan terbesarmu. Bisa jadi saat ini kamu masih punya semangat hidup yang baik. Dengan menyadari semangat ini harapannya kamu bisa kembali kuat dalam menjalani hidupmu.

 

 

 

1. Tidak Lagi Membenci Rasa Sakit

Mengutip buku Reasons to Stay Alive, "Kita semua sejatinya sendirian. Kita tidak bisa menghindari fakta ini, meski kita berusaha dan sering kali melupakannya. Saat kita sakit, kita tidak bisa menghindar dari kebenaran tersebut. Rasa sakit, dalam bentuk apa pun, harus dialami sendirian." Masalah dan cobaan hidup memang pernah membuatmu merasa sakit. Butuh proses yang tidak sebentar sampai kamu kini bisa berdamai dengan rasa sakit tersebut. Ketika kamu sudah tidak lagi membenci rasa sakit, maka sebenarnya kamu masih punya kemampuan untuk terus melangkah ke depan dalam hidup.

 

 

2. Masih Bisa Melihat Sisi Baik Segala Sesuatu

Kemampuanmu yang masih bisa melihat sisi baik dari segala sesuatu membuktikan kamu sebenarnya pribadi yang kuat. Walaupun tak semua masalah bisa kamu atasi dengan baik, tetapi selama kamu masih bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari pengalaman dan kejadian yang ada maka sebenarnya kamu sedang bertumbuh. Sementara kamu terus bertumbuh, semangat hidup akan terus menguatkanmu.

 

 

3. Mampu Mengupayakan Kebahagiaan Sendiri

Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Setiap orang hanya perlu mengusahakan kebahagiaannya sendiri-sendiri. Setiap orang bertanggung jawab atas kebahagiaan masing-masing." Selama kamu masih tergerak dan mau mengupayakan kebahagiaanmu sendiri, maka sebenarnya semangat hidupmu masih tinggi. Tak harus melakukan hal-hal yang dramatis untuk bisa bahagia. Hal-hal sederhana yang bisa membuat suasana hatimu membaik sudah menjadi sesuatu yang istimewa.

 

 

4. Dapat Menerima Proses Perjuangan Sendiri

Selama kamu masih menghargai atau mengapresiasi perjuangan dan perjalanan hidupmu sendiri, maka sebenarnya kamu punya semangat hidup yang baik. Suka duka dan pahit manisnya pengalamanmu dalam berjuang bisa kamu terima dengan baik. Hal ini menandakan kamu menghargai kehidupanmu. Saat kamu menghargai kehidupan, maka jiwamu juga akan senantiasa dikuatkan dalam menjalaninya.

 

 

5. Punya Semangat untuk Bertumbuh

Memang kadang kalau kamu masih membandingkan dirimu dengan orang lain. Namun, sebenarnya yang sedang kamu lakukan adalah membandingkan dirimu saat ini dengan dirimu yang sebelumnya. Ketika kamu merasa belum mengusahakan segalanya dengan cukup baik dan masih punya semangat untuk terus belajar dan bertumbuh, maka ini sudah menjadi pertanda ada semangat hidup yang kuat dalam diri.

Yuk, hadirkan senyuman di wajah. Selama semangat hidupmu masih terjaga dengan baik, yakin saja masih ada banyak kebaikan yang bisa kamu dapatkan dan rasakan dalam hidup.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading