Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang yang Memiliki Kecerdasan Emosi, Dinilai Ahli Lebih Penting dari IQ Tinggi

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk memahami, menafsirkan, dan mengontrol emosi. Kemampuan ini dinilai lebih penting daripada memiliki IQ tinggi. Hal ini dikarenakan kecerdasan emosi atau EQ berperan dalam menghadapi kehidupan sosial yang mengharuskan seseorang berinteraksi dengan orang lain.

Untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional seseorang, harus melalui tes yakni tes kemampuan dan tes laporan diri. Namun, terdapat cara lain untuk mengetahui apakah seseorang memiliki kecerdasan emosional atau tidak. Berikut tanda orang yang memiliki kecerdasan emosional.

1. Berpikir Sebelum Bertindak

Orang yang cerdas secara emosional tahu bahwa emosi dapat mempengaruhi diri secara kuat namun bersifat sementara. Ketika peristiwa emosional terjadi, orang yang cerdas secara emosional pandai mengontrol diri. Hal ini meliputi tindakan tidak marah, mampu menahan emosi bergejolak, hingga dapat mengatur suasana hati dengan baik.

2. Memiliki Kesadaran Diri Tinggi

Kesadaran diri tinggi artinya mengetahui kekuatan dan kelemahan diri. Hal ini tidak hanya sekedar mengenal diri sendiri, namun memahami secara mendalam dan mampu bertindak sesuai kebutuhan dan keadaan. Orang dengan kecerdasan emosi tinggi pandai menyikapi diri dalam berbagai situasi.

3. Berempati dengan Orang Lain

Ketika seseorang terhubung dengan emosi sendiri, ia lebih mampu merasakan empati pada orang lain. Ia dapat membayangkan bagaimana perasaan orang lain dalam situasi yang sedang dihadapi. Karena inilah orang yang cerdas secara emosi sering menjadi tempat mencurahkan isi hati karena mampu memberi saran terbaik.

4. Pandai Mengekspresikan Diri

Mengekspresikan diri bagi orang yang cerdas secara emosional dilakukan dengan asertif, bukan agresif. Mereka mampu terlihat menonjol karena dapat menunjukkan kelebihan diri. Bukan berarti bersikap angkuh, namun kelebihan diri ditunjukkan dalam porsi yang pas. Hal ini termasuk pada mampu menolak dengan tegas, berani mengutarakan keinginan dan pendapat, serta tak semena-mena dengan orang lain.

5. Bersyukur Atas Apa yang Dimiliki

Bersyukur dengan segala kekurangan dan mampu menerima dengan ikhlas menjadi tanda selanjutnya. Meski memiliki banyak kekurangan, orang yang cerdas secara emosi tak pernah menuntut keadaan dan memilih untuk menghargai apa yang dimiliki. Ini adalah kualitas yang tidak dimiliki semua orang. Karakter inilah yang membuat orang dengan kecerdasan emosi memiliki kualitas berbeda dari orang lain. Mereka cenderung bangga dengan hidupnya karena rasa syukur.

Menerapkan kecerdasan emosional sangat penting untuk memberi kepuasan dan kebahagiaan dalam hidup. Lakukanlah dari kebiasaan kecil seperti belajar bersyukur, belajar mengendalikan emosi, dan menjadi tegas pada diri sendiri.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading