Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatasi Kesepian dan Mampu Bangkit Kembali

Fimela.com, Jakarta Hampir setiap orang pernah mengalami kesepian dari waktu ke waktu. Umumnya kesepian akan dirasakan saat hari perayaan, berada ditengah keramaian, atau saat mengalami stres yg ekstrem. Sayangnya saat seseorang merasa kesepian mereka enggan mengatakannya dan meminta bantuan orang lain. Tak jarang pula yang kerap menyendiri dan meratapi rasa sepi.

Bila dibiarkan, kesepian dapat berpengaruh pada timbulnya kondisi mental seperti depresi hingga kesehatan tubuh. Bila sahabat Fimela sedang merasakan hal tersebut, lakukan 5 cara ini untuk melawan kesepian dilansir pada Verywell Mind.

1. Bergabung dalam Kelas atau Kelompok

Baik itu kelas seni, kelas olahraga, kelompok pencinta buku, atau lain sebagainya adalah ide bagus untuk diikuti. Bergabung pada kelompok yang memiliki minat sama akan membuatmu lebih bersemangat menjalani hari. Selain itu, kegiatan ini akan meningkatkan kreativitas, meningkatkan kesehatan tubuh dan mental yang mampu melawan kesepian.

2. Menjadi Sukarelawan

Ada banyak kegiatan yang membutuhkan sukarelawan. Bergabung menjadi salah satunya akan memberimu kegiatan positif baru dan melawan kesepian. Selain itu, menjadi sukarelawan akan membantumu merasa bersyukur atas apa yang dimiliki dalam hidup.

3. Memperkuat Hubungan dengan Orang Sekitar

Hubungi kembali teman, kerabat, dan keluarga untuk mempererat hubungan. Sadari bahwa mereka ada untuk membantu. Bila sulit untuk menemui semuanya, mulailah dari mendekatkan diri pada satu per satu orang. Membangun kedekatan dengan teman dan keluarga juga bermanfaat baik bagi kehidupan sosialmu.

4. Mengadopsi Hewan

Memiliki hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing memberi manfaat dalam kesehatan mental antara lain melawan kesepian dan memberi rasa bahagia. Hewan peliharaan akan memberi cinta tanpa syarat. Hal ini sangat baik untuk mengobati kesepian dan memenuhi dirimu dengan kasih sayang.

5. Lakukan Perawatan Diri

Menyibukkan diri dengan merawat diri mudah dilakukan untuk melawan kesepian. Kegiatan yang dapat dilakukan seperti olahraga, perawatan tubuh, istirahat, dan mengonsumsi makanan bergizi. Perawatan diri melalui gaya hidup sehat dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Bila mengalami kesulitan dengan apa yang sedang dirasakan, jangan ragu untuk menemui ahli. Minta bantuan orang terdekat saat kamu sedang tidak baik-baik saja.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading