Sukses

Lifestyle

7 Tips Kenakan Parfum yang Tepat Agar Bertahan Lama

Fimela.com, Jakarta Kewangian terkadang menjadi hal penting bagi sebagian orang sebagai pelengkap penampilannya karena memiliki bau tak sedap dari tubuh dapat mengganggu orang di sekitar dan justru menjadi menurunkan tingkat kepercayaan diri. Biasanya untuk membuat dirinya menjadi wangi seseorang akan menggunakan parfum atau lotion yang sesuai dengan seleranya.

Dilansir dari dermnetnz.org, parfum merupakan campuran cairan yang digunakan seseorang untuk memberikan wangi yang menyenangkan. Biasanya parfume terbentuk dari minyak esensial harum yang berasal dari tanaman dan rempah-rempah atau senyawa aromatik sintetis. Selain itu, parfume memiliki konsentrasi wewangian 20-30% yang terdiri dari beberapa jenis. 

Pastikan dalam memilih parfum kamu menyesuaikannya dengan selera dan beberapa hal lainnya. Dilansir dari swirlster.ndtv.com, terdapat beberapa tips untuk memilih parfum yang tepat:

  • Lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui jenis parfum dan kandungan yang digunakan serta wewangian yang sesuai dengan selera. 
  • Mencoba contoh parfum untuk mengidentifikasi. Kamu dapat menyemprotkannya pada pergelangan tangan atau lengan baju untuk mencium wangi yang dihasilkan.
  • Mengenali kulit sendiri. Pastikan kamu menggunakan parfum yang sesuai untuk menghindari alergi terutama pada kulit sensitif sehingga pastikan formulasi yang digunakan aman untuk kulit.

Tips Agar Parfum Bertahan Lama

Beberapa orang mungkin bingung bagaimana supaya parfum yang digunakannya dapat bertahan lama sehingga tidak perlu menyemprotkannya berulang kali. Berikut beberapa tips yang dapat dicoba!

Gunakan parfum setelah mandi pada kulit yang lembab

Dilansir dari egypttoday.com, kulit yang lembap akan lebih mudah untuk mengunci aroma pada tubuh. Namun, pastikan kamu tidak langsung menggunakan pakaian terlalu cepat supaya aromanya tidak hilang.

Semprotkan langsung pada titik nadi

Menyemprotkan parfum ke nadi dapat meningkatkan aroma parfume yang telah digunakan. Kamu dapat menyemprotkan pada beberapa titik seperti di leher, tengkuk, pergelangan tangan, di dalam siku, di belakang lutut, atau pergelangan kaki.

Menyemprotkan langsung ke kulit dan hindari menggosok pergelangan tangan

Sebaiknya kamu menyemprotkan parfum langsung kepada kulit supaya memberikan ketahanan aroma yang lebih lama dan hindari menggosoknya karena akan merusak serta membuatnya tidak bertahan lama.

Menjaga agar kulit tetap terhidrasi 

Kulit yang terhidrasi dan lembap dapat menjaga ketahanan wangi yang lebih lama. Untuk membuat kulit tetap lembap dan terhidrasi, kamu dapat menggunakan lotion atau minyak tubuh lainnya, dilansir dari mindbodygreen.com.

 

 

Menggunakan Minyak Parfum

Minyak parfum roll-on biasanya akan memberikan wangi yang lebih pekat karena pengolesannya langsung ke titik nadi. Selain itu, juga jauh lebih reaktif terhadap panas suhu alami tubuh. Minyak parfum juga biasanya mengandung pelembap seperti minyak kelapa yang dapat membuat kulit terhidrasi. Dengan kulit terhidrasi, wangi akan bertahan lebih lama. 

Memastikan menyimpannya dengan benar

Dilansir dari guap.co, cara menyimpan parfum merupakan salah satu hal yang penting karena dengan menyimpannya pada tempat yang hangat dan lembap dapat menyebabkan molekul wewangiannya menjadi rusak dan kekuatan aromanya akan hilang. Sebaiknya, kamu menyimpan parfum pada tempat yang dingin, gelap, dan kering. 

Mengetahui jenis parfum

Dengan mengetahui jenis parfum dapat membantu kamu untuk memilih yang terbaik. Terdapat 5 jenis wewangian yaitu Eau de Fraiche, Eau de parfum, Eau de toilette, Eau de cologne, dan parfum yang di mana setiap jenisnya memiliki konsentrasi minyak wangi dan ketahanan yang berbeda. 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading