Sukses

Lifestyle

5 Ciri Seseorang Memiliki Kecerdasan Emosional yang Tinggi

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang dalam mengelola emosinya dengan baik. Orang yang cerdas secara emosional, biasanya juga memiliki kecerdasan otak yang mengesankan. Studi menemukan jika orang-orang dengan tingkat kecerdasan emosional yang tinggi, memiliki potensi sukses yang lebih besar. Mereka umumnya juga memiliki performa kerja yang mengagumkan. 

Lantas, seperti apa ciri seseorang dengan kecerdasan emosional yang tinggi? Dari Harvard University, seorang psikolog bernama Daniel Goleman dalam bukunya berjudul  “Emotional Intelligence: Why it Can Matter More IQ”, mengungkapkan jika ciri utama orang yang cerdas secara emosional memiliki kesadaran diri, kesadaran sosial, manajemen diri dan manajemen hubungan yang baik. 

Untuk lebih jelasnya mengenai ciri kecerdasan emosional yang tinggi. Simak yang berikut ini.

Terbuka Pada Kritik dan Saran

Orang yang cerdas secara emosional, akan sangat terbuka pada kritik dan saran. Mereka dengan lapang dada menyerap segala informasi tentangnya. Baik buruk tentangnya di mata orang lain, semua itu tak lantas membuatnya berbangga diri atau sakit hati. Bagi orang yang cerdas secara emosional, kritik dan saran justru bisa membuatnya jadi pribadi yang lebih baik lagi.

Mengelola Emosi dengan Baik

Bagi kamu yang bisa mengelola emosi dengan baik, bersabar diri dan mampu menahan amarah meski sangat marah, itu artinya kamu memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. 

Orang-orang yang cerdas secara emosional, akan tampak mengesankan dan elegan saat marah. Alih-alih mengumpat atau memaki orang yang membuatnya marah, ia justru bersikap baik dan bijak. Sikap ini membuat siapapun yang sengaja menyakitinya akan merasa sangat bersalah dan malu sendiri. 

Memahami Diri Sendiri dengan Baik

Mereka yang cerdas secara emosinya juga terbiasa memahami diri sendiri dengan baik. Mereka memiliki kesadaran diri yang mengesankan. Sadar di mana ia berada, posisinya apa dan siapa dia. Kesadaran diri yang baik, mengantar seseorang untuk lebih bijak dalam bersikap pun berperilaku di manapun ia berada.

Memiliki Empati dan Simpati Tinggi

Saat seseorang memiliki rasa empati dan simpati tinggi terhadap orang lain, ini menunjukkan betapa cerdasanya emosionalnya. Perasaan empati dan simpati ini membuatnya memahami dengan baik apa yang dirasakan oleh orang lain. Ia juga bisa membayangkan situasi yang dialami orang lain. Sehingga, ia bisa bersikap lebih baik lagi. 

Bersyukur Atas Apa yang Dimiliki

Kecerdasan emosional yang tinggi juga ditandai dengan rasa syukur yang baik atas apa yang ia miliki. Rasa syukur juga diimbangi dengan perasaan penuh penerimaan, mencintai diri sendiri dengan baik, terbuka pada segala perubahan dan mau untuk terus belajar. Orang-orang ini tak hanya berpeluang sukses, tapi juga berpeluang memiliki kehidupan bahagia. 

Itulah sekian ciri seseorang dengan kecerdasan emosional yang tinggi. Keramahan, inisiatif meminta maaf saat salah, memiliki manajemen konflik yang baik dan memikirkan reaksi emosi, juga sebagai ciri lain dari kecerdasan emosional tinggi dari seseorang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading