Sukses

Lifestyle

5 Fakta Menarik tentang KAWS: HOLIDAY INDONESIA, dari Kenapa Ditempatkan di Candi Prambanan, Harga Tiket Masuk hingga Pemilihan Warna Pink

Fimela.com, Jakarta KAWS: HOLIDAY INDONESIA secara resmi sudah bisa dinikmati sejak hari Jumat (18/8/2023) kemarin. Setelah 6 tahun mengelilingi dunia, KAWS: HOLIDAY akhirnya tiba di Indonesia dan memilih Candi Prambanan sebagai area terbaik untuk menampilkan karya KAWS yang fenomenal.

FIMELA berkesempatan untuk hadir langsung di Candi Prambanan dalam acara Media Preview dan melakukan wawancara dengan sang seniman Brian Donelly, pendiri AllRightsReserved SK Lam, dan Board Member dari AKG Entertainment Axton Salim. Ini dia beberapa fakta menarik dari KAWS: HOLIDAY INDONESIA.

1. Pemilihan Candi Prambanan

KAWS: HOLIDAY dimulai sejak tahun 2018 dan tur ini telah mengelilingi dunia hingga keluar angkasa. Untuk KAWS: HOLIDAY INDONESIA, KAWS memilih untuk menampilkan karyanya yang fenomenal di Situs Warisan Dunia UNESCO, Candi Prambanan.

"Di antara beberapa area lain, saya rasa semua yang ada di Candi Prambanan, mulai dari lanskap pemandangan hingga sejarah budayanya, bisa melengkapi karya ini," terang KAWS ketika ditanya mengapa untuk KAWS: HOLIDAY edisi ke-10 ini ia memilih Candi Prambanan.

Axton Salim menambahkan penempatan karya KAWS di Komplek Candi Prambanan ini bisa menjadi cara baru bagi generasi muda untuk lebih menghargai situs bersejarah yang dimiliki Indonesia. Menariknya, ini juga merupakan pertama kalinya karya KAWS ada di Situs Warisan Dunia UNESCO, menjadi perpaduan unik menikmati seni kontemporer di area arsitektur kuno.

2. Harga tiket masuk

KAWS: HOLIDAY INDONESIA bertempat di Komplek Candi Prambanan, Yogyakarta. Untuk bisa menikmati karya KAWS ini, pengunjung hanya perlu membeli tiket masuk ke Candi Prambanan saja, tanpa biaya tambahan.

Harga tiket masuk Candi Prambanan

a. Tarif Wisatawan Nusantara Individu

- Usia 10 tahun ke atas: Rp50.000

- Usia 3-10 tahun: Rp25.000 (Sudah termasuk premi asuransi Rp500 per orang)

b. Tarif Wisatawan Nusantara dalam Rombongan Pelajar atau Mahasiswa

Pengunjung bisa mendapatkan tarif khusus pelajar atau mahasiswa dengan minimal 20 orang, serta membawa surat pengantar dari sekolah/universitas. Tarifnya Rp25.000 per orang dan sudah termasuk premi asuransi Rp500 per orang.

c. Harga Tiket Terusan Wisatawan Nusantara

Candi Prambanan dan Candi Borobudur, mulai dari Rp75.000 untuk dewasa dan mulai dari Rp35.000 untuk anak. Sedangkan untuk Candi Prambanan dan Keraton Ratu Boko, mulai dari Rp85.000 untuk dewasa dan mulai dari Rp40.000 untuk anak.

d. Harga Tiket Terusan Wisatawan Nusantara Mancanegara

Candi Prambanan dan Candi Borobudur, mulai dari Rp675.000 untuk dewasa dan mulai dari Rp405.000 untuk anak. Sedangkan Candi Prambanan dan Keraton Ratu Boko, mulai dari Rp675.000 untuk dewasa dan mulai dari Rp405.000 untuk anak.

3. Cara membeli tiket masuk Candi Prambanan

Cara membeli tiket masuk Candi Prambanan untuk melihat langsung patung raksasa KAWS, bisa dilakukan secara langsung di tempat atau secara online. Pembelian online bisa dilakukan melalui alamat borobudurpark.com.

- Kunjungi alamat situs borobudurpark.com

- Buat akun dengan cara mendaftar atau register

- Setelah memiliki akun, login kembali

- Pilih menu Tiket

- Pilih destinasi Candi Prambanan

- Pilih Tipe Wisatawan (lokal atau asing)

- Klik Beli

- Pilih tanggal dan waktu kunjungan, lalu klik Search

- Masukkan jumlah rombongan

- Lakukan pembayaran

- Setelah pembayaran berhasil, pengunjung akan menerima bar code masing-masing satu untuk setiap pengunjung

Para pengunjung bisa bersantai menikmati karya KAWS ini setiap hari, mulai dari jam 8 pagi hingga 5 sore.

4. Menampilkan kembali figur ACCOMPLICE setelah 21 tahun dan merupakan patung terbesar yang pernah dibuat

KAWS: HOLIDAY INDONESIA menampilkan figur vinil ACCOMPLICE yang pertama kali diperkenalkan KAWS pada tahun 2002. Menariknya lagi, figur ini rebahan di Komplek Candi Prambanan dengan tinggi mencapai 15meter dan panjang 45meter, ukuran patung terbesar yang pernah diciptakan oleh KAWS sampai dengan saat ini.

5. Pemilihan warna pink

Di sesi Press Conference, Brian Donelly atau KAWS sendiri sempat ditanya kenapa untuk KAWS: HOLIDAY edisi ke-10 di Indonesia ini ia memilih warna pink. KAWS: HOLIDAY telah dilakukan di beberapa negara lain, seperti Taipei, Hong Kong, Tokyo, Bristol, Singapura, Gunung Changbai, Melbourne, hingga luar angkasa dan di semua tur tersebut menampilkan patung KAWS berwarna hitam, abu-abu, atau putih.

"Saya selalu menyukai warna pink. Dan untuk memperkenalkan kembali patung yang pertama kali hadir di tahun 2002 ini, saya rasa warna pink adalah pilihan terbaik. Terutama jika dilihat secara keseluruhan ketika ia sudah ada di sini, dengan Candi Prambanan yang berwarna hitam, lanskap pemandangan yang kehijauan, dan langit biru, patung ini menjadi sesuatu yang kontras," jelas KAWS.

Jangan lewatkan KAWS: HOLIDAY INDONESIA yang hanya akan berlangsung hingga tanggal 31 Agustus 2023 mendatang ya, Sahabat FIMELA!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading