Sukses

Lifestyle

5 Cara Supaya Kamu Tetap Fokus dan Tidak Mudah Terdistraksi

Fimela.com, Jakarta Untuk tetap fokus dan berkonsentrasi dalam melakukan suatu pekerjaan ataupun tugas, kamu perlu menghilangkan segala gangguan. Gangguan tersebut bisa dalam bentuk apa pun sehingga membuat kamu merasa tidak tenang bahkan butuh waktu sendriian. Alternatif yang dapat digunakan yaitu dengan mencari lokasi yang lebih tenang dalam beberapa waktu ke depan hingga pekerjaanmu selesai.

Namun, notifikasi juga menjadi gangguan yang perlu dihindari ketika menyelesaikan sesuatu. Kebiasaan untuk terus tenggelam dalam sosial media dan menjelajah internet pun kadang membuatmu menjadi kehilangan fokus dan sulit berkonsentrasi.

Dilansir dari Veryvellmind, cara berikut bisa kamu terapkan untuk tetap fokus secara mental : 

1. Evaluasi Sejauh Mana Fokus Mentalmu

Fokus untuk menjalani hal-hal penting bisa dimulai dari mentalmu. Jadi, untuk mempelajari cara agar tetap fokus, maka harus mengevaluasi terlebih dahulu seberapa kuat dan sejauh mana fokus mentalmu. 

Fokusmu akan terasa baik, apabila kamu merasa mudah untuk tetap waspada, kamu menetapkan tujuan dan membagi beberapa tujuan menjadi bagian yang lebih kecil, dan beristirahat sejenak, lalu kembali lagi bekerja. Namun, sebaliknya, fokusmu perlu diperbaiki lagi apabila kamu masih sering melamun, tidak bisa menghilangkan gangguan, dan kehilangan arah untuk perkembanganmu selanjutnya.

Jika kamu sudah merasa tingkat konsentrasimu lebih baik, kamu bisa membuatnya menjadi lebih kuat dengan berlatih dan membangun kebiasaan sesuai dengan kemampuanmu. 

2. Hilangkan Segala Gangguan

Gangguan yang dirasakan oleh setiap orang mungkin akan berbeda. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apa yang termasuk pada hal-hal yang mengganggumu. Salah satu strategi yang bisa dicoba yaitu dengan menggunakan aplikasi yang bisa membuatmu tetap fokus atau beristirahatlah sejenak agar bisa mengumpulkan pikiran yang lebih positif. Buatlah waktu istirahat di sela sela mengerjakan pekerjaan atau tugas tersebut, bisa sekitar 10 menit atau lebih sesuai dengan kebutuhanmu.

Saat kamu ingin mempertimbangkan aplikasi apa yang mengganggumu, kamu bisa memikirkan kapan dan bagaimana aplikasi itu akan digunakan untuk mencapai tujuanmu. Kamu bisa membatasi waktu untuk membukanya atau hanya membuka ketika benar-benar membutuhkannya. 

3. Batasi Fokusmu

Multitasking mungkin dapat menyelesaikan suatu hal dengan cepat, tetapi dengan mengerjakan banyak tugas sekaligus, maka produktivitasmu akan berkurang dan bisa membuatmu kesulitan untuk fokus pada detail yang benar-benar penting. Oleh karena itu, cara untuk tetap fokus, yaitu dengan memanfaatkan kemampuan yang kamu miliki semaksimal mungkin untuk menyelesaikan tugas satu per satu. Jadi, berhentilah untuk melakukan banyak tugas dan lebih baik untuk memberikan perhatian penuh di satu waktu. 

4. Hidup di Masa Sekarang

Secara mental, kamu akan merasa kesulitan untuk tetap fokus jika masih memikirkan seluruh hal yang berada di luar kendalimu, apalagi hal tersebut sudah berlalu atau bahkan belum terjadi. Kamu bisa saja merenungkan masa lalu atau mencemaskan masa depan, padahal kenyataannya kamu harus segera menyelesaikan tugas tersebut di masa sekarang. Gangguan tidak hanya berbentuk fisik, seperti dalam bentuk ponsel, tetapi juga bisa dalam bentuk psikologis berupa kecemasanmu. 

Memang tanpa disadari, rasa kecemasan tersebut bisa datang secara tiba-tiba. Namun, kamu tetap bisa mengendalikannya dengan tetap menyadari bahwa kamu sedang berada di masa sekarang. Kamu perlu untuk membuat perhatianmu tidak teralihkan untuk sementara waktu dan fokus untuk memperhatikan detail-detail yang perlu diselesaikan. Cobalah untuk bener-benar merasa hidup di masa kini, tanpa perlu merasa cemas terlebih dahulu. 

5. Latih Fokusmu dengan Kegiatan Positif

Saat membangun fokus secara mental, tentunya butuh waktu yang lama. Bahkan, seorang atlet profesional pun membutuhkan banyak waktu dan latihan untuk memperkuat keterampilan konsentrasi mereka. Maka, kamu bisa melatihnya setiap hari dan melakukan kegiatan positif lainnya.

Kegiatan tersebut diantaranya dengan berolahraga secara teratur, melakukan meditasi, menghabiskan waktu di alam terbuka, konsumsi makanan yang seimbang, melatih otak dengan permainan yang bisa membuatmu fokus dalam waktu yang lama, konsumsi suplemen untuk meningkatkan kesehatan otak, dan jangan lupa untuk meningkatkan kualitas tidurmu agar kamu tidak merasa lelah dan stres.  

Cara sederhana berikut bisa kamu lakukan jika kamu ingin merasa fokus secara mental dan terhindar dari setiap gangguan fisik atau psikologis. Kamu bisa mengendalikan pikiran dan perbuatanmu agar tetap bisa menjalankan pekerjaanmu hingga semuanya selesai. Jangan lupa untuk tetap beristirahat dan jangan paksakan dirimu untuk mengerjakan sesuatu secara berlebihan. Semoga bermanfaat!

 

Penulis : Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading