Sukses

Lifestyle

5 Tanda Sikap Baik Orang yang Peka Terhadap Perasaan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Manusia dibekali dua kemampuan alami dalam dirinya, yaitu kemampuan intelektual dan perasaan. Keduanya sebaiknya digunakan secara seimbang agar bisa membuat pilihan, keputusan dan respon hidup yang baik dan bijaksana. Akan selalu ada orang-orang yang punya sikap peka dan peduli terhadap orang lain, dan itu ditunjukkan dari sikap baiknya yang dikagumi banyak orang. Orang yang peka terhadap perasaan orang lain biasanya memiliki empati yang tinggi dan peduli terhadap kenyamanan orang lain. Ini dia beberapa tanda jika kamu memiliki sikap peka terhadap perasaan orang lain.

1. Tidak menghakimi

Orang yang tulus dan peka terhadap perasaan orang lain akan cenderung bersikap netral dalam menyikapi sesuatu, termasuk menghormati perbedaan dan tidak menghakimi orang dengan tindakannya. Ia memiliki penilaian pribadi tentang segala hal, tapi cukup berpikiran terbuka dan fleksibel sehingga ia belajar menghargai sudut pandang orang lain, ketimbang menghakimi secara kasar.

2. Punya intuisi yang tajam

Orang yang peka terhadap perasaan orang lain seringkali memiliki intuisi yang tajam. Ia meyakini kata hatinya dalam membuat pilihan dan keputusan. Ia cenderung mendengarkan lubuk hati ketimbang kata-kata dari mulut orang lain. Ia seringkali memiliki firasat yang membuatnya mengetahui apa yang baik dan tidak. Orang seperti ini juga seringkali memiliki pembawaan lebih tenang, introspektif dan kalem.

3. Mudah membaca bahasa tubuh

Seseorang yang peka bisa mengetahui perasaan orang lain hanya dari gestur atau gerak-geriknya. Orang mengenalnya sebagai 'bahasa tubuh', yang mana dianggap cenderung lebih jujur ketimbang kata-kata yang keluar dari mulut. Orang yang peka terhadap perasaan orang lain seringkali bisa menebak apa yang terjadi pasa seseong bahkan tanpa orang itu menceritakan dan mengungkapkan isi hati, entah saat merasa tidak nyaman, sedih, gelisah, bahkan bahagia dan gembira.

4. Mampu melihat perubahan sekecil apa pun

Orang yang punya perasaan peka seringkali memiliki kecenderungan melihat hal-hal detail dan terperinci yang sering dilewatkan orang lain karena ia mudah melihat perubahan sekecil apa pun ketika orang lain mungkin tidak melihat perubahan tersebut. Orang-orang yang peka bahkan mudah melihat perubahan kecil pada pesan teks seseorang. Ada intuisi atau firasat yang sekaan memberitahunya seseorang sedang mengalami sesuatu. Misalnya seseorang suka pakai emoji tapi kemudian tidak pernah lagi, atau hal-hal lainnya.

5. Mudah berempati dan bersimpati

Orang yang peka secara perasaan akan cenderung mudah peduli terhadap kepentingan orang lain. Ia terlahir memiliki belas kasih sayang yang lebih besar ketimbang orang lain sehingga sering memiliki dorongan untuk membantu, menolong atau meringankan beban hidup seseorang. Kamu juga harus mampu menempatkan diri pada posisi (atau pikiran) orang tersebut jika ingin memahami secara utuh. Kamu tipe yang sabar dan berpikiran dingin.

Itu dia sekian sikap peka terhadap perasaan orang lain.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading