Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Overthinking di Malam Hari yang Sering Terjadi

Fimela.com, Jakarta Di dalam kehidupan rasanya manusia tidak akan luput dari overthinking. Seseorang akan dengan mudah menyimpan begitu banyak pikiran dalam satu waktu, apalagi jika sudah menjelang malam hari. Pikiran mengenai segala hal dalam kehidupan pun bisa datang tanpa diundang. Begitu sulit untuk mengendalikannya, terutama jika Sahabat Fimela tidak bisa mengetahui secara pasti apa penyebabnya.

Jika terus dibiarkan, kebiasaan overthinking ini justru bisa menekan diri sendiri hingga muncul sejumlah masalah kesehatan mental. Sebenarnya, apa saja ya penyebab dari overthinking yang sering terjadi di malam hari? Dilansir dari situs netdoctor dan calm, berikut untuk penjelasannya : 

1. Bentuk Reaksi Otak di Malam Hari

Melalui situs netdoctor, penyebab utama overthinking di malam hari sebagian besar disebabkan karena otak sedang memproses segala hal yang telah terjadi di siang hari. Pada siang hari, setiap orang akan menghadapi segala kesibukan dan mendapatkan begitu banyak informasi. Oleh karena itu, mereka tidak memiliki kesempatan untuk memikirkan banyak hal. 

Waktu malam menjadi waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi dan memahami kembali apa yang telah terjadi. Terkadang, secara otomatis seseorang bisa mengingat berbagai peristiwa, terutama ketika sebelum tidur. 

2. Menginginkan Kesempurnaan

Menetapkan standar yang tinggi membuat seseorang akan mengkritik diri sendiri bahkan untuk kesalahan kecil. Selalu mencari kesempurnaan dengan memikirkan setiap kesalahan dan kekurangan bisa memicu pemikiran yang berlebihan. Akibatnya, pikiran juga bisa terjebak dalam upaya untuk memenuhi ekspektasi dari diri sendiri dan orang lain. 

3. Pengalaman Masa Lalu yang Kembali Terulang di Kepala

Saat di malam hari, seseorang akan mengamati setiap situasi tanpa henti. Bahkan, untuk kejadian di masa lalu sekali pun. Seseorang juga mudah merasa rindu ketika sudah memikirkan hal-hal menyenangkan di masa lalu. Sekilas, sering kali muncul beberapa bayangan untuk bisa memegang kendali agar bisa mengubah sesuatu yang telah terjadi. Namun, pada akhirnya semua itu hanyalah pikiran dan bayangan semata.

Selain itu, lingkungan yang penuh tekanan juga turut berpengaruh dalam mengembangkan pemikiran yang berlebihan di malam hari. Seolah-olah, otak pun terstruktur untuk terus menerus memindai kemungkinan bahaya yang bisa terjadi di masa depan. 

4. Meragukan Kemampuan dan Harga Diri

Merasa ragu menjadi sesuatu yang wajar terjadi, apalagi jika seseorang dihadapkan pada suatu pilihan. Namun, hal semacam ini juga memicu diri sendiri untuk mencari kemungkinan dari setiap kesalahan. Rasa takut mengenai kegagalan dan adanya kekhawatiran di hari esok bisa membuat seseorang banyak berpikir hingga kesulitan untuk tidur. Pemikiran yang berlebihan ini sulit untuk dikendalikan karena dapat membuat seseorang menganalisis setiap keputusan, setiap langkah, dan setiap hasil yang mungkin terjadi. 

Itulah beberapa penyebab yang menjadi pemicu seseorang untuk overthinking, apalagi ketika sudah memasuki malam hari. Ketika overthinking, Sahabat Fimela bisa mengetahui secara lebih jelas apa penyebabnya dan cobalah untuk berusaha mengatasinya. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu bisa tidur lebih nyenyak dan bisa bangun dengan tubuh yang segar di pagi hari.

 

Penulis : Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading