Sukses

Lifestyle

7 Cara Membangun Kebiasaan Bangun Pagi agar Tubuh Tetap Segar dan Berenergi

Fimela.com, Jakarta Bangun pagi bukanlah suatu rutinitas yang dapat berjalan dengan mudah. Apalagi setiap mendengar alarm yang sudah berbunyi, pastinya akan terbesit rasa untuk mematikan jam alarm dan kembali tidur. Melawan rasa malas untuk beranjak bangkit dari tempat tidur sering kali begitu sulit dilakukan. 

Pada kenyatananya, kebiasaan untuk bangun pagi memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Pasalnya, dengan membiasakan diri untuk bangun pagi, kamu dapat menerima sinar matahari yang cukup, merasa lebih produktif, dan memiliki banyak energi untuk menjalani hari. 

Meskipun terdengar sederhana, kebiasaan untuk bangun pagi sebenarnya membutuhkan usaha lebih dan kemauan dari diri sendiri, lho. Sama halnya dengan membangun kebiasaan positif lainnya, diperlukan komitmen dan proses yang panjang agar tubuh dan pikiranmu secara otomatis dapat terbiasa dengan rutinitas baru ini. Itu sebabnya, kamu perlu untuk menerapkan cara-cara berikut ini agar bisa membangun kebiasaan untuk bangun pagi setiap hari : 

1. Tentukan Jam Tidur yang Lebih Awal di Malam Hari

Tidur lebih awal adalah langkah utama yang bisa kamu lakukan. Dengan tidur yang cukup, kualitas tidur pun akan meningkat dan kamu juga bisa bangun lebih awal di pagi hari. Hindari kebiasaan begadang secara terus menerus supaya kamu memliki jam tidur yang lebih teratur.

Saat menjaga rutinitas tidur yang konsisten, tubuhmu secara internal dapat terlatih untuk mengenali kapan waktu untuk tidur dan juga waktu untuk bangun. Waktu yang cukup untuk tidur bagi orang dewasa, yaitu sekitar tujuh hingga sembilan jam. Oleh karena itu, kamu bisa menetapkan waktu yang tepat dan cukup bagi tubuh agar bisa bangun lebih pagi dengan keadaan yang lebih segar. 

2. Batasi Screen Time Sebelum Tidur

Kebiasaan untuk scroll sosial media perlu diperhatikan supaya kamu tidak mengalami kesulitan tertidur hingga larut malam. Melihat segala update terkini bisa membuat kamu lupa waktu dan terus menerus melakukan scroll tanpa henti. Agar kebiasaan ini tidak terjadi, cobalah untuk membatasi paparan screen time dan batasi notifikasi. Dengan memaksa tubuh agar bisa beristirahat lebih awal, kamu pun bisa terlelap dengan pulas dan tidak perlu terjaga hingga larut malam. 

3. Bangun saat Pertama Kali Mendengar Alarm

Memasang alarm di tempat yang lebih jauh bisa menjadi salah satu cara yang cukup efektif agar kamu bangkit dari tempat tidur. Saat pertama kali mendengarnya, hal yang perlu dilakukan yaitu bangun dan menghampiri alarm tersebut supaya kamu tidak kembali tertidur. Jika kamu sudah menunda-nunda untuk tidak bangun dan membiarkan alarm tersebut berbunyi, justru kamu akan merasa semakin malas hingga tidak memiliki banyak tenaga. 

4. Hindari Terlalu Banyak Makan dan Minum

Cara selanjutnya, kamu dapat menghindari makanan atau minuman yang bisa mengganggu pencernaan atau menyebabkan mulas pada perut. Untuk menghindari refluks asam lambung, kamu dapat membatasi camilan sebelum tidur.

Batasi konsumsi soda, minuman berenergi, dan kopi untuk kebiasaan tidur yang lebih sehat. Cobalah untuk beralih ke air putih atau teh sebelum tidur supaya tubuh tetap terhidrasi. Namun, jangan terlalu banyak untuk meminumnya di saat larut malam supaya kamu tidak terbangun untuk ke kamar mandi dan mengganggu waktu tidur.

 

5. Langsung Menyalakan Lampu Setelah Bangun Tidur

Supaya tubuh lebih cepat memproses keadaan setelah bangun tidur, cobalah untuk menyalakan lampu setelah kamu sudah terbangun. Agar tubuh lebih segar, Sahabat Fimela pun bisa langsung pergi mandi dan menyalakan lagu untuk memulai hari. Dengan cara simpel ini, kamu bisa bangun lebih pagi dan langsung melakukan aktivitas untuk hari yang lebih produktif. 

6. Ciptakan Rutinitas Malam yang Menenangkan Sebelum Tidur

Untuk membuat tubuh lebih rileks dan santai, kamu bisa melakukan rutinitas malam yang menenangkan. Kesulitan untuk tidur dapat dirasakan apabila kamu sudah banyak pikiran. Maka dari itu, kebiasaan santai yang kamu sukai bisa membuat tidur lebih nyenyak dan bangun lebih pagi. Misalnya saja dengan melakukan peregangan, membaca buku, dan juga bermeditasi. Atur waktu yang cukup untuk kebiasan tersebut supaya kamu bisa tidur tepat waktu. 

 

7. Mulai Kebiasaan Bangun Pagi secara Perlahan

Suatu kebiasaan tentunya harus dimulai secara perlahan-lahan. Perubahan tidak akan dilakukan secara drastis, tetapi dengan cara bertahap dan berproses setiap harinya. Kamu bisa memulai dengan bangun 15-30 menit lebih awal dari biasanya. Kemudian, tubuh pun akan semakin terlatih untuk bangun pagi selama beberapa hari ke depan. Kamu bisa menguranginya selama 15 menit lagi lebih awal dan lakukan hingga kamu mencapai waktu yang diinginkan. 

Cara sederhana tersebut bisa membantumu untuk bangun lebih awal. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kebiasaan ini tidak dilakukan secara langsung dengan perubahan drastis. Bisa saja kamu melakukan kegagalan saat bangun pagi. Namun, apabila kamu terus mencoba dan mendorong diri sendiri secara berulang kali, tubuh juga terbiasa untuk melakukan hal yang sama di pagi hari. Oleh karena itu, mulai dari hal yang kecil, terapkan kebiasaan-kebiasaan positif untuk kehidupan yang lebih baik. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading