Sukses

Lifestyle

5 Rekomendasi Pilihan Olahraga yang Efektif untuk Meredakan Stres

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti sudah tahu bahwa olahraga itu bagus untuk tubuh. Namun, sering kali kita merasa terlalu sibuk hingga merasa stres, sehingga olahraga jadi terlewatkan. Sebenarnya, olahraga ini adalah jalan terbaik untuk menghilangkan stres.

Sahabat Fimela, berolahraga secara rutin dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dilansir dari Mayo Clinic, berolahraga dapat meningkatkan produksi endorfin, yaitu neurotransmitter dalam otak yang memicu perasaan bahagia dan sejahtera. Hormon ini biasanya muncul saat kita melakukan aktivitas aerobik, sepserti lari, bermain tennis, atau berjalan-jalan.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, berolahraga dapat berperan dalam mengurangi stres. Saat berolahraga, tubuh akan melawan efek negatif stres yang dirasakan dengan menghasilkan respon positif pada sistem kardiovaskular, pencernaan, dan kekebalan. Selain itu, berolahraga teratur dapat meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan mood, membantu relaksasi, dan mengurangi gejala depresi ringan dan kecemasan. Olahraga juga dapat meningkatkan tidur, yang seringkali terganggu oleh stres, depresi, dan kecemasan. Semua manfaat olahraga ini dapat mengurangi tingkat stres dan memberikan perasaan kendali atas tubuh dan hidup Sahabat Fimela.

Mungkin, kita berpikir olahraga itu adalah aktivitas berat yang menguras keringat, sehingga memikirkannya saja sudah membuat merasa malas. Padahal, ada beberapa jenis olahraga ringan yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk meredakan stres, lho. Nah, berikut adalah rekomendasi pilihan olahraga yang efektif untuk meredakan stres. Yuk, simak informasinya!

 

1. Yoga

Dilansir dari Everydayhealth.com, yoga adalah olahraga yang sangat baik untuk meredakan stres. Olahraga ini melibatkan serangkaian gerakan dan posisi yang bisa dilakukan dalam keadaan diam maupun bergerak, serta dikombinasikan dengan pernapasan dalam.

Yoga merupakan latihan pikiran dan tubuh yang dmenggabungkan gerakan fisik dan konsentrasi pada penapasan dan perasaan dalam tubuh. Hal ini membantu menciptakan keselarasan antara tubuh dan pikiran, yang mana sangat efektif untuk pengelolaan stres yang Sahabat Fimela rasakan.

Kelas yoga yang intens mungkin terlalu berat jika tujuan utama Sahabat Fimela adalah meredakan stres. Oleh karenanya, direkomendasikan untuk melakukan yoga untuk pemula, yang mana lebih santai dan lembut, bagi yang ingin menghilangkan stres.

 

2. Bersepeda

Dilansir dari Health.usnews.com, bersepeda termasuk olahraga ringan yang dapat membantu meredakan stres. Olahraga ini adalah latihan fisik ringan yang ramah bagi sendi dan dapat memberikan latihan jantung yang baik. Bersepeda adalah pilihan yang tepat untuk kebugaran tubuh. Dengan bersepeda, Sahabat Fimela bisa melakukan aktivitas fisik sekaligus melihat-lihat pemandangan di sekitar, sehingga cocok untuk penghilang stres.

Jika Sahabat Fimela tidak ingin keluar rumah, mungkin bisa pertimbangkan untuk menggunkaan sepeda statis. Sepeda ini adalah jenis sepeda yang dapat digunakan di dalam ruangan, seperti di gym, yang memungkinkan untuk merasakan sensasi bersepeda tanpa harus khawatir akan risiko-risiko di luar ruangan.

 

3. Pilates

Salah satu olahraga yang efektif untuk meredakan stres adalah pilates. Dilansir dari Everydayhealth.com, pilates dirancang untuk membangun kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan tubuh. Pilates termasuk dalam latihan fisik anaerobik yang juga efektif untuk membentuk tubuh, sehingga Sahabat Fimela dapat menghilangkan stres sekaligus merasa lebih baik dan percaya diri dengan bentuk tubuh.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, pilates adalah latihan anaerobik, yang berarti latihan tanpa beban. Berbeda dengan latihan aerobik yang berfokus pada kardiovaskular, pilates mengharuskan Sahabat Fimela untuk melakukan gerakan yang lebih terkendali dengan kontrol dan kesadaran pada postur tubuh.

 

4. Jogging

Jogging atau berlari merupakan aktivitas fisik yang juga dapat membantu meredakan stres. Aktivitas fisik ini membantu melepaskan kecemasan, mengurangi tekanan emosional, dan memberikan rasa lega.

Penting untuk memilih sepatu yang cocok untuk jogging. Sepatu yang mendukung dan memberikan bantalan yang baik mencegah terjadinya cidera saat berjogging atau berlari. Memilih sepatu yang pas sangat penting untuk membantu menjaga kenyamanan dan keselamatan selama berolahraga.

 

5. Berenang

 Jika Sahabat Fimela kurang suka berkeringat, berenang adalah pilihan olahraga yang tepat untukmu. Berenang merupakan salah satu aktivitas fisik yang hampir melibatkan semua grup otot dalam tubuh. Hal ini membuatnya menjadi latihan yang sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan kekuatan fisik.

Dilansir dari Health.usnews.com, bergerak di dalam air memberikan tubuh merasakan resistensi yang lebih besar daripada saat berada di daratan. Hal ini membantu membangun kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan fisik. Selain itu, berada di dalam air juga dapat memberikan relaksasi yang sangat baik. Sensasi menyelam atau berenang di dalam air dapat meredakan stres dan memberikan rasa tenang.

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading