Sukses

Lifestyle

5 Jenis Olahraga yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan

Fimela.com, Jakarta Rajin berolahraga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini menjaga kekuatan otot, kesehatan jantung, menjaga berat badan yang sehat, serta dapat mencegah berbagai macam penyakit kronis seperti diabetes, kolesterol, stroke, dan sebagainya. Namun nyatanya, olahraga tidak hanya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga berpengaruh pada tingkat kecerdasan seseorang.

Dilansir dari health.harvard.edu, olahraga dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan daya ingat yang berhubungan dengan kecerdasan seseorang hanya dalam enam bulan. Olahraga merangsang perubahan fisiologis dalam tubuh seperti mendorong produksi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan. Zat-zat ini akan mempengaruhi pertumbuhan pembuluh darah di otak, yang mempengaruhi kelangsungan hidup seseorang, dan meregenerasi sel-sel otak secara keseluruhan.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pada orang yang berolahraga, bagian otak yang mengontrol kecerdasan dan memori memiliki volume yang lebih besar, dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga. Olahraga juga dapat meningkatkan daya ingat dan daya pikir secara tidak langsung dengan meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur, serta mengurangi kecemasan dan stres.

5 Jenis Olahraga untuk Meningkatkan Kecerdasan

Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa dibutuhkan waktu sekitar enam bulan secara rutin untuk mulai memperoleh manfaat kognitif dari olahraga. Olahraga dengan intensitas sedang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir dan daya ingat. Berikut beberapa jenis olahraga yang dapat meningkatkan kecerdasan:

Jalan kaki atau lari

Berjalan kaki atau berlari santai setiap hari dapat membantu proses pembentukan sel-sel di otak yang berfungsi untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan seseorang. Selain itu, berjalan kaki dan berlari santai dapat memproduksi hormon-hormon yang baik untuk mengurangi rasa stres.

Berenang

Meluangkan waktu untuk berenang dapat membantu menjernihkan otak dan pikiran sejenak. Olahraga ini juga membantu tubuh merasa lebih rileks karena efek tekanan air saat berenang yang dapat merangsang saraf-saraf tubuh serta meningkatkan fungsi otak. Selain itu, aktivitas berenang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja jantung, paru-paru, dan peredaran darah ke otak.

Yoga

Meditasi memberikan banyak manfaat dalam mengelola stres dan meningkatkan kemampuan daya ingat. Meditasi biasanya bisa ditemukan dalam olahraga yoga yang memberikan rasa ketenangan dan melatih konsentrasi yang berdampak positif pada tubuh dan pikiran. Hal ini memungkinkan otak untuk berfungi lebih optimal yang meningkatkan kecerdasan otak.

Tai Chi

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of American Geriatrics Society, menemukan bahwa Tai Chi menunjukkan potensi untuk mampu meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa yang lebih tua, seperti melatih perencanaan, daya ingat, konsentrasi, pemecahan masalah, dan kemampuan penalaran. Ha ini terjadi karena Tai Chi melibatkan gerakan lambat dan terfokus, memerlukan keterampilan menghafal pola gerakan baru.

Bersepeda

Diketahui, bersepeda dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang memicu pembentukan sel-sel baru sehingga dapat menigkatkan fungsi dan kinerja otak. Selain itu, bersepeda di pagi hari dapat meningkatkan perasaan dan menurunkan rasa stres sebelum memulai aktivitas.

Penulis: Maritza Samira

#BreakingBoundariesNovember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading