Sukses

Lifestyle

5 Kelebihan Kepribadian Orang Introvert yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Kepribadian introvert sering kali dipandang sebagai seseorang yang menghabiskan waktu sendirian. Berkebalikan dengan extrovert yang cenderung akan mendapatkan energi dari banyak interaksi, seorang introvert akan mengisi ulang energi dengan caranya sendiri. Misalnya saja melalui me time atau mengisi kegiatan bersama teman terdekat. Biasanya, mereka hanya berteman dalam kelompok kecil karena menghindari keramaian. 

Meskipun seorang introvert dianggap sebagai orang yang lebih pendiam, tentunya mereka juga memiliki karakteristik dan daya tarik yang menarik perhatian. Seorang yang introvert akan lebih menyukai untuk mengawasi keadaan di sekitarnya dan menyukai suasana yang tenang. Di balik karakter unik yang dimiliki orang introvert, mereka juga punya banyak kelebihan yang mungkin sering kali tidak disadari oleh diri mereka sendiri.

Kelebihan inilah yang bisa membuat seorang introvert disukai banyak orang. Melansir dari situs Time, berikut kelebihan introvert yang perlu kamu ketahui. Yuk, cek penjelasannya di bawah ini.

1. Pendengar yang Baik

Salah satu kelebihan dari orang introvert adalah mereka merupakan pendengar yang baik. Seorang introvert dapat secara aktif mendengarkan dan fokus pada yang diungkapkan oleh orang lain. Mereka juga dapat memberikan tanggapan dan ikut serta merasakan secara internal. 

Kekuatan untuk memproses segala sesuatu secara mendalam membuat orang introvert merasa tertarik untuk menerima informasi baru, bahkan menyimpannya dengan baik-baik. Hal ini didukung oleh sifat seorang introvert yang cenderung tertutup. Itulah mengapa mereka akan memahami bahwa tidak akan mudah untuk bisa membuka diri dengan orang lain. Selain berperan sebagai pendengar, kelebihan orang introvert lainnya yaitu mereka bisa menyimpan rahasia. 

2. Dapat Menjalin Pertemanan yang Baik dalam Waktu Lama

Membangun persahabatan yang baik dalam waktu yang lama menjadi kelebihan dari seorang introvert. Melansir dari laman Introvert Dear, seseorang yang introvert akan cenderung memilih kualitas dari suatu hubungan pertemanan dibandingkan kuantitas. Maka dari itu, orang introvert sangat menghargai hubungan erat yang terjalin bersama dengan orang yang telah dipercaya.

Orang introvert memang cukup selektif soal pertemanan, terutama karena energi mereka yang cepat terkuras ketika berada di sekitar orang lain. Namun, saat mereka sudah terhubung dengan seseorang, mereka akan menjadi teman yang setia dan berkomitmen. Mereka akan mempertahankan kontak agar tetap bisa berinteraksi secara online atau bertemu langsung. 

3. Berpikir Terlebih Dahulu Sebelum Berbicara

Memiliki pikiran yang mendalam membuat seorang introvert akan memilih kata-kata sebelum berbicara. Saat ingin menyampaikan sesuatu, biasanya orang introvert akan memberikan dampaknya terlebih dahulu. Kelebihan orang introvert ini membuat mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyimpulkan pemikiran mereka agar bisa mengatakannya dengan baik. Terlebih lagi karena proses berpikir mereka yang terasa lebih kompleks. 

4. Memperhatikan Sesuatu secara Detail

Kelebihan yang dimiliki oleh seorang introvert selain mendengarkan, yaitu memiliki kemampuan observasi yang baik. Mereka dapat memperhatikan hal-hal kecil dan berpikir secara kritis. Saat berinteraksi, orang introvert dapat mencermati bahasa tubuh dan ekspresi wajah orang lain. Keterampilan ini membuat mereka memahami tindakan orang lain dan dapat terhubung secara individu. 

5. Dapat Menjadi Pasangan Romantis yang Penuh Perhatian

Sebagai pasangan, seorang introvert akan memberikan ruang pribadi untuk pasangannya dalam sementara waktu. Mereka bisa memahami pasangan apabila sedang membutuhkan ruang untuk sendiri. Kelebihan introvert sebagai pendengar yang baik membuat mereka bisa menjadi pasangan yang memberikan ketenangan dan rasa nyaman. Mereka akan bersedia untuk mendengarkan dan mendukung pasangan dengan sepenuh hati. 

Sebelum memulai hubungan, mereka akan suka untuk menggali secara lebih dalam karakteristik masing-masing. Hal ini membuat seorang introvert terlihat menjadi lebih menarik pada tahap awal memulai hubungan.

Menjadi introvert pada hakikatnya akan memiliki keistimewaan tersendiri. Setiap orang pun akan memiliki kelebihan yang membuat mereka terlihat menarik di mata orang lain. Oleh karena itu, tetaplah menjadi pribadi yang positif dan menyenangkan untuk orang-orang yang ada di sekitarmu. Energi positif akan membawamu untuk menjalani hidup dengan penuh rasa syukur dan kebahagiaan.  

 

Penulis: Syifa Azzahra 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading