Sukses

Lifestyle

Ternyata! Semangka Memiliki Manfaat Lebih untuk Turunkan Berat Badan

ringkasan

  • Semangka menjadi buah yang efektif untuk turunkan berat badan karena membuat tubuh terasa kenyang lebih lama
  • Selain buah, biji dan kulitnya pun bisa dikonsumsi dan memiliki manfaat yang sama untuk menurunkan berat badan

Fimela.com, Jakarta Semangka menjadi buah favorit karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Selain menjadi buah langsung konsumsi, semangka kerap dijadikan paduan makanan atau minuman lain.

Banyak orang mengetahui bahwa semangka memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun melansir dari Real Simple, ternyata semangka memilih lebih banyak manfaat dari yang pernah dibayangkan.

Ada banyak manfaat mengejutkan dari semangka bagi kesehatan. Semangka adalah pilihan tepat ketika musim panas. Semangka sendiri mengandung serat yang membuat perut terasa kenyang dan menciptakan keteraturan dalam pencernaan.

Sementara, kandungan elektrolitnya membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Likopen, yang biasanya lebih dikenal ada pada tomat, juga ada di semangka yang menjadi antioksidan bagi tubuh. Ada beberapa penelitian menunjukkan bahwa likopen bisa menurunkan kanker prostat.

 

Manfaat semangka untuk kesehatan

Semangka pun juga tinggi kolin yang sangat berguna bagi tubuh. Seperti membantu pembentukan struktur sel, menghilangkan lemak dan kolesterol dari darah serta mengatur detak jantung.

Lebih dari 90 persen, kandungan semangka adalah air. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan air harian. Untuk menikmatinya dengan lebih baik, disarankan untuk tidak menjadikannya smoothie. Melainkan dibekukan terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan minuman.

Selain buah, rupanya kulit dan bijinya juga memiliki manfaat. Biji semangka mengandung folat, magnesium, dan zat besi. Sementara, kulitnya mengandung vitamin C dan B6. Bersama vitamin dan mineral, membantu meningkatkan kualitas kesehatan kulit, jantung, dan imunitas.

Baik kulit maupun biji, bisa dijadikan sebagai camilan rendah kalori. Bijinya dapat dipanggang dengan minyak zaitun dan garam untuk camilan. Kulitnya bisa diasinkan seperti mentimun.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading