Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Kesehatan Kulit dan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Dibandingkan dengan susu sapi yang sudah sangat familiar, kamu pasti akan merasa asing dengan susu kambing etawa. Susu kambing etawa adalah susu yang dihasilkan dari Kambing Etawa yakni, kambing hasil perkawinan silang antara kambing Jamnapari dari India dengan kambing lokal Indonesia.

Menariknya, satu ekor dari Kambing Etawa yang berkualitas bisa mencapai harga ratusan juta rupiah. Dengan melihat harganya saja, kamu pasti sudah bisa membayangkan bahwa manfaat susu kambing etawa ini sangat luar biasa. Faktor harga jual yang cukup mahal ini juga ternyata cukup memotivasi banyak orang untuk memeliharanya.

Dilansir dari Liputan6.com bahwa manfaat susu kambing etawa bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Berbagai masalah kesehatan seperti penyakit yang berhubungan dengan lambung (maag kronis), masalah pernapasan, diabetes, kanker, hingga pengeroposan tulang dapat diatasi dengan susu kambing ini.

Nah, daripada semakin penasaran, Fimela.com kali ini telah merangkum 5 manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan kulit dan tubuh. Informasi ini sekaligus menjadi referensi untukmu dalam menentukan asupan sehat, dimulai dari minum susu. Simak semua manfaatnya berikut ini.

Menjaga dan Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat susu kambing etawa yang pertama ialah dapat menyehatkan sistem pencernaan. Jika dibandingkan dengan susu sapi, lemak yang terkandung dalam susu kambing lebih rendah. Selain itu, gumpalan protein susu kambing yang dibentuk oleh aktivitas asam lambung juga lebih lembut sehingga akan lebih mudah dicerna.

Tidak hanya rendah lemak, susu kambing pun memiliki kandungan laktosa atau gula yang rendah. Itu sebabnya, bagi kamu yang alergi terhadap laktosa atau kesulitan mencerna susu sapi, mengonsumsi susu kambing bisa jadi solusi yang tepat.

Selain itu, manfaat susu kambing etawa membuat pencernaan menjadi mudah serta gampang diserap tubuh. Orang dengan masalah usus dapat mengatasi penyakit radang usus dengan susu kambing ini. Sifat probiotik dalam susu kambing mendorong sistem pencernaan berkembang dengan baik.

Mengandung Asam Lemak Esensial yang Rendah Kolesterol

Manfaat susu kambing etawa yang kedua ialah kandungan asam lemak esensialnya yang tinggi namun rendah kolesterol. Susu kambing memiliki 35 persen asam lemak bila dibandingkan dengan 17 persen dalam susu sapi. Nutrisi dalam susu kambing lebih sehat dan lebih baik dikonsumsi mentah bahkan bagi seseorang yang tidak toleran dengan laktosa.

Selain itu, kandungan asam lemak esensial yang tinggi seperti linoleat dan arakidonat sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol total dan menjaga kadar trigliserida dalam tubuh. Hal ini karena kandungan asam lemak tersebut merupakan sumber energi yang cepat dibakar dan tidak disimpan dalam tubuh sebagai lemak.

Tingginya Kandungan Kalsium

Manfaat susu kambing etawa yang ketiga dipengaruhi oleh kandungan kalsium yang melimpah. Sebagian orang menganggap jika susu sapi sebagai salah satu makanan yang tinggi kalsiumnya. Padahal, susu kambing juga kaya akan kalsium dan fosfor yang baik untuk pembentukan tulang.

Orang mengonsumsi susu sapi untuk meningkatkan asupan kalsium dan mencegah keropos tulang, susu kambing di sisi lain juga sangat kaya akan kalsium dan asam amino triptofan. Oleh karena itu, jika kamu ingin memiliki kondisi tulang yang sehat dan kuat, maka sebaiknya kamu mulai rutin mengonsumsi susu kambing etawa.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat susu kambing etawa yang keempat adalah menjaga kesehatan kulit karena mengandung asam lemak dan trigliserida. Dua kandungan tersebut ternyata tidak hanya menjaga kesehatan bagian dalam tubuh, tapi juga bisa memberikan dampak baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Manfaat susu kambing etawa juga memiliki kadar vitamin A yang tinggi, yang bisa membantu melawan jerawat dan memperbaiki kesehatan kulit secara keseluruhan. Selain itu, kandungan asam laktat yang juga ditemukan dalam susu kambing dapat membantu membersihkan tubuh dari sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit. 

Risiko Alergi Lebih Kecil

Terakhir, manfaat susu kambing etawa yang kelima ialah merupakan jenis susu dengan risiko alergi yang lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi. Hal ini dikarenakan susu kambing mengandung lebih sedikit senyawa protein yang menjadi penyebab alergi, yaitu kasein alpha 1.

Berdasarkan data yang telah dirangkum, ada banyak ribuan kasus yang menyebutkan keadaan bahwa anak-anak mengalami alergi terhadap susu sapi yang mengganggu sistem pernapasan. Oleh karena itu, susu kambing bisa menjadi alternatif karena gelembung-gelembung lemak dalam susu kambing setidaknya sepersembilan yang hadir pada susu sapi. Karena itu, iritasi di usus bisa dihindari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading