Sukses

Lifestyle

5 Jenis Emosi Negatif yang Wajib Kamu Hindari di Awal Tahun Baru

Menyambut awal tahun baru dengan emosi positif yang bahagia dan bersahaja pastinya lebih baik daripada memelihara emosi negatif dalam diri. Manfaatkan awal tahun baru ini dengan hal-hal yang baik sehingga kebaikan pun akan datang menyertai hidupmu.

Untuk itu semua, kamu wajib menghindari beberapa jenis emosi negatif sehingga pikiranmu akan jauh lebih sehat dan juga bahagia. Lagipula tidak ada untungnya memelihara emosi negatif yang hanya akan membuatmu tersiksa dan meraas tidak pernah cukup dengan apa yang sudah kamu dapatkan selama ini.

Untuk itu, kamu perlu tahu jenis emosi negatif apa saja yang wajib kamu hindari. Memang membuang emosi negatif pastilah bukan pekerjaan yang mudah, tetapi jika kamu memiliki kemuan yang kuat, maka kamu akan dapat menjauhinya.

Fimela.com kali ini akan mengulas 5 jenis emosi negatif yang wajib kamu hindari di awal tahun baru. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Kecewa Secara Berlebihan

Jenis emosi negatif pertama yang wajib kamu hindari diawal tahun ialah perasaan kecewa secara berlebihan. Kecewa terkadang muncul ketika apa yang diharapkan tidak sesuai dan tidak semestinya. Hal ini membuat kita kecewa dan emosi.

Rasa kecewa akan selalu ada disetiap kegagalan dari harapan yang kita perjuangkan. Namun kecewa yang berlebihan adalah tindakan yang tidak baik dan bisa merusak hidupmu. Hindari kecewa berlebihan ketika mendapati sesuatu tidak sesuai dengan harapan. Setiap hal yang gagal atau tidak terlaksana pasti ada alasannya masing-masing. Percayalah, dan tetap berusaha berbuat lebih baik lagi.

Bersedih Hati untuk Waktu yang Lama

Berikutnya, jenis emosi negatif kedua yang wajib kamu hindari diawal tahun baru ialah perasaan bersedih hati yang berkepanjangan. Perasaan sedih kerap kali muncul ketika seseorang mengalami sesuatu yang membuat perasaanya terpukul atau membuat perasaannya tersakiti.

Sedih memang perasaan yang normal dimiliki oleh setiap manusia. Namun jika perasaan sedih selalu menggentayangi dan kamu rasakan berlarut-larut, itu akan membuat kehidupanmu menjadi lebih buruk lagi. Perasaan sedih yang berkepanjangan bisa membuat hormon endorfin dalam tubuh menurun. Hormon endorfin berfungsi untuk memicu rasa senang, dan membuat bahagia.

Moody

Jenis emosi negatif ketiga yang wajib juga untuk kamu hindari ialah perasaan moody atau mood yang cepat berubah-ubah. Mood yang tidak stabil bisa mempengaruhi aktivitasmu sehari-hari seperti bekerja dan lain sebagainya.

Usahakan untuk membuat mood yang kamu miliki itu selalu stabil, sehingga tidak mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Jangan biarkan mood yang tidak stabil ini juga mengganggu orang lain yang ada di dekatmu.

Marah Tanpa Sebab

Keempat, jenis emosi negatif lainnya yang wajib kamu hindari ialah marah tanpa ada sebab yang jelas. Setiap orang pasti pernah marah karena beberapa hal. Mungkin karena dikecewakan, pekerjaan yang tidak sesuai, atau karena perbuatan orang lain.

Semua marah pasti ada penyebabnya. Namun jika kamu sering merasakan marah tanpa sebab, ini perlu kamu waspadai. Marah tanpa sebab selain bisa mengganggu untuk diri sendiri, juga bisa mengganggu orang lain yang ada di sekitarmu. Jika kamu merasa marah tanpa sebab, cobalah untuk lebih tenang dan rileks. Berfikir lebih positif akan membuat marahmu bisa teratasi dan mereda.

Stres Tanpa Sebab yang Jelas

Terakhir, emosi negatif yang juga wajib kamu hindari ialah stres tanpa ada sebab yang jelas. Stres adalah suatu perasaan yang sering terjadi karena jenuh dengan keadaan. Stres juga bisa terjadi karena tekanan yang tidak bisa terkontrol atau berlebihan yang menimpa diri.

Namun jika kamu mengalami stres tanpa sebab dan muncul secara tiba-tiba, kamu patut berhati-hati. Pikirkanlah hal-hal positif yang bisa membuat kamu lebih tenang dan bahagia, sehingga perasaan stres itu bisa teratasi dan tidak mempengaruhi kehidupanmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading