Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Pisang Tanduk untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu jenis pisang yang terkenal dari beberapa jenis pisang di Indonesia ialah pisang tanduk. Pisang tanduk bisa dibilang jenis pisang yang cukup besar. Bentuk pisang ini melengkung dan runcing layaknya sebuah tanduk hewan. Itulah mengapa, tidak heran jika pisang ini memiliki sebutan pisang tanduk.

Umumnya, pisang tanduk memiliki warna hijau dengan kulit buah tebal. Daging buah pisang ini, apabila sudah matang tidak terlalu lembek. Bahkan bisa dibilang tekstur dari daging pisang tanduk cukup keras.

Tidak heran, apabila cara penyajian pisang tanduk dengan cara direbus atau digoreng terlebih dahulu. Jika tidak diolah, maka sulit untuk dikonsumsi langsung. Namun jangan khawatir, meski diolah terlebih dahulu, berbagai manfaat pisang tanduk masih bisa didapatkan tubuh.

Pisang kaya akan kalium, mangan, serat, tembaga, vitamin C, vitamin B6 dan biotin. Buah ini juga bisa membantu mencegah asma, kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit kardiovaskular, serta masalah pencernaan. Seluruh kandungan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat pisang tanduk untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat pisang tanduk untuk kesehatan tubuh yang pertama ialah dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan.  Pisang tanduk memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Hal ini tentu sangat baik dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Terutama untuk melancarkan pembuangan racun-racun yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, adanya kandungan pektin dalam pisang tanduk dan jenis pisang lainnya, juga berguna untuk menjaga kadar gula darah setelah makan serta mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan lambung.

Efektif untuk Program Penurunan Berat Badan

Manfaat pisang tanduk untuk kesehatan tubuh yang kedua ialah efektif untuk membantu program penurunan berat badan. Pisang tanduk juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Sebab, seperti yang sempat disinggung pada poin sebelumnya, pisang tanduk memiliki kemampuan untuk memperlambat pengosongan lambung serta menurunkan nafsu makan berlebih.

Selain mampu menurunkan nafsu makan, pisang mengandung sedikit kalori dengan jumlah kurang lebih sekitar 100 kalori. Bahkan, jika mengonsumsi pisang yang belum matang, terdapat kandungan pati resisten yang bisa mengurangi nafsu makan dan membuat perut terasa kenyang lebih cepat, sehingga bisa mencegah dari makan berlebihan dan menyebabkan asupan kalori kelewat besar.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pisang tanduk untuk kesehatan tubuh yang ketiga ialah menjaga kesehatan jantung.  Manfaat pisang tanduk ini sebenarnya sama dengan manfaat pisang pada umumnya. Sebab, hampir seluruh pisang memiliki kandungan penting yang berguna dalam menjaga kesehatan jantung, seperti kalium, magnesium, serat, folat, dan vitamin C.

Mengonsumsi pisang tanduk atau jenis pisang lainnya di dalam makanan sehari-hari, bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu, dengan konsmsi kalium dalam jumlah yang tepaat, sangat memungkinkan risiko penyakit jantung bisa turun sampai 27%.

Menurunkan Risiko Kanker Darah

Manfaat pisang tanduk untuk kesehatan tubuh yang keempat ialah membantu menurunkan risiko kanker darah.Sebab, pisang tanduk dipercaya bisa menurunkan kanker darah. Hal ini tidak lepas dari kandungan lektin di dalam pisang tanduk. Lektin sendiri adalah sejenis protein dalam pisang tanduk yang bisa mencegah pertumbuhan sel leukimia.

Adanya lektin juga memiliki peran sebagai antioksidan yang berguna untuk membantu tubuh mengusir radikal bebas penyebab kanker. Maka kuat kesimpulannya jika pisang tanduk dapat menekan risiko kanker darah atau leukemia.

Sumber Energi

Terakhir, manfaat pisang tanduk yang kelima ialah dapat menjadi sumber energi. Pisang tanduk memiliki kadungan kalori yang cukup untuk membantu tubuh bertenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain itu, pisang tanduk juga bisa menjadi alternatif sumber karbohidrat pengganti nasi. Sebenarnya, selain di pisang tanduk, manfaat ini bisa ditemukan juga di jenis pisang lainnya. Namun jumlahnya tentu tidak sebesar pisang tanduk. Mengingat pisang ini memiliki ukuran yang sangat besar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading