Sukses

Lifestyle

5 Cara Memasak Nasi di Rice Cooker yang Pulen dan Tidak Mudah Basi

Fimela.com, Jakarta Di zaman sekarang, sudah tidak perlu repot jika ingin menanak dan menyimpan nasi. Karena sudah ada alat yang bernama rice cooker, yang praktis digunakan untuk menanak nasi.

Rice cooker adalah salah satu alat praktis, yang wajib ada di dapur rumah tangga atau di kos. Menanak nasi dengan rice cooker, bisa membuat nasi menjadi pulen dan bisa digunakan untuk mengkukus dan menghangatkan makanan lainnya.

Namun sayangnya, menggunakan rice cooker untuk menanak nasi bisa membuat nasi cepat basi, berwarna kuning dan cepat kering. Untuk menghindari hal tersebut, berikut cara memasak nasi di rice cooker yang pulen dan tidak mudah basi, dilansir dari Liputan6.com:

Cara Menanak Nasi

Gunakan Jeruk Lemon

Cara menanak nasi agar pulen dan tidak mudah basi, gunakan air perasan jeruk lemon sebelum menanak nasi. Kandungan di dalam jeruk lemon ini, dipercaya bisa membuat tekstur nasi lebih lembut, pulen dan nasi lebih awet tidak mudah basi atau kering.

Cuci Beras Hingga Bersih

Sebelum menanak nasi, usahakan untuk mencuci beras terlebih dahulu sampai beras benar-benar bersih. Nasi yang bersih akan terlihat lebih putih dan terasa pulen saat dimasak.

Masak untuk Sekali Makan

Cara yang selanjutnya adalah dengan memasak nasi untuk sekali makan. Jangan menanak nasi untuk dimakan diwaktu yang lama. Contohnya menanak nasi di pagi, digunakan untuk makan di pagi hari. Jangan memasak nasi di pagi hari dan makan nasinya di malam hari.

Aduk Nasi

Saat menanak nasi, usahakan untuk mengaduk nasi selama beberapa kali, saat masih proses menanak nasi. Hal ini dilakukan untuk membuat nasi matang dengan sempurna dan rata. Tekstur nasi juga lebih lembut dan tidak mudah kering.

Gunakan Rice Cooker yang Berkualitas

Cara yang terakhir, yaitu gunakan rice cooker yang kualitasnya baik. Hindari menggunakan rice cooker yang elemennya rusak atau tergores. Elemen yang rusak bisa membuat nasi cepat kering dan basi.

Fungsi Lain Rice Cooker

Memasak Mie Instan

Rice cooker bisa digunakan untuk memasak mie instan. Caranya cukup memasak air di dalam rice cooker sampai air mendidih. Kemudian masukkan mie instan dan masak hingga mie mendidih. Untuk memasak mie instan dengan rice cooker, memerlukan waktu selama 8 menit.

Memasak Sayur

Rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak sayur, sup ayam dan sayur berkuah yang lainnya. Caranya dengan mendidihkan air dengan menekan tombol cook, lalu masukkan bumbu dan sayuran satu per satu, aduk dan tutup sampai matang.

Membuat Agar-Agar

Untuk membuat agar-agar, kamu bisa menggunakan rice cooker dengan merebus air, gula dan bubuk agar-agar di dalam rice cooker yang sudah ditaruh ke dalam cetakan. Kemudian tunggu sampai matang dan angkat.

Membuat Bolu

Rice cooker juga bisa digunakan untuk membuat bolu atau brownies. Caranya dengan menceampurkan adonan ke wadah lain terlebih dahulu, lalu tuangkan ke dalam panci rice cooker. Jangan lupa diolesi margarin dan tunggu selama 1 jam.

 

 

 

Resep Tomyam Rice Cooker

Bahan yang diperlukan:

  • Bakso dan daging, olahan sesuai selera
  • Daging ayam filet
  • Baby Pakcoy
  • Daun Bawang
  • Wortel
  • Jamur enoki
  • Jamur kancing kalengan
  • Tahu susu original
  • Tomyam paste

Cara memasak:

  1. Langkah pertama rebus air sampai mendidih, lalu masukkan pasta tomyam.
  2. Lalu tambahkan wortel hingga setengah matang, kemudian masak ayam, bakso dan daging olahan.
  3. Setelah daging empuk, masukkan jamur enoki, jamur kancing, tahu, pakcoy dan daun bawang, aduk rata. Sajikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading