Sukses

Lifestyle

Cara Mengolah dan Menanak Nasi Basmati agar Pulen dan Enak

Fimela.com, Jakarta Beras basmati dijual dengan harga cukup mahal di pasaran, dan mungkin karena harganya yang mahal inilah, beras basmati tampak spesial. Jadi jika memasaknya tidak tepat, tentu akan sayang. Nah, jika kebetulan membeli beras basmati dan ingin memasaknya di rumah, ini dia sekian cara yang tepat.

1. Cuci beras

Seperti beras pada umumnya, beras basmati juga perlu dicuci hingga bersih terlebih dahulu. Cuci beras dan ganti airnya yang keruh selama 2-3 kali.

2. Rendam dengan air

Setelah itu tuang air bersih ke dalam mangkuk beras yang sudah dicuci dan rendam beras selama 30 menit. Teknik ini penting dilakukan agar ketika telah matang, nasi basmati tidak terlalu kering dan keras. Perendaman ini juga berfungsi agar tekstur nasi lebih mekar dan bisa meresap bumbu masakan dengan lebih baik.

3. Tambahkan garam atau air kaldu

Untuk hasil yang lebih gurih, saat menanak nasi basmati bisa ditambahkan sedikit garam atau menggunakan air kaldu.

Cara memasak

Jika memasak di rice cooker

  • Cukup tuang air yang sudah dicampur garam atau air kaldu, kemudian masukkan beras, tata hingga permukaannya rata. Tutup dan masak seperti biasa. Cara ini memang lebih mudah dan praktis.

Jika memasak di kompor

  • Jika ingin memasak beras basmati di kompor, perhatikan perbandingan air dan beras di dalam panci.
  • Jika menggunakan 1 cangkir beras, maka tambahkan 1,5 hingga 2 cangkir air ke dalam panci. Sesuaikan jumlah air dengan beras yang akan dimasak.
  • Didihkan air yang sudah diberi garam atau dicampur air kaldu lebih dulu, setelah mendidih masukkan beras ke dalamnya, masak nasi hingga tanak.

Setelah tanak, nasi basmati siap dinikmati atau diolah lebih lanjut menjadi berbegai olahan nasi berbumbu. Nah, itu dia cara mengolah dan menanak beras basmati yang bisa dicoba di rumah. Semoga bermanfaat.

#ChangeMaker with Fimela

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Menanam Kemangi agar Tidak Perlu Beli ke Pasar
Artikel Selanjutnya
Tips Membeli dan Menyimpan Ikan Teri Segar agar Awet