Sukses

Lifestyle

7 Manfaat Mentega yang Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuh

Mentega merupakan jenis bahan makanan yang umum digunakan dalam masakan. Penggunaan mentega dapat menambah kenikmatan rasa dari sebuah masakan. Maka tidak heran jika lekat dengan gaya hidup dan pola makan sehari-hari.

Sayangnya, mentega dikenal bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan. Sebab mentega sarat akan lemak yang dikenal sebagai sumber penyakit. Salah satunya adalah obesitas serta penyakit yang cukup kronis yaitu jantung.

Meski dikenal akan dampak buruknya, sebenarnya ada manfaat mentega yang bisa didapatkan. Tapi dengan syarat, agar manfaat mentega semakin optimal, perlu diperhatikan jumlah dari konsumsinya.

Berikut ini Fimela.com telah merangkum dari berbagai sumber, 7 manfaat mentega yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Kaya akan kandungan Conjugated Linoleic Acid

Manfaat mentega yang pertama berasal dari kandungan conjugated linoleic acid (CLA) di dalamnya. CLA sendiri merupakan salah satu sumber asam lemak yang baik. Asam lemak tersebut memiliki manfaat yang sangat tinggi pengaruhnya terhadap kinerja metabolisme dan bisa meningkatkan pembakaran lemak. Selain itu, CLA juga terbukti mampu memerangi sel kanker.

Mencukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Sangat beragam kandungan vitamin dan mineral di dalam mentega, seperti vitamin A, E, dan K2. Vitamin K2 sendiri sangat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme kalsium dalam tubuh dan bisa mencegah penyakit serius seperti penyakit jantung, kanker, juga osteoporosis.

Membantu Pembakaran Lemak

Manfaat mentega ini berasal dari kandungan kolesterol baik yang dikandunganya. Kolesterol baik di dalam mentega bermanfaat untuk membuat perut terasa kenyang serta membantu peningkatan pembakaran lemak.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dengan kandungan lemak sehat dan kolesterol baik di dalam mentega, maka tidak heran jika manfaat mentega bisa menjaga kesehatan jantung dan mencegah dari risiko terkena penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat mentega selanjutnya berasal dari kandungan vitamin A di dalamnya. Mentega memiliki kandungan vitamin A hingga 3300 IU. Dengan asupan vitamin A yang cukup bisa berdampak baik untuk kesehatan mata.

Mencegah Diabetes

Mentega mengandung asam lemak butirat yang memiliki beragam manfaat, seperti mencegah kenaikan berat badan, meningkatkan energi, menurunkan trigliserida serta insulin. Maka tidak heran, jika asam lemak ini bisa mencegah diabetes, serta mengurangi nafsu makan.

Menjadi Sumber Energi

Lalu, manfaat mentega yang terakhir sebagai sumber energi. Setiap 100 gram mentega memiliki kandungan 725 kkal. Kandungan sebesar itu bisa memberi energi agar terpenuhi setiap harinya, terutama bagi yang memiliki kesibukan tinggi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading