Sukses

Lifestyle

11 Penyebab Tidur Mendengkur yang Sering Dialami Oleh Setiap Orang

Fimela.com, Jakarta Mendengkur saat tidur biasanya akan terjadi oleh beberapa orang yang mengalami kelelahan karena seharian melakukan aktivitas, hal ini biasanya terjadi dan tidak perlu kamu khawatirkan. Mendengkur terjadi ketika kamu tidak dapat mengalirkan udara dengan bebas melalui hidung dan tenggorokan saat tidur,

Hal ini biasanya akan membuat jaringan di sekitarnya bergetar dan menghasilkan suara dengkuran yang cukup familiar, seseorang yang mendengkur biasanya memiliki banyak jaringan pada tenggorokan dan hidung atau jaringan "floppy" yang kebih rentang bergetar. Selain itu posisi lidah juga dapat menghalangi kelancaran pernapasan.

Jika kamu sering mendengkur setiap malan, hal ini akan menggnggu kualitas tidur kamu dan dapat menyebabkan kelelahan di siang hari, cepat marah, dan sering berkaitan dengan tingkatnya masalah kesehatan. Tapi apa sih penyebab dari mendengkur di malam hari yang mungkin kamu alami? Cek di bawah ini untuk tahu selengkapnya:

1. Mengkonsumsi Alkohol

Jika kamu mengkonsumsi alkohol di sore hari maka dapat mempengaruhi kualitas tidur kamu dan akan menyebabkan kamu lebih mudah mendengkur, selain itu alkohol merupakan sebuah pelemas dan melemaskan otot di tenggorokan kamu. Biasanya saat tidur otot-otot yang sudah rileks akan menghalangi jalan napas dan menyebabkan kamu mendengkur. 

Tak hanya itu, Alkohol juga akan mengganggu siklus tidur kamu. Padahal secara keseluruhan, minum alkohol yang berlebihan itu tidak baik untuk kualitas tidur kamu yang baik. Kamu juga perlu memperhatikan apakah penyebab mendengkur yang kamu alami di malam hari karena minum alkohol atau bukan. 

2. Berat Badan

Berat badan yang berlebih ternyata memiliki dampat untuk jantung dan sendi kamu, selain itu juga dapat mempengaruhi tidur kamu. Lemak biasanya tidak akan menumpuk dan hanya di satu tempat di rubuh kamu, yang akan mendistribusikan ke seluruh tubuh.

Salah satunya akan menumpuk pada leher, saat leher tumbuh dalam ketebalan maka lemak ekstra akan menekan tenggorokan dan menyebabkan jalan napas menjadi lebih lambat. 

3. Masalah Hidung

Alergi, pilek, flu dan septum merupakan beberapa masalah hidung yang dapat menyebabkan kamu mendengkur di malam hari. Kamu dapat mengatasinya dengan mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu, saat kamu merasa flu atau batuk coba cari obat untuk kamu konsumsi agar rasa sakit tersebut mereda.

4. Posisi Tidur

Posisi tidur ternyata memiliki peran yang cukup besar dalam kualitas tidur yang kamu miliki, seperti mendengkur atau tidak. Misalnya ketika kamu tidur terlentang, maka gravitasi akan menyebabkan jaringan lunak di tenggorokan jatuh ke belakang dan menghalangi jalan napas kamu. Cukup dengan mengubah posisi tidur kamu dari punggung ke samping maka akan menghentikan kamu dari mendengkur.

5. Usia

Kebiasaan tidur akan berubah dengan seirinya bertambah usia, tertidur mungkin akan memakan waktu yang lebih lama dan mungkin tidak terasa memulihkannya. Penuaan juga dapat menyebabkan kamu mendengkur karebna otot lidah dan tenggoroka akan lebih rileks seiring bertambahnya usia. 

6. Merokok

Merokok ternyata daoat menyebabkan peradangan pada jaringan yang melapisi saluran udara, selain itu hal ini dapat menyebabkan jaringan yang melapisi saluran udara. Akibatnya, seseorang akan mengalami pembengkakan, penyempitan, dan postnasal drip.

Gangguan tersebut kemudian akan menyebabkan mendengkur saat tidur, satu-satunya cara untuk mengetahui merokok dan menyebabkan mendengkur atau tidak dengan cara berhenti merokok dan melihat apakah kualita tidur kamu menjadi lebih baik atau tidak.

7. Kondisi Tenggorokan dan Hidung

Kondisi medis pada tenggorokan atau hidung ternyata juga dapat menyebabkan kamu mendengkur di malam hari. Misalnya, jika kamu memiliki septum maupun polip hidung yang cukup menyimpang, maka tidak dapat bernapas dengan baik melalui hidung dan hal ini terkadang akan menyebabkan kamu mendengkur. 

Di sisi lain, saat kamu mengalami amandel atau kelenjar gondok yang membesar, maka dapat menghalangi jalan napas kamu dan dapat menyebabkan dengkuran. Cara terbaik untuk mengetahui apakah kondisi hidung atau tenggorokan menjadi penyebab dengkuran adalah periksa ke dokter atau spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorkan).

8. Obat-Obatan

mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti pelemas otot maka akan menyebabkan otot-otot di tenggorokan menjadi lebih rileks dan dapat menyebabkan dengkuran. Kamu perlu memperhatikan apakah saat kamu tidur mendengkur atau tidak, setelah kamu mengkonsumsi obat pelemas oto. Jika kamu mendengkur setelah meminumnya, ada baiknya tidak mengkonsumsi obat tersebut jika tidak kamu perlukan.

9. Kehamilan

Hampir 30% perempuan yang hamil akan mulai mendengkur pada trimenster terakhir mereka, selain itu rahim akan mendorong ke diafragma. Tapi kamu tak perlu khawatir karena mendengkur akan berhenti setelah melahirkan.

10. Anatomi

Anatomi termasuk rahang, tenggorokan, leher, maupun lidah dapat menjadi salah satu penyebab dengkuran yang kamu rasakan. Lagit-langit yang rendah dan tebal tentu akan menyebabkan saluran udara kamu menyempit. Tak hanya itu lidah mungkin tidak akan beristirahat dalam posisi yang benar. Lakukanlah terapi oral seringkali untuk membantu mengatasi dengkuran sebagai akibat daru anatomi mulut. 

11. Sleep Apnea

Penyebab paling umum dari mendengkur yang mungkin kamu alami adalah Sleep Apnea. Sleep Apnea sendiri merupakan sebuah kondisi yang cukup serius dan dapat menyebabkan kamu berhenti bernapas sepanjang malam serta dapat menjadi penyebab dari saluran udara yang tersumbat. Gejala dari sleep apnea sendiri termasuk dari bangun dan perasaan tidak tidur, penambahan berat badan, sakit kepala dan sebagainya. 

Ada banyak cara untuk mengatasi mengdengkur di malam hari, tapi tidak semua pengobatan ini dapat berhasil di setiap orang. Yang perlu kamu lakukan dengan cara mengubah pola hidup, gaya hidup, maupun makanan yang kamu konsumsi. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading