Sukses

Lifestyle

Bikin Bawa Hoki, Ini Tips Mengatur Tata Letak Dapur Menurut Feng Shui

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela sedang bingung mengatur tata letak dapur yang baik? Penataan ruang dalam rumah mempunyai fungsi yang vital. Seluruh ruangan dalam rumah, termasuk dapur, harus ditata dan ditempatkan dalam posisi yang baik dan benar sehingga penghuni rumah dapat merasa nyaman. Selain kenyamanan, ruangan yang ditata dengan baik dan benar akan terlihat rapi dan bahkan bisa mendatangkan keberuntungan. Salah satu metode penataan rumah yang paling populer dan dapat membawa keberuntungan adalah Feng Shui.

Dilansir dari Good House Keeping, Feng Shui merupakan metode penataan rumah yang berasal dari China. Feng Shui bertujuan untuk membawa kebahagian, kelimpahan, keseimbangan, keselarasan, dan harmoni ke dalam rumah. Penempatan dapur, serta warna dan bahan yang digunakan di seluruh ruangan memainan peran yang sama dala mengoptimalkan aliran "Qi" (energi alam yang ada di dalam ruang tersebut). Ketika berbicara tentang Feng Shui, ada banyak hal yang harus dan tidak boleh dilakukan.

Ada berbagai cara untuk menghadirkan Feng Shui ke dalam dapur, mulai dari aturan segitiga tradisional hingga bahan lantai dan lemari, serta elemen dekoratif (seni, pencahayaan, dan dekorasi meja). Ketika menambahkan prinsip Feng Shui sederhana ke dalam dapur, Sahabat Fimela menciptakan energi positif yang akan meningkatkan kesejahteraan. Menyesuaikan penataan dapur dengan prinsip Feng Shui yang baik akan membuatnya menjadi lebih menyenangkan untuk memasak, bersosialisasi, dan terhubung dengan keluarga dan orang yang dicintai.

Jennifer A. Emmer, desainer interior dan ahli Feng Shui, memahami bahwa desain Feng Shui dapat menyeimbangkan banyak faktor. Lalu, bagaimana cara menata dapur yang sesuai dengan Feng Shui? Nah, berikut adalah tips mengatur tata letak dapur sesuai dengan Feng Shui yang dapat membawa keberuntungan. Yuk, simak informasi selengkapnya.

Letakkan kompor pada posisi yang mendominasi

Salah satu aturan Feng Shui yang paling sederhana dalam menata dapur adalah meletakkan kompor dalam posisi yang mendominasi. Dilansir dari The Spruce, kompor paling baik ditempatkan di mana Sahabat Fimela dapat melihat pintu utama masuk dapur atau orang lain saat sedang memasak. Jika kompor membuat Sahabat Fimela harus membelakangi ruangan, pertimbangkan untuk menaruh cermin di depan kompor, sehingga Sahabat Fimela masih bisa melihat arah belakang.

Dalam Feng Shui, kompor berkaitan dengan sumber daya yang merupakan pusat kekayaan di rumah. Meletakkan kompor dengan posisi yang mendominasi bisa mendatangkan banyak peluang dan kesuksesan mengalir ke arah Sahabat Fimela.

Ikuti aturan segitiga dapur

Untuk mendapatkan harmoni dan keseimbangan, tata dapur dengan mengikuti aturan segitiga dapur. Letakkan wastafel, kulkas, dan kompor membentuk setiap titik segitiga dengan jarak 1-2 meter. Dengan begitu, Sahabat Fimela memiliki ruang gerak yang maksimal dan nyaman di dapur. Jumlah ruang yang seimbang antara penataan wastafel, kulkas dan kompor menciptakan ruang yang nyaman dan produktif.

Hindari meletakkan kompor bersebelahan dengan wastafel atau kulkas. Hal ini karena kompor merupakan elemen api, sedangkan kulkas dan wastafel merupakan elemen air. Menurut Feng Shui, elemen api paling baik diletakkan di arah mata angin selatan atau timur.

Bawa lima elemen Feng Shui ke dapur

Untuk menciptakan harmoni di dapur, bawalah lima elemen ke dapur. Lima elemen ini adalah dasar dari Feng Shui. Kemudian, posisikan lima elemen tersebut dengan benar, jangan letakkan elemen berlawanan secara bersebelahan. Sebagai contoh, air dan api tidak cocok bersebelahan, jadi hindari meletakkan wastafel di sebelah kompor.

Jangan menaruh tanaman palsu untuk dekorasi di dapur. Cobalah untuk menaruh tanaman hidup, seperti tanaman hias atau tanaman herbal, karena 'kayu hidup' memiliki energi yang lebih kuat. Lima elemen dasar dalam Feng Shui yang bisa Sahabat Fimela letakkan di dapur di antaranya adalah:

  • Air: wastafel
  • Api: kompor
  • Kayu: lemari, meja, kursi, tanaman
  • Logam: peralatan masak, kursi bar logam
  • Tanah: meja marmer atau granit, lantai ubin

Posisi dapur yang ideal

Letak dapur idealnya berada di bagian belakang rumah. Menurut Feng Shui, letak dapur yang berada pada bagian belakang rumah memungkinkan energi kekayaan yang dihasilkan oleh dapur akan lebih terlindungi.

Dilansir dari The Spruce, dapur harus berada di dalam "gua" yang terkait dengan unsur api dalam bagua Feng Shui. Gua ini disebut "Li" dan sering dihubungan dengan reputasi dan kemuliaan. Sebab dapur menghasilkan banyak energi melalui kompir, meletakkan dapur di area Li dapat membantu mengaktifkan unsur api, yang berkontribusi pada reputasi dan kemuliaan yang baik.

Itulah beberapa tips untuk mengatur tata letak dapur menurut Feng Shui. Dengan memahami prinsip-prinsip Feng Shui ini, Sahabat Fimela dapat mengoptimalkan energi dan keseimbangan dalam dapur untuk mencapai kesejahteraan dan harmoni yang lebih baik pada rumah.

 

Penulis: Denisa Aulia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading