Sukses

Lifestyle

3 Rekomendasi Olahraga yang Bisa Membakar Banyak Kalori Hanya dalam 30 Menit Sehari

Fimela.com, Jakarta Dalam dunia yang memiliki tuntutan yang besar, terkadang kita merasa sulit untuk mendapatkan waktu untuk berolahraga. Olahraga dilakukan agar tubuh seseorang dapat menjaga stamina tubuh. Namun, apakah kamu tahu untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang cukup melakukannya selama 30 menit dalam sehari saja.

Dilansir oleh CDC.gov mengungkapkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kesetatan otak. Disisi lain, olahraga juga dapat membantu mu mengendalikan berat badan, bahkan dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Pada dasarnya olahraga tidak membutuhkan banyak biaya dan menghabiskan waktu yang banyak. Sekarang ini, berbagai macam olahraga yang dapat menuntunmu dapat mudah ditemukan di internet. 

Faktanya jika kamu ingin umur panjang dan selalu sehat, disarankan untuk banyak bergerak. Faktanya manusia tidak diciptakan sebagai manusia yang hanya bisa duduk saja. Berdasarkan buku yang berjudul Physical Activity Guidelines for American 2nd edition mengungkapkan bahwa olahraga terbukti dapat merangsang pikiran atau kognisi pada anak-anak usia 6 hingga 13 tahun, serta mengurangi perasaan cemas sementara pada orang dewasa.

Dilansir oleh Nhs.uk, seseorang setidaknya harus berolahraga dalam seminggu adalah sekitar 150 menit atau sekitar 20 sampai 30 menit setiap harinya, tetapi dengan catatan olahraga yang intensitasnya adalah moderate atau sedang. 

Nah, Sahabat FIMELA berikut adalah 3 rekomendasi olahraga yang bisa kamu lakukan sehari-hari selama 30 menit yang tentunya dapat memberikan dampak untuk tubuh. Berikut adalah 3 rekomendasi olahraga menurut Healthline.com.

Berenang

Jika kamu tidak suka berolahraga karena membosankan, cobalah berenang. Faktanya berenang merupakan olahraga yang tidak membutuhkan banyak tenaga, tetapi dapat membakar banyak kalori yang ada di tubuh mu. 

Pada dasarnya, mengapung dalam air dapat mengurangi tekanan pada tubuh seseorang dengan cara memberikan bantuan untuk menopang berat badan orang. Namun, olahraga berenang agar dapat memberikan dampak yang efektif tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Berenang perlu mengkolaborasikan dengan olahraga kardio, kekuatan, dan kefleksibilitasan. 

Bahkan berenang gaya bebas itu melibatkan otot pada seluruh tubuh bagian atas, terutama bahu, trisep, dada, dan paha depan. Bukan hanya menyenangkan, berenang juga dapat memberikan dampak yang baik untuk tubuh.

Dilansir oleh Swimming.org, berenang selama 30 menit setidaknya dapat membakar kalori sebesar 200 kalori. Namun, perlu diingat seberapa besar kalori yang dibakar tergantung dengan berat badan seseorang. Contohnya, jika orang tersebut beratnya adalah 70 kg, berarti 30 menit dapat membakar 216 kalori dan yang beratnya 83,9 kg dapat membakar 252 kalori.

Berjalan

Tidak ada yang bisa menyaingi keefektifan dan kesederhanaan jalan kaki. Meskipun terkesan sepele, berjalan dapat menjaga keamanan lutut. Memang usaha yang dikeluarkan terkesan sedikit, tetapi berjalan dapat membakar banyak kalori.

Untuk menjamin keefektifan disarankan untuk memperhatikan gerakan pada kaki dan pinggul. Pertahankan otot perut kamu tetap aktif dan dorong tanah di belakang kamu untuk berakselerasi.

Bengkokkan lenganmu hingga 90 derajat dan mengangkatnya, serta pastikan untuk tetap dekat dengan tubuh. Hal ini dapat memberikan kekuatan tambahan untuk tubuh bagian bawah, selalu perhatikan tubuh bagian bawah, sehingga meningkatkan tingkat metabolisme Anda secara signifikan.

Disarankan untuk melakukan interval intensitas dari yang tinggi dengan berjalan kaki selama 1 sampai 3 menit dan kemudian ikuti dengan berjalan kaki dengan cepat.

Orang yang memiliki berat badan 70 kg jika berolahraga dengan kecepatan 4 km per jam dapat membakar kalori sebesar 175. Sedangkan orang yang memiliki berat badan 83 kg dapat membakar 189 kalori.

Bersepeda

Dijamin tidak membosankan dan tidak menghabiskan terlalu banyak tenaga, bersepeda bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kamu. 

Apakah kamu memilih untuk bersepeda diam di dalam ruangan di kelas bersepeda atau menggunakan Peloton, atau bahkan bersepeda di luar dengan sepeda tradisional, otot, jantung, dan paru-paru kamu akan terasa mengalami kegembiraan karena intensitas yang beragam dalam bersepeda.

kamu dapat memulai bersepeda dengan investasi yang relatif kecil, terutama jika Anda memiliki akses ke sepeda stasioner. Namun, jika kamu ingin mengambilnya dengan serius, kamu akan perlu meluangkan waktu untuk berinvestasi dalam peralatan kecil seperti helm dan celana pendek berbantalan.

Menemukan sepeda yang sesuai dengan ukuran tubuh kamu sangat penting untuk kenyamanan serta menjaga kesehatan persendian kamu. Mengendarai sepeda dengan penyetelan kursi yang terlalu tinggi, terlalu rendah, terlalu maju, atau terlalu ke belakang dapat menyebabkan kerusakan pada persendian kamu.

Jika kamu bersepeda secara rutin kamu dapat merasakan pengaruh yang besar pada postur tubuh, otot, dan metabolisme. Intinya kamu akan mendapatkan manfaat yang maksimal.

Jika berat badanmu adalh 70 kg berarti kamu dapat membakar sekitar 252 kalori, tapi jika dikolaborasikan dengan tingkat yang  moderate selama 30 menit. Sedangkan yang berat badannya adalah 83,9 kg kamu dapat membakar 336 kalori.

 

Penulis: Sherly Julia Halim.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading