Sukses

Lifestyle

4 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Apek di Ruangan Lembap

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela, punya ruangan yang lembap dan memiliki bau yang tidak sedap, seperti bau apek? Bau apek dalam ruangan yang lembap memang membuat kita merasa tidak nyaman. Ada beberapa penyebab yang membuat bau apek muncul di ruangan yang lembap.

Bau apek dalam ruangan disebabkan oleh kelembapan yang berlebihan, terutama di tempat-tempat seperti kamar mandi, basement, atau ruang laundry. Dilansir dari Grove, bau apek ini biasanya muncul karena pertumbuhan jamur. Ketika jamur mulai tumbuh dalam area-area yang lembap, jamur akan menghasilkan gas yang berbau tidak sedap dan dapat meresap pada barang-barang seperti karpet, gorden, dan perabot rumah lainnya. Beberapa sumber kelembaban berlebih yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur di antaranya:

  • Kebocoran air di belakang dinding
  • Fondasi retak yang memungkinkan masuknya air
  • Atap bocor
  • Ventilasi yang buruk
  • Kain yang basah atau lembap
  • dan lainnya.

Selain menimbulkan bau apek yang tidak menyenangkan, pertumbuhan jamur pada ruangan yang lembab ternyata juga bisa menimbulkan masalah kesehatan, lho. Dilansir dari The Spruce, paparan terhadap jamur di dalam rumah dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi beberapa orang sensitif, seperti hidung tersumbat, batuk, mata merah atau gatal, kulit gatal, napas pendek, dan demam.

Maka dari itu, untuk mencegah masalah tersebut terjadi, sebaiknya kita hilangkan jamurnya terlebih dahulu. Dengan begitu, bau apek hilang dan penghuni rumah sehat serta nyaman. Berikut adalah cara menghilangkan bau apek dalam ruangan yang lembap. Yuk, simak langkah-langkahnya.

 

1. Bersihkan dan Hilangkan Sumber Bau

Untuk mengatasi bau apek pada ruangan, langkah pertama adalah membersihkan dan menghilangkan sumber penyebab baunya. Bersihkan permukaan ruangan secara menyeluruh, termasuk dinding, lantai, dan langit-langit. Bersihkan juga karpet dan furnitur di dalamnya, ya. Fokuskan pada area yang mungkin lembap, seperti sudut-sudut yang gelap dan lembap.

Proses pembersihan ini bisa Sahabat Fimela lakukan sendiri atau jika tidak mau ribet, Sahabat Fimela bisa memakai jasa pembersih profesional. Melakukan deep cleaning pada ruangan dan furnitur di dalamnya dapat membantu menghilangkan spora jamur dan menyegarkan ruangan.

2. Gunakan Penyerap Bau

Menghilangkan bau apek dalam ruangan dapat dilakukan dengan menggunakan penyerap bau. Terdapat produk penyerap bau di pasaran yang mengandung karbon aktif. Penyerap bau ini dapat digantung di ruangan yang kurang sirkulasi udaranya. Penyerap bau ini juga harus diganti secara berkala.

Selain itu, Sahabat Fimela juga bisa meletakkan bahan-bahan penyerap bau, seperti biji kopi atau semangkuk baking soda. Dengan begitu, bau apek dalam ruangan bisa hilang secara menyeluruh.

 

3. Pasang Dehumidifier

Jika ruangan masih saja lembap, Sahabat Fimela perlu mempertimbangkan untuk memasang dehumidifier. Dehumidifier adalah alat elektronik yang berfungsi untuk mengurangi kelembapan udara di dalam ruangan. Dehumidifier bekerja menarik uap air dari udara, mengkondensasikannya menjadi cairan, dan kemudian mengumpulkannya dalam wadah atau mengalirkannya langsung ke saluran pembuangan.

Dehumidifier ini tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas, Sahabat Fimela bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Beberapa model dehumidifier juga dilengkapi dengan itur-fitur tambahan, seperti pengaturan kelembapan otomatis, timer, atau filter udara untuk membersihkan partikel-partikel kecil dari udara.

4. Tambahkan Pengharum Ruangan

Setelah bau apek hilang dan kelembapan berkurang, Sahabat Fimela bisa menambahkan pengharum ruangan untuk aroma yang menyegarkan. Gunakan pengharum ruangan otomatis atau lilin aromaterapi sehingga ruangan tetap terjaga wangi harumnya. Bau yang harum dan segar dalam ruangan dapat memberikan kenyamanan bagi setiap penghuni rumah.

Itulah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi bau apek dalam ruangan yang lembap. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Sahabat Fimela dapat menghilangkan bau apek dan menciptakan ruangan yang lebih segar dan menyenangkan. Penting untuk selalu konsisten dalam menjaga kebersihan dan kelembapan ruangan supaya bau apek tidak muncul lagi.

 

Penulis: Denisa Aulia

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading