Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Baju Berjamur dan Bau Apek yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Baju merupakan kebutuhan sandang yang diperlukan oleh semua orang. Fungsi baju adalah melindungi dan menutupi tubuh. Sebagai barang yang digunakan sehari-hari, tentunya kamu pasti ingin memakai baju yang bersih, rapi, dan wangi. 

Memakai baju dalam keadaan baik punya manfaat positif, lho. Kita jadi lebih percaya diri karena baju yang rapi, bersih, dan wangi amat menunjang penampilan. Sayangnya, masalah baju apek dan berjamur seringkali datang mengganggu kenyamanan berpakaian.

Baju yang berjamur dan berbau apek disebabkan oleh beberapa faktor. Adapun faktor yang paling umum karena belum sepenuhnya kering dijemur, namun sudah dipakai atau disimpan di dalam lemari. 

Lalu, apa sajakah faktor lainnya yang menyebabkan baju berjamur dan bau apek? Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan Fimela.com di bawah ini: 

1. Jemuran Baju yang Belum Kering

Penyebab pertama baju barjamur dan bau apek adalah karena baju yang kamu jemur ternyata belum sepenuhnya kering tetapi sudah kamu ambil dan kamu masukkan dalam lemari. Perlu kamu tahu, sinar matahari membantu membunuh kuman, bakteri, dan jamur yang ada pada baju.

Jika baju kurang mendapatkan paparan sinar matahari saat menjemur bisa menjadi penyebab jamur pada baju. Maka dari itu, pastikan kamu menjemur baju di bawah panas terik matahari agar kering sepenuhnya. 

2. Kondisi Lemari yang Sudah Buruk

Penyebab kedua baju berjamur dan bau apek adalah lemari yang kondisinya sudah buruk. Lemari yang tidak layak pakai akan membuat baju yang disimpan di dalamnya jadi lembap. 

Untuk mencegah baju berjamur, maka pastikan lemari pakaian tidak terkena air atau dalam kondisi yang lembab. Sebab, lemari yang lembap membuat pertumbuhan jamur mudah berkembang biak di antara tumpukan pakaian.

3. Baju Terlalu Lama Disimpan di Lemari

Mungkin kamu tidak menyadarinya, namun baju yang terlalu lama disimpan di dalam lemari dapat menjadi berjamur. Sebab, pakaian tidak mendapatkan udara maupun cahaya matahari yang membuat jamur tumbuh di pakaian.

Untuk mencegahnya, kamu bisa membuka lemari dan mengarahkannya ke jendela agar mendapat sinar matahari. Jika posisinya sulit, maka buka saja pintu lemarinya agar terjadi sirkulasi udara dan suhu lemari tidak menjadi lembap. 

4. Sering Dibiarkan Tergantung

Salah satu kebiasaan menggantung baju setelah memakainya seharian dan membiarkannya tergantung terlalu lama bisa menyebabkan baju berjamur, lho. Apalagi kalau ruangan tempat baju tersebut digantung dalam kondisi yang lembab. Tentu akan membuat jamur tumbuh di kain baju dengan mudah

5. Tidak Langsung Mencuci Baju setelah Digunakan

Penyebab baju berjamur dan bau apek adalah karena kebiasaan tidak langsung mencuci setelah baju digunakan. Meskipun hanya kamu pakai sebentar, tetapi keringat, debu, dan kotoran yang menempel pada baju akan mempermudah tumbuhnya jamur pada baju.

Alangkah lebih baiknya jika kamu segera mencuci baju setelah digunakan. Cara ini juga bisa menjadi langkah atau bagian dari perawatan baju agar awet dan tidak mudah rusak atau robek. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading