Sukses

Lifestyle

4 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Membangun Brand

Fimela.com, Jakarta Membangun brand sendiri bukan lah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi untuk kamu yang pertama kali membangun brand. Salah satu kunci utama untuk membangun bisnis yang kuat adalah dengan cara membuat sebuah identitas yang kuat dan menegaskan apa itu brand kita di dunia yang sangat kompetitif ini. 

Berdasarkan hasil survei yang terdapat pada press rilis Google mengungkapkan bahwa empat dari lima konsumen di Indonesia menggantungkan diri pada informasi yang ditemukan di platform online sebelum akhirnya membuat keputusan pembelian. Setelah melakukan riset mereka secara online, konsumen kemudian mencari pandangan tambahan dari teman atau keluarga, merujuk pada iklan di surat kabar, dan bahkan mengunjungi toko fisik untuk secara langsung mengevaluasi produk yang mereka inginkan. Maka dari itu, membangun kepercayaan brand bisa dikatakan sangat penting untuk dilakukan.

Oleh karena itu, untuk kamu yang merupakan pemula dalam membangun brand pemahaman tentang platform yang dijadikan referensi oleh calon pembeli sangatlah krusial. Beberapa tindakan dapat dilakukan untuk memastikan bahwa informasi yang terdapat di platform online mencapai tingkat optimal. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam membangun brand menurut Google.

Informasi bisnis

Informasi benar pada situs dan pemberitaan yang lengkap

Calon pembeli seringkali memanfaatkan layanan pencarian Google untuk mencari berita terkait produk baik di media maupun melalui situs resmi. Informasi yang dicari mencakup spesifikasi, gambar produk, harga, lokasi toko, opsi pembayaran dan cicilan, serta ulasan dari konsumen lain. Diperlukan upaya untuk memastikan bahwa semua informasi tersebut sudah tersedia secara menyeluruh, akurat, dan diperbarui.

Informasi toko offline

Setelah mengumpulkan berbagai informasi melalui pencarian online, sejumlah konsumen masih merasa perlu untuk melihat produk yang menarik minat mereka secara langsung. Untuk mempermudah konsumen menemukan alternatif toko terdekat yang dapat mereka kunjungi, pastikan bahwa semua lokasi toko sudah terdeteksi dengan akurat di Google Maps.

Menarik pelanggan dengan penawaran

Membuat konten menarik

Konten video yang menarik dapat membangkitkan rasa penasaran konsumen. YouTube dianggap sebagai platform video terkemuka di Indonesia dengan jumlah penonton yang paling besar. Berdasarkan survei konsumen kami, setengah dari calon pembeli mengandalkan ulasan dari pembuat konten sebelum melakukan pembelian. Iklan video juga terbukti efektif, dengan 84% penonton di Indonesia setuju bahwa iklan yang mereka saksikan di YouTube mendorong mereka untuk lebih mempertimbangkan merek atau produk tertentu.

Promosi penawaran

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk agar dibeli oleh banyak orang. Selain membuat konten yang menarik, kamu juga bisa mempromosikan brand dengan mengirimkan email berisi informasi promosi secara berkala. Email dapat memberikan dukungan kepada konsumen agar tetap mengikuti perkembangan terbaru dari produk yang mereka inginkan. Sebagai contoh, pemberitahuan melalui email promosi dapat berfungsi sebagai pengingat bagi calon pembeli mengenai informasi harga terkini dan penawaran promosi terbaik yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

 

Penulis: Sherly Julia Halim.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading