Sukses

Lifestyle

Memahami Fungsi Backsplash di Dapur yang Bikin Rumah Terlihat Estetik dan Bersih

Fimela.com, Jakarta Saat ini banyak orang yang memilih untuk memasang backsplash di dapurnya. Dapur menjadi salah satu area penting dari sebuah rumah guna memenuhi kebutuhan dasar para penghuninya. Beragam aktivitas sering kali dilakukan di dapur seperti berinteraksi dengan anggota keluarga, menyiapkan dan mengolah makanan, sekaligus tempat menyimpan barang-barang kebutuhan rumah tangga.

Memiliki rumah yang bersih dan rapi menjadi impian semua orang, salah satunya dapat tercermin dari keadaan dapur rumah. Kehidupan keluarga sering kali dapat terlihat dari keadaan dapur, karena dapur bisa dikatakan sebagai cerminan penggunanya dalam masalah kebersihan maupun cara penataannya. Banyaknya aktivitas yang terjadi di dapur membuatnya rentan kotor, seperti terkena noda cipratan minyak goreng, tirisan air, sisa-sisa makanan dan sebagainya.

Hal tersebut menjadi alasan perlunya memasang backsplash di area dapur. Backsplash mencegah air, minyak, dan kotoran lainnya merusak dinding dapur, terutama di bagian belakang kompor dan wastafel. Selain itu, backsplash juga menawarkan warna dan pola desain yang unik untuk memperindah area dapur. Dilansir dari msisurfaces.com, berikut beberapa manfaat memasang backsplash di area dapur.

Manfaat Memasang Backsplash di Dapur

Mudah dibersihkan

Aktivitas masak memasak membuat dapur cepat kotor. Noda-noda cipratan minyak, air, atau sisa makanan lainnya akan lebih mudah dibersihkan jika memasang backsplash. Noda-noda tersebut tidak akan secara langsung merusak dinding dapur.

Terlindung dari kelembapan

Tirisan air serta pipa-pipa di balik dinding dapur membuat dinding dapur lembap, yang meningkatkan kemungkinan terjadinya kerusakan akibat air. Memasang backsplash menjadi penghalang dan memberi lapisan pelindung yang mencgah kerusakan akibat air.

Mempercantik dapur

Pemasangan backsplash dapat menyempurnakan tampilan dan nuansa dapur lebih indah. Selain alasan kebersihan dan keamanan, penggunaan backsplash dapat mempercantik ruangan dengan beragam pilihan desan dan warna yang tersedia. Untuk tampilan lebih elegan dapat menggunakan warna-warna netral.

Terlindung dari Kerusakan

Pemasangan backsplash dapur terbilang cukup mudah karena bisa langsung dipasang pada bata atau dinding yang sudah dicat. Dengan perawatan yang mudah, membuat dapur lebih awet dan menghindari dari kerugian  yang mungkin ditimbulkan dibandingkan jika tidak menggunakan backsplash.

Pemasangan backsplash memiliki nilai estetika. Backsplash yang berkualitas dapat menambah nilai rumah karena membantu melindungi dinding dari kerusakan akibat noda setelah memasak. Selain itu, backsplash dapur bukan hanya pilihan gaya, tetapi juga merupakan kebutuhan fungsional untuk menjaga kebersihan dan daya tahan dapur secara keseluruhan.

Penulis: Maritza Samira

#BreakingBoundariesNovember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading