Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Mudah Merasa Ngantuk yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Perasaan mengantuk biasanya datang secara tiba-tiba disaat kita merasa kelelahan. Kebanyakan orang akan merasa tidak senang apabila perasaan mengantuk datang di waktu yang tidak pas seperti disaat bekerja, belajar, ataupun sedang berkendara.

Penasaran dengan penyebab rasa mudah mengantuk? Simak uraian berikut ini.

Depresi

Orang yang memiliki riwayat depresi biasanya ditandai dengan perasaan yang mudah mengantuk. Depresi juga bisa ditandai dengan perasaan tidak bersemangat untuk menjalani aktivitasnya. Mereka lebih senang mengurung diri dan kemungkinan terburuknya adalah melakukan tindakan bunuh diri.

Sleep Apnea

Jika kamu terus mengalami perasaan mudah mengantuk, maka kamu harus waspada mengalami gejala Sleep Apnea. Penyakit ini bisa menjadi serius karena dapat mengganggu permasalahan pernafasan akibat mendengkur terlalu keras.

Efek Samping Obat

Konsumsi obat dengan dosis yang berlebih juga dapat membuat kamu merasa lebih mudah mengantuk dari biasanya. Kamu harus memperhatikan dosis obat yang akan diminum agar tidak terjadi efek samping.

Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan kamu mengalami perasaan yang mudah mengantuk. Efek sampingnya juga dapat menyebabkan perasaan gelisah dan mual.

Pola Tidur Berantakan

Penyebab paling sering dialami oleh kebanyakan orang yang mudah merasa ngantuk adalah memiliki pola tidur yang berantakan dan kurangnya durasi istirahat. Tubuh dan otak akan kelelahan sehingga timbulnya rasa ngantuk. 

Penulis: Alisa Virgita

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading