Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Buruk yang Perlu Dihindari agar Tubuh Tidak Cepat Lelah

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat Fimela merasa lelah saat menjalani aktivitas sehari-hari? Pasti perasaan ini akan terasa wajar-wajar saja, ya. Belum lagi dengan siklus yang terus berulang dan masalah yang tak henti-hentinya datang. Istirahat menjadi kunci untuk kembalikan energi dan membuat tubuh tetap fit. 

Namun, sejatinya tiap orang akan mempunyai energi yang bergantung pada kebiasaan mereka. Pola hidup bisa memengaruhi kondisi tubuh seseorang. Itulah sebabnya, ada beberapa kebiasaan yang jarang disadari bisa membuat tubuhmu menjadi cepat lelah. Alangkah baiknya kamu memperhatikan kebiasaan buruk ini dan mulai mengubahnya dari sekarang.

Memperbaiki kebiasaan buruk akan berpengaruh pada kesehatan tubuh dan mental dalam jangka yang panjang. Ingin tahu kebiasaan apa saja yang bisa bikin kamu cepat lelah? Melansir dari laman Time dan Bustle, berikut selengkapnya:

1. Terlalu Lama Menatap Layar Perangkat Digital

Bila seseorang duduk terlalu lama sepanjang hari tanpa istirahat, energi mereka akan menurun. Akibatnya, tubuh akan lebih cepat mengalami kelelahan. Tidak ada salahnya untuk berjalan-jalan terlebih dahulu setidaknya 20 menit dan lakukan peregangan untuk membuat tubuh beristirahat sejenak. 

Hindari menggunakan teknologi sebelum tidur. Diketahui dari situs Bustle, sensitivitas terhadap cahaya digital dari perangkat ini akan berbeda untuk setiap orang. Namun, lebih baik untuk membatasi penggunaannya selama satu hingga dua jam sebelum tidur. Kebiasaan buruk tersebut perlu untuk diubah untuk tingkatkan kualitas tidur dan mencegah tubuh cepat lelah. 

2. Tidak Mengonsumsi Air yang Cukup

Kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi akan berpengaruh pada kadar energi seseorang. Kehilangan banyak cairan ini bisa meningkatkan risiko tubuh yang mudah merasa lelah. Di tengah padatnya aktivitas, kebiasaan sepele ini tak jarang bisa terlewatkan. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan memenuhi asupan cairan yang cukup. Umumnya, minum air putih perlu dilakukan sebanyak enam hingga delapan gelas sehari untuk membantu memompa oksigen dan nutrisi secara lebih efektif. 

3. Melewatkan Sarapan

Sarapan pada dasarnya adalah kebutuhan penting untuk memulai hari. Melewatkan sarapan akan membuat tubuh tidak berenergi dan mudah untuk lesu. Sarapan bisa membantu untuk mempertahankan rasa kenyang dan menciptakan lebih banyak energi setiap hari. 

Makanan yang mengandung protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks cocok dijadikan sebagai menu sarapan sehat dan kaya gizi. Contohnya saja seperti oatmeal, smoothie buah, telur, roti gandum, hingga yoghurt. 

4. Kekurangan Zat Besi

Ketika tubuh mengalami kekurangan zat besi, maka tubuh akan lebih mudah lesu. Akibatnya, seseorang akan lebih mudah untuk tersinggung dan mengalami kesulitan untuk fokus. Zat besi yang cukup akan mencegah tubuh dari penyakit anemia.

Untuk memenuhi nutrisi tubuh, maka konsumsi daging sapi tanpa lemak, kacang merah, tahu, telur, sayur berdaun hijau tua, dan kacang-kacangan. Supaya mendapatkan energi yang optimal, tambahkan makanan yang kaya akan vitamin C sebagai penguat untuk metabolisme tubuh. 

5. Kesulitan untuk Berkata Tidak

Selain merasa lelah secara fisik, mental seseorang juga bisa merasakan kelelahan. Salah satu penyebabnya adalah ketika kamu menjadi people pleaser. Menyenangkan orang lain memang akan memberikan kepuasan dan kebahagiaan tersendiri bagi diri tiap orang. Namun, jika terlalu sering dilakukan, justru akan terasa melelahkan. Apalagi, ketika kamu mengorbankan banyak energi. 

Jika kebiasaan ini terjadi secara sering dan kamu menahan diri untuk berkata "tidak" pada orang lain, emosi di dalam tubuh pun bisa menumpuk. Semakin lama, rasa kesal dan marah itu bisa bertumbuh dari waktu ke waktu. Jadi, tidak apa-apa untuk menolak sesekali bila kamu benar-benar tidak menginginkannya. Tindakan ini akan mencegahmu dari rasa lelah yang memengaruhi kesehatan mental.

 

Sekian kebiasaan buruk yang perlu kamu perbaiki agar tubuh tidak mudah lelah. Sederhana, tetapi perlu kamu perhatikan lagi, ya! Kembangkan kebiasaan yang sehat untuk menjaga kesehatan diri agar tetap semangat hingga di penghujung hari. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading