Sukses

Lifestyle

Penyebab Kucing Buang Air Besar Sembarangan yang Harus Diketahui

Fimela.com, Jakarta Kucing adalah salah satu hewan yang paling banyak dipelihara manusia. Selain karena tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan, juga karena perawatan kucing termasuk cukup mudah.

Ada banyak ras kucing, seperti kucing persia atau kucing anggora. Sebagian orang memilih memelihara kucing berdasarkan rasnya. Namun ada pula yang memelihara kucing liar yang biasa ditemukan di pinggir jalan.

Namun kucing ras maupun kucing jalanan tetap sama-sama harus dirawat dengan sepenuh hati. Tidak hanya memberikan makanan dan menjaga kesehatannya saja, namun juga memenuhi kebutuhannya seperti menyediakan pasir yang bersih untuk tempat buang air.

Meskipun begitu, ternyata tak jarang kucing masih buang air besar tidak pada tempat yang telah disediakan. Jangan marah terlebih dahulu, ternyata hal ini dilakukan kucing bukan tanpa alasan. Berikut penjelasan mengenai penyebab kucing buang air besar sembarangan yang perlu kamu ketahui.

Penyebab Kucing Buang Air Besar Sembarangan

1. Masalah Kesehatan

Kucing yang buang kotoran sembarangan mungkin mengalami masalah kesehatan, seperti diabetes atau masalah ginjal. Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan produksi urin, membuat kucing sulit mengontrol buang air. Gangguan saluran kemih bagian bawah juga dapat menjadi penyebab, menyebabkan ketidaknyamanan saat menggunakan kotak pasir.

2. Kecemasan dan Stres

Kucing cenderung bereaksi terhadap perubahan lingkungan atau situasi tertentu dengan kecemasan dan stres. Misalnya, kecemasan perpisahan dapat terjadi ketika pemiliknya meninggalkan rumah untuk waktu yang lama. Stres juga dapat timbul dari perubahan lingkungan, seperti pindah rumah atau kehadiran hewan peliharaan baru.

3. Bau Kotak Sampah

Indera penciuman kucing yang sangat tajam membuat mereka sensitif terhadap bau. Jika kotak kotorannya tidak selalu bersih, atau jika ada bau tidak sedap dari kotoran sebelumnya, kucing mungkin mencari tempat lain yang lebih bersih untuk buang air.

 

Penyebab Lainnya

4. Lokasi Salah

Kucing adalah makhluk yang ingin memiliki privasi saat buang air. Jika kotak pasir ditempatkan di area dengan lalu lintas tinggi atau di dekat tempat tidur dan mangkuk makanannya, kucing mungkin merasa tidak nyaman dan memilih tempat lain yang lebih tenang.

5. Ukuran Kotak Pasir Salah

Ukuran kotak pasir yang tidak sesuai dapat menjadi sumber masalah. Kucing membutuhkan ruang yang cukup untuk melakukan aktivitasnya dengan nyaman. Jika kotak pasir terlalu kecil, kucing bisa merasa terbatas dan frustrasi, yang dapat mendorong mereka untuk mencari alternatif tempat untuk buang air. Pastikan kotak pasir memiliki ukuran yang cukup besar untuk kenyamanan kucing.

Itulah berbagai penyebab kucing buang air besar sembarangan. Jika memang kucingmu sedang sakit, sebaiknya segera periksakan ke dokter hewan agar bisa pulih kembali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading