Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Gratitude Journal, Cara Hidup Bahagia dengan Bersyukur Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Menulis jurnal sudah menjadi hobi baru bagi sebagian orang karena secara tidak langsung memiliki banyak manfaat. Terlebih lagi, untuk perkembangan kesehatan mental. Melalui kebiasaan tersebut, muncul istilah gratitude journal. Seperti namanya, jurnal ini berisikan rasa syukur terhadap segala hal yang telah terjadi di dalam kehdiupan. 

Serupa dengan menulis catatan harian pada umumnya, gratitude journal dapat dilakukan dengan menuliskan tiga hal yang disyukuri di pagi hari atau sebelum tidur. Namun, sebenarnya tidak ada aturan yang mengikat kebiasaan ini. Kamu juga bisa menuliskannya secara bebas sesuai keinginan. Apalagi, ketika kamu sangat ingin untuk mencurahkan atau menceritakan segala sesuatu. 

Lantas, apa manfaat yang bisa didapatkan saat kamu sudah menulis gratitude journal secara rutin? Diketahui dari sejumlah situs, inilah ulasan selengkapnya:

Manfaat Gratitude Journal untuk Kehidupan

1. Meningkatkan Kebahagiaan dan Pikiran Positif terhadap Diri Sendiri

Ketika menuliskan rasa syukur terhadap segala pengalaman yang telah dilalui, rasa cinta terhadap diri sendiri pun dapat meningkat. Hal ini erat kaitannya dengan menyemangati diri, terlebih ketika mengalami situasi yang sulit.

Saat kamu telah meluangkan sedikit waktu untuk mengapresiasi diri dan menikmati hal-hal kecil yang disyukuri, kamu pun akan merasa lebih bahagia. Emosi negatif akan semakin berkurang. Dikutip dari situs Byrdie, saat tengah berada dalam pikiran bahagia, maka tubuh dapat memicu endorfin sehingga emosi tersebut dapat dirasakan kembali. 

2. Mengubah Perspektif

Mencatat atau menuliskan hal sederhana yang disyukuri bisa mengubah perspektif agar menjadi lebih positif. Misalnya saja ketika kamu sedang mengalami hari yang buruk, kamu bisa mengalihkan pehatian dari hal negatif dan memfokuskan pada sesuatu yang positif. Kamu dapat merasakan pengalaman yang lebih baik untuk tingkatkan suasana hati agar lebih membaik.

3. Mengurangi Stres

Stres akan terasa sulit untuk dipisahkan dalam kehidupan. Namun, memiliki sikap bersyukur akan membantu dalam mengendalikan stres. Bila telah menghargai hal terkecil sedikit pun, kamu akan bisa merasa bahagia dan stres pun berkurang.

Dilansir dari situs Happify, orang yang bersyukur akan merawat diri mereka dengan lebih baik sehingga dapat mengelola stres dengan cara sehat. Oleh karena itu, menulis gratitude journal bisa menjadi cara untuk menghadapi segala sesuatu dengan perasaan yang lebih tenang. 

 

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Menuliskan rasa syukur juga bisa berperan untuk tingkatkan kualitas tidur. Kondisi ini bisa terjadi karena munculnya perasaan tenang dan jauh dari kecemasan. Saat telah meluangkan waktu untuk melakukan kebiasan ini, pikiran akan terasa lebih jernih. Maka dari itu, stres dan rasa cemas yang berkurang akan membuat tidur terasa lebih nyenyak.

5. Meningkatkan Percaya Diri

Ketika telah belajar untuk bersyukur dan menghargai banyak hal, maka kepercayaan diri pun bisa meningkat. Gratitude journal akan membantu untuk meningkatkan ketahanan diri. Oleh sebab itu, kebiasaan ini bisa mendorong kepercayaan diri karena kamu telah bisa melihat hal-hal baik pada diri sendiri. 

Sekian manfaat yang bisa didapatkan saat kamu telah membiasakan untuk menulis gratitude journal. Sederhana, tetapi secara tidak langsung bisa memberikan perubahan dan memunculkan energi positif untuk diri sendiri.

 

Penulis: Syifa Azzahra. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading