Sukses

Lifestyle

Tips Decluttering untuk Merapikan Dapur agar Penggunaan Ruang Lebih Optimal

Fimela.com, Jakarta Dapur adalah bagian ruangan yang terpenti di rumah. Hal ini dikarenakan dapur adalah ruangan dimana kita menyiapkan makanan untuk keluarga dan diri sendiri. Namun, dapur yang berantakan dan penuh barang tentu akan menjadi salah satu penghalang karena dapat membuat kita merasa tidak nyaman dan sulit untuk memasak.

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan decluttering dapur. Decluttering adalah kegiatan memilah-milah barang-barang yang ada di rumah, baik yang masih digunakan maupun yang sudah tidak digunakan lagi. Dengan melakukan metode ini dapur dapat terlihat lebih bersih karena kita mampu untuk mengurangi barang-barang yang tidak penting, alhasil dapur tampak lebih rapi. 

Apakah Sahabat FIMELA tahu kalau melakukan decluttering khususnya di dapur dapat memberikan dampak positif untuk dapur. Beberapa manfaatnya adalah lebih mudah untuk dibersihkan, mempercepat kita dalam membuat makanan, lebih tenang, dan hemat khususnya dalam food waste.  

Maka dari itu, tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah tips decluttering dapur ala modernminimalism.com.

Mengukur tingkat kekacauan dapur

Langkah pertama dalam merapikan dapurmu adalah menilai ruanganmu saat ini.

Lihatlah dapurmu dengan seksama dan perhatikan secara mental area-area yang sangat berantakan atau tidak teratur. Lakukan hal ini untuk mengidentifikasi area masalah terbesarmu dan membentuk gambaran perubahan yang ingin kamu lakukan.

Misalnya, jika kamu melihat bahwa meja dapurmu selalu berantakan dengan peralatan dan bahan makanan, kamu dapat mengidentifikasi area masalah tersebut sebagai meja dapur. Kamu dapat membuat gambaran perubahan dengan memutuskan untuk menyimpan peralatan di rak atau laci dan menyimpan bahan makanan di lemari es atau lemari dapur.

Dengan menilai dapurmu saat ini, kamu dapat membuat rencana yang efektif untuk merapikannya.

Merencanakan dan menyiapkan

Setelah kamu menilai kekacauan dapurmu, sekarang saatnya membuat rencana. Daftar periksa akan membuat proyek besar ini lebih mudah dikelola sekaligus membuatmu tetap fokus dan memberimu rasa pencapaian setiap kali kamu mencentang sesuatu.

Misalnya, kamu dapat membuat daftar periksa dengan kategori-kategori berikut:

  • Peralatan dapur         
  • Bahan makanan          
  • Peralatan makan       
  • Peralatan kebersihan           

Setelah kamu membuat daftar periksa, kamu dapat mulai memilah-milah barang-barangmu. Jika kamu menemukan barang yang tidak perlu, kamu dapat menyingkirkannya atau menyumbangkannya.

Dengan membuat daftar periksa dan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mengubah dapurmu menjadi lebih rapi dan fungsional.

Siapkan pertanyaan untuk diri sendiri

Saat kamu memeriksa barang-barang di dapur kamu, tanyakan pada diri Akamunda pertanyaan-pertanyaan berikut untuk membantu kamu menentukan apakah barang tersebut perlu disimpan atau tidak:

  1. Apakah saya masih menggunakan barang ini?           
  2. Apakah barang ini masih dalam kondisi baik?        
  3. Apakah barang ini masih sesuai dengan gaya hidup saya?      
  4. Apakah saya memiliki barang lain yang dapat menggantikan barang ini?    

Kamu juga dapat menggunakan daftar periksa kebutuhan dapur minimalis untuk membantu kamu menentukan barang-barang apa yang perlu kamu simpan. Daftar periksa ini dapat membantu kamu memastikan bahwa kamu memiliki semua yang kamu butuhkan untuk memasak dan makan dengan nyaman.

 

Penulis: Sherly Julia Halim.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading