Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Menjadi Morning Person, Baik untuk Kesehatan Tubuh!

Fimela.com, Jakarta Menjadi morning person merupakan awal yang tepat untuk menumbuhkan kebiasaan baik setiap harinya. Untuk mempertahankan rutinitas ini, sebenarnya kamu hanya perlu untuk melakukannya secara rutin dan teratur. Hal ini disebabkan karena pola tidur dan bangun sudah tertanam di dalam diri sehingga pikiran seseorang akan mengetahui kapan waktunya untuk tidur di malam hari dan bangun di pagi hari. 

Morning person adalah sebutan yang ditujukan pada seseorang yang terbiasa untuk bangun lebih awal dan melakukan aktivitas pada pagi hari. Dengan melakukan lebih banyak aktivitas di pagi hari, maka pikiran akan terasa lebih segar dan produktif. Ekstra waktu yang dimanfaatkan ini akan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk berpikir kreatif, berolahraga, dan menghabiskan waktu untuk merawat diri sendiri. Mengubah hal kecil pada diri sendiri apabila dilakukan secara konsisten bisa memberikan dampak yang positif secara berkepanjangan. Apa saja ya manfaat yang bisa diperoleh dari kebiasaan ini? 

Manfaat Menjadi Seorang Morning Person

Diketahui dari Insider, inilah manfaat-manfaatnya:

1. Menjadikan Pribadi yang Lebih Bahagia 

Bangun lebih awal dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Apalagi, dipengaruhi oleh paparan sinar matahari yang lebih banyak, maka suasana hati pun bisa lebih membaik. Bangun lebih awal juga bisa membuat pikiran menjadi jernih. Dengan begitu, seseorang bisa menyimpan lebih banyak energi untuk menghabiskan waktu lebih awal, misalnya dengan meditasi dan berolahraga. 

2. Menjadi Lebih Produktif

Memulai hari dengan energi baik dan positif akan meningkatkan mood sehingga bisa lebih produktif. Hal ini disebabkan karena pikiran yang masih segar akan lebih termotivasi untuk mengerjakan tugas sulit terlebih dahulu. Selain itu, di pagi hari kamu juga bisa membuat to do list secara detail untuk mengetahui kegiatan apa saja yang diperlukan dalam sehari penuh. Perencanaan tersebut bisa membuat harimu menjadi lebih terorganisir dan produktif. 

3. Berat Badan yang Berkurang

Menjadi morning person akan memberi peluang untuk memanfaatkan waktu yang berkualitas di pagi hari. Sisihkan waktu untuk berolahraga, meski tidak dalam waktu yang lama. Dengan menerapkan aktivitas fisik di pagi hari tersebut, maka berat badan bisa berkurang dan kesehatanmu bisa tetap terjaga di tengah kesibukan. Memperoleh sinar matahari yang cukup juga sangat baik untuk mempertahankan kesehatan tubuh.

 

 

4. Meningkatkan Motivasi 

Mempertahankan motivasi bukanlah perkara yang mudah, setiap orang akan ada masanya untuk kehilangan motivasi. Pada hakikatnya, motivasi tidak akan bertahan dengan selamanya. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk bisa membangkitkan kembali motivasi tersebut, seperti dengan mengisi ulang energi pada pagi hari. Di awal hari, kamu bisa memulai dengan afirmasi positif supaya tetap termotivasi untuk jalani aktivitas hingga penghujung hari.

5. Meningkatkan Kesehatan Mental 

Saat di pagi hari, pikiran bisa terasa lebih rileks dan kamu dapat menghargai waktu untuk diri sendiri. Mencoba untuk bangun lebih awal ini bisa mengurangi diri dari rasa lelah, apalagi jika kamu memiliki kualitas tidur yang cukup. Menurut penelitian dari Nature Communication, seorang morning person bisa memiliki kesehatan metal yang lebih baik. Berbeda dengan night owl yang bisa memiliki risiko tinggi untuk mengalami masalah kesehatan mental. 

Mudah dilakukan, tetapi sulit untuk mempertahankannya, ya! Dengan adanya niat dan keinginan dari diri sendiri, kamu pun tetap bisa menjadikannya sebagai kebiasaan, apalagi tubuhmu dapat bekerja sebagai alarm pengingat untuk pikiran agar segera beristirahat di malam hari dan beranjak bangun lebih cepat di pagi hari. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

 

 

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading