Sukses

Lifestyle

5 Rekomendasi Destinasi Wahana Hiburan di Dunia yang Ramah Difabel

Fimela.com, Jakarta Ketika berbicara tentang wahana hiburan, yang muncul dalam pikiran kita adalah wahana-wahana yang dapat memicu adrenalin, salah satunya seperti roller coaster. Akan tetapi, roller coaster tidak begitu ramah bagi penyandang disabilitas, khususnya bagi para pengguna kursi roda. 

Taman hiburan yang bagus tentunya tidak hanya berisi wahana yang memicu adrenalin saja. Seperti namanya, taman hiburan harus menjadi sarana hiburan bagi semua orang, termasuk orang-orang penyandang disabilitas. Meskipun tidak bisa menikmati wahana ekstrim, seperti roller coaster atau perosotan air dengan kecepatan tinggi, para difabel berhak bersenang-senang di taman bermain. 

Sayangnya, pada kenyataannya, masih ada banyak taman hiburan yang kurang ramah bagi difabel. Kurangnya aksesibilitas seperti, termasuk kurangnya rampa, lift, atau akses yang sesuai untuk kursi roda, atau kurangnya perhatian terhadap kebutuhan orang dengan berbagai disabilitas, dapat menimbulkan berbagai masalah. Meskipun begitu, jangan khawatir, masih ada taman hiburan yang menyediakan fasilitas ramah difabel.

Jika Sahabat  Fimela memutuskan ingin pergi bersenang-senang ke wahana hiburan, simak informasi ini. Berikut adalah daftar rekoemdasi tempat wahana hiburan di dunia yang menyediakan fasilitas ramah difabel.

1. Disney World Florida

Disney World merupakan taman bermain hiburan paling terkenal. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Disney World memberikan aksesibilitas yang baik. Disney World di Florida memiliki empat taman hiburan terpisah: Magic Kingdom, Epcot, Hollywood Studios, dan Animal Kingdom. Setiap taman menyediakan wahana yang dapat diakses oleh pengguna kursi roda. 

Dilansir dari The Points Guy, Disney World menyediakan layanan Disability Access Service (DAS) bagi pengunjung difabel di setiap tamannya. Layanan ini tersedia di Guest Relations di setiap pintu masuk taman. Dengan DAS, pengunjung difabel dapat mendekati setiap wahana dan pertunjukkan serta akan diberikan waktu kembali, sehingga tidak perlu menunggu dalam antrian panjang di setiap wahana dan pertunjukkan.

2. Universal Studio Singapore

Universal Studio Singapore juga bisa menjadi pilihan bagi penyandang disabilitas untuk bersenang-senang. Area jalanan pada Universal Studio Singapore sudah dirancang ramah bagi difabel, terutama para pengguna kursi roda. Taman hiburan ini juga menyediakan lift yang mudah diakses. Tak ketinggalan, toiletnya pun juga sudah dirancang ramah untuk difabel.

Universal Studio Singapore bahkan mempunya wahana dan pertunjukkan yang bisa dinikmati oleh penyandang disabilitas. Wahana tersebut di antaranya adalah Madagascar Crate Adventure, Treasure Hunter, Sesame Street. Sementara itu, untuk pertunjukannya adalah Stephen Spielberg, Camera, Light and Action, Donkey Show, WaterWorld, dan Special performance dance on the street. 

Bagi yang memerlukan kursi roda, Universal Studio Singapore menawarkan sewa kursi roda. Selain itu, wahana bermain ini juga menyediakan mobil listrik untuk penyandang disabilitas.

3. Disneyland Hong Kong dan Disneyland Paris

Taman hiburan yang ramah bagi difabel adalah Disneyland, terutama Disneyland Hong Kong dan Disneyland Paris. Disneyland Hong Kong menyediakan layanan khusus bagi penyandang disabilitas. Salah satunya adalah mengintegrasikan bahasa isyarat ke dalam pertunjukkan musikal regulernya, yaitu Mickey and the Wondrous Book.

Selanjutnya, Disneyland Paris juga menjadi taman hiburan yang menyediakan layanan inklusif. Disneyland Paris menyediakan Virtuoz yang bisa membantu penyandang disabilitas, khususnya tunanetra. Dilansir dari Dapsmagic, perangkat ini dilengkapi dengan deskripsi audio tentang atraksi, restoran, dan pertunjukan tertentu, interpretasi dalam bahasa isyarat Prancis dan untuk pertunjukan tertentu, penggunaan panduan dan peta aksesibilitas, serta kartu akses prioritas. Tablet dan headphone Vrtuoz ini tersedia tanpa perlu reservasi lebih dulu di pintu masuk Disneyland.

Sama seperti Disney World, Disneyland juga menawarkan layanan Disability Access Service atau DAS. Dengan layanan itu, para difabel bisa menikmati atraksi atau wahana tanpa mengantri. 

4. Morgan’s Inspiration Island

Morgan’s Inspiration Island merupakan sebuah waterpark yang inklusif. Berbeda dengan waterpark konvensional, Morgan's Inspiration Island sepenuhnya dapat diakses dan menawarkan pengalaman yang menyenangkan bagi penyandang disabilitas. Dengan lima area splash pad, taman ini menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi semua pengunjung, termasuk para difabel. Selain itu, terdapat wahana perahu sungai yang dirancang khusus agar dapat diakses oleh pengguna kursi roda.

Fasilitas lain yang disediakan mencakup ruang ganti yang sepenuhnya dapat diakses oleh pengunjung berkebutuhan khusus, dilengkapi dengan meja ganti berukuran dewasa dan lift Hoyer untuk berpindah. Salah satu fitur yang paling menarik adalah adanya kursi roda berdaya udara atau pneumatic chairs. Kursi ini, yang tersedia secara gratis, dapat dikendarai dengan menggunakan joystick, mirip dengan kursi roda motor, dan dirancang untuk tahan terhadap perendaman lengkap.

5. Dufan

Tidak perlu jauh-jauh, Indonesia juga punya taman hiburan yang ramah difabel, yaitu Dunia Fantasi atau yang biasa disebut Dufan. Dufan menyediakan layanan pendamping bagi para penyandang disabilitas. Area jalanan Dufan bisa diakses dengan nyaman oleh pengguna kursi roda. Disediakan juga toilet khusus disabilitas yang dapat diakses di beberapa area.

Terdapat beberapa wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung difabel. Wahana-wahana tersebut tentunya bukan wahana yang ekstrem. Beberapa wahana tersebut adalah Istana Boneka, Turangga-Rangga, dan Bianglala.

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading