Sukses

Lifestyle

Jelang Liburan Akhir Tahun, Begini 5 Tips Traveling Anti Boncos

Fimela.com, Jakarta Menjelang akhir tahun, banyak dari kita merasakan euforia liburan yang semakin dekat. Idealnya, momen ini menjadi waktu yang tepat untuk mengambil cuti dan merencanakan liburan bersama orang terdekat. Namun, sayangnya, kegembiraan ini seringkali diikuti oleh penyesalan finansial karena kurangnya perencanaan keuangan yang baik. 

Sering kali kita tidak menyadari bahwa kurangnya perencanaan dapat mengakibatkan pengeluaran berlebihan atau bahkan menguras tabungan sepanjang tahun. Ditambah perilaku impulsif selama liburan juga dapat berdampak negatif pada kondisi keuangan pribadi. 

Jangan sampai liburan akhir tahun menjadi pemicu keuangan kita terganggu di tahun berikutnya. Untuk itu, simaklah beberapa tips traveling anti boncos berikut ini!

1. Pelajari destinasi yang dikunjungi

Langkah pertama yang paling penting dalam merencanakan liburan adalah menentukan destinasi yang sesuai dengan kondisi keuangan. Sebelumnya, lakukan riset mendalam dengan membaca artikel, menonton review, dan mempelajari segala hal tentang destinasi yang dipilih. Hindari godaan untuk menghabiskan lebih dari kemampuan dengan mempertimbangkan alternatif yang lebih ekonomis. 

Sebagai contoh, jika Sahaabt Fimela menyadari bahwa keadaan keuanganmu tidak memungkinkan untuk pergi ke luar negeri, jangan tergoda untuk menggunakan metode pembayaran seperti paylater atau cicilan. Pilihlah destinasi liburan dengan bijak dan sesuai dengan budget. Sahaabt Fimela juga dapat pertimbangkan opsi destinasi yang belum banyak dijelajahi, atau yang sekarang sering dikenal juga sebagai hidden gem. Tips ini bisa menyelamatkanmu dari liburan di luar budget karena biasanya biaya yang diperlukan tidak terlalu tinggi.

2. Membuat budget plan yang rinci

Setelah menetapkan destinasi, langkah selanjutnya adalah membuat rencana anggaran yang terperinci. Rincikan setiap kebutuhan, mulai dari biaya akomodasi, transportasi, makanan, tempat wisata, hingga belanja oleh-oleh. Dengan demikian, Sahabat Fimela dapat memiliki gambaran jelas tentang jumlah uang yang diperlukan selama liburan. Jangan lupa juga untuk menambahkan anggaran untuk pengeluaran tidak terduga.

Salah satu format budget plan yang mudah adalah membagi pengeluaran berdasarkan tanggal pergimu. Dari setiap harinya, tuliskan aktivitas yang akan dilakukan dan selalu catat pengeluaran berdasarkan kategori. Setelah membuat ini menjadi suatu tabel, Sahabat Fimela bisa isi masing-masing kategori dengan estimasi biaya yang akan dikeluarkan. 

Dengan pendekatan tersebut, Sahaabt Fimela bisa lebih mudah melacak pengeluaran harian kamu saat liburan nanti. Kisaran total harian dan total keseluruhan perjalanan juga akan terlihat melalui metode ini.

3. Membuka tabungan khusus

Selanjutnya, Sahabat Fimela juga bisa membuka tabungan atau rekening khusus untuk keperluan traveling. Disiplin dalam menyisihkan dana khusus ini dapat membantumu memantau pengeluaran liburan dengan baik. Idealnya, mulailah menabung setelah menetapkan destinasi dan merinci budget. Semakin awal memulai tabungan, semakin besar uang yang dapat dikumpulkan. 

Agar konsisten dalam menabung, Sahabat Fimela bisa mengatur transfer otomatis dari rekening gaji ke rekening traveling setiap bulan. Selain itu, Sahaabt Fimela juga dapat menggunakan aplikasi atau spreadsheet untuk melacak kemajuan tabungan. Pantau dan evaluasi secara berkala untuk memastikan bahwa kamu tetap berada di jalur menuju target.

4. Kelola uang dengan bijak selama pergi

Tiba saat Sahabat Fimela harus berangkat, selalu ingat untuk bersikap bijak dalam mengelola uang. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah untuk mengalokasikan sejumlah cash agar Sahabat Fimela dapat membatasi pengeluaran dan membantu kamu menjadi lebih disiplin. Selain itu, Sahabat Fimela juga dapat memanfaatkan aplikasi atau tools keuangan yang dapat membantumu melacak pengeluaran secara real-time dan memberikan insight tentang bagaimana uangmu digunakan.

Jika pada akhirnya melampaui budget yang telah ditetapkan di awal, tak perlu panik! Sebaliknya, ambil waktu sejenak untuk mengevaluasi kembali, seberapa jauh kamu dapat melebihi anggaran yang sudah dibuat. Idealnya, pengeluaran berlebih tersebut tetap berada dalam batas 10 persen dari total budget awal. 

Dengan menjaga pengeluaran lebih dalam batas yang wajar, Sahabat Fimela tetap dapat menjaga keseimbangan finansial selama dan setelah liburan tanpa rasa cemas. Hal ini juga memberikan ruang untuk penyesuaian tanpa mengganggu cash flow. 

5. Selalu siap siaga

Selain melakukan persiapan yang matang, asuransi kesehatan juga memegang peran penting untuk memastikan liburan yang aman dan nyaman. Meskipun kita tidak mengharapkan insiden negatif, memiliki asuransi kesehatan adalah langkah antisipatif yang penting. Salah satu solusi asuransi kesehatan yang dapat Sahabat Fimela gunakan adalah MiUltimate HealthCare (MiUHC) dari Manulife Indonesia. 

MiUHC dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai kejadian tak terduga seperti kecelakaan atau sakit mendadak saat berlibur. MiUHC juga dapat dimanfaatkan saat berada di luar negeri, seperti penanggungan biaya rumah sakit dan rawat inap. Dengan perlindungan kesehatan yang memadai, Sahabat Fimela dapat menjalani liburan tanpa harus mengkhawatirkan biaya pengobatan tidak terduga.

Langkah-langkah di atas memungkinkan kita menjalani liburan tanpa beban finansial serta dapat memastikan setiap momen perjalananmu berkesan dan tanpa penyesalan. Kebahagiaan dalam liburan akan berlipat ketika kita dapat menikmati setiap detiknya tanpa harus merasa khawatir tentang masalah finansial. Penting untuk memastikan adanya proteksi yang cukup untuk melindungi cash flow setelah liburan selesai. Selamat berlibur akhir tahun!

 

Penulis: Denisa Aulia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading