Sukses

Lifestyle

Mulai Aksi 21 Hari Cintai Bumi dari Rumah, Ikuti Langkah Sederhana Ini!

Fimela.com, Jakarta Dampak perubahan iklim semakin terasa dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari suhu panas ekstrem hingga banjir dan tanah longsor di mana-mana saat musim hujan tiba. Hal ini seharusnya membuat banyak orang lebih sadar untuk lebih merawat bumi. Pergantian tahun 2023 jadi momentum yang tepat untuk mulai resolusi untuk bumi dengan melakukan perubahan gaya hidup seperti yang diinisiasi oleh Blibli. 

Ya, Blibli Tiket Action berbagi tips tentang cara mengadopsi gaya hidup yang lebih hijau dengan langkah 21 hari agar lebih mencintai bumi yang bisa dimulai dari rumah. Mengapa harus 21 hari? Menurut Maxwell Maltz, seorang dokter bedah asal Amerika dalam bukunya berjudul Psycho-Cybernetics menyebutkan bahwa manusia perlu 21 hari untuk mengubah kebiasaan dan membentuk kebiasaan baru.

Jadi, apa saja sih hal kecil yang bisa kamu lakukan di rumah tapi ternyata bisa memberikan dampak pada bumi?

Langkah Kecil di 3 Hari Pertama

Langkah sederhana yang bisa kamu lakukan di 3 hari pertama adalah dengan memilah sampah. Kesannya sepele, tapi sampah organik dan non organik yang dicampur bisa menyulitkan proses daur ulang, yuk waktunya belajar memilah!

Cara memilah sampah yang benar bisa dimulai dengan pisahkan dulu sampah organik dan non organik. Sampah organik terdiri dari makanan, kulit buah, sisa bahan-bahan masakan, hingga daun-daunan. Jenis sampah ini bisa didaur ulang menjadi pakan ternak, biogas, dan pupuk. 

Sementara itu, yang termasuk sampah non organik adalah botol plastik, kaleng, tas kresek dan jenis sampah plastik lainnya. Nah, untuk sampah ini bisa kamu pisahkan sesuai dengan masing-masing kategori turunannya. 

Dengan melakukan pilah sampah dengan benar, artinya memudahkan untuk melakukan daur ulang dan bisa memberikan dampak positif untuk bumi.

Tingkatkan Aksi Selama 7 Hari

Jika sudah bisa konsisten memilah sampah selama 3 hari, sekarang waktunya untuk meningkatkan aksi nyata ke tahap yang lebih jauh lagi. Memasuki hari ke-4, ikuti 7 days challenge yang fokus pada pengurangan plastik sekali pakai. 

Banyak langkah kecil yang bisa dimulai sebagai kebiasaan sehari-hari dari rumah. Misalnya saja dengan menggunakan kemasan plastik sekali pakai dengan wadah yang bisa digunakan berulang kali, seperti wadah untuk menyimpan bumbu dapur dan bahan lainnya. Selain itu, biasakan juga membawa tumbler saat keluar rumah untuk wadah membeli kopi atau minuman lain yang bisa membantu mengurangi sampah plastik.  Langkah kecil ini dapat memberikan kemajuan berarti untuk bumi, lho! 

14 Hari Fokus pada Penggunaan Energi Efisien

Selanjutnya, kamu bisa menciptakan rumah yang ramah lingkungan dengan fokus pada efisiensi energi. Misalnya, dengan mematikan peralatan elektronik seperti AC, TV, hingga lampu saat sudah tidak digunakan. Buka pintu dan jendela di pagi hari, selain supaya terjadi pergantian udara, cara ini juga membantu membuat kondisi rumah lebih terang dengan cahaya alami tanpa harus menggunakan lampu. 

Efisiensi penggunaan energi juga bisa dilakukan dengan memperhatikan pemakaian air. Misalnya dengan menutup keran yang sudah tidak dipakai dan beralih mandi menggunakan shower agar lebih menghemat air.

Maksimalkan 21 Hari dengan Prinsip Keberlanjutan di Setiap Aspek Hidupmu

Setelah terbiasa melakukan berbagai aksi nyata di tahapan sebelumnya, sekarang waktunya maksimalkan tantangan 21 hari dengan menerapkan prinsip keberlanjutan di setiap aspek hidupmu. Bisa dilakukan dengan hal mudah seperti belanja dan masak makanan secukupnya untuk mencegah food waste

Nggak hanya dilakukan selama 21 hari. Berbagai kebiasaan baik di atas juga perlu diteruskan untuk menjaga dan merawat lingkungan karena sekecil apapun kontribusi yang dilakukan bisa membantu mewujudkan bumi yang lebih baik. Jadi, tunggu apa lagi? Act Now, Inspire Others, Live Sustainably! Info lengkap klik di sini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading