Sukses

Lifestyle

4 Cara Berikut Bantu Kamu Atur Mindset untuk Cegah Insecure

Fimela.com, Jakarta Insecure atau insekyur merupakan pemikiran negatif yang dapat membuatmu meragukan diri sendiri. Rasa insekyur ini dapat muncul pada berbagai hal-hal yang kamu jalani seperti hubungan asmara yang dijalani, pekerjaan, bentuk tubuh, hingga kemampuan dalam bersosialisasi. Hal-hal tersebut dikemukakan oleh Sabrina Romanoff seorang psikolog klinis dan profesor Yeshiva University.

Berdasarkan penelitian dari American Psychological Association, rasa insecure membuat seseorang kesulitan untuk mempercayai orang lain serta menjalin hubungan yang sehat. Percaya diri pada kemampuan serta capai tujuan yang ingin kamu raih menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, kamu juga akan sulit merasa nyaman serta terus menerus merasa gugup, panik, hingga tidak berani mencoba hal-hal lain.

Setiap orang yang mengalami insecure memiliki pengalaman yang berbeda-beda, ada yang karena trauma akan masa lalu mulai dari korban bullying atau berada dalam hubungan yang toksik, hingga budaya dan lingkungan yang mengikat. Efek sampingnya, orang yang insecure akan kesulitan untuk berkarya hingga menunjukkan potensi diri yang dimiliki. Akibatnya, mereka juga akan mengalami gangguan kesehatan mental.

Bagaimana cara mengatur mindset kita agar mencegah datangnya insecure? Berikut 4 tips mengatur mindset agar mencegah datangnya insecure dari Verywell mind.

Cara mengatur mindset agar mencegah datangnya insecure

Dr. Romanoff menyarankan beberapa cara untuk mengatur mindset dan meningkatkan kepercayaan diri serta dapat mengurangi dan mencegah insekyur, berikut caranya:

1. Identifikasi hal-hal yang dapat mentrigger rasa insecure

Coba untuk memperhatikan berbagai situasi yang dapat mendatangkan rasa insekyur dan buat catatan dari hal-hal yang kamu alami. Kamu bisa menuliskannya dalam bentuk jurnal sehingga dapat lebih mudah dalam mentrack bagian yang ingin kamu dalami dan ubah.

2. hadapi rasa negatif diri dengan melakukan self-talk

Setelah kamu lebih aware dengan apa yang kamu rasakan dari alam bawah sadarmu. Sangatlah penting untuk menghadapi pikiran-pikiran negatif yang kamu hadapi. Semisal pikiranmu berkata "Jangan mencoba menari karena jika tarianmu buruk semua orang akan menertawakanmu." Kamu bisa menghadapinya dengan, "Aku belajar menari karena aku suka menari dan menari merupakan hal yang mengasyikan."

3. Fokus dengan kelebihanmu

Orang-orang yang kesulitan untuk percaya diri akan merasa bias tentang apa yang mereka yakini, mereka yakin tidak bisa melakukan apapun. Daripada tidak yakin, lebih baik kamu fokus dengan hal-hal yang bisa kamu lakukan di bidang yang kamu kuasai atau di area yang ingin kamu tingkatkan.

4. Tingkatkan rasa kepercayaan diri

Coba untuk tingkatkan rasa kepercayaan diri ketika kamu merasa benar-benar mampu melakukannya. Semisal ketika kamu mampu mempresentasikan suatu materi, memberikan sambutan, atau dapat mengatasi permasalahan dengan baik. Lihat juga bagaimana pola body language dan cara berpikir juga akan meningkatkan kepercayaan diri.

Dari keempat cara di atas ini kamu bisa mengatasi rasa insecure yang ada dan dapat menanggulanginya dengan baik. Akan tetapi, jika memang sudah saatnya membutuhkan pertolongan, jangan sungkan untuk pergi memeriksakan diri kepada spesialis profesional agar dirimu dapat terbantu dan tertangani dengan baik.

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Unlocking the Limitless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading