Sukses

Lifestyle

5 Cara Ampuh untuk Membuat Cucian Harum Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Ketika mencuci, pasti Sahabat FIMELA menggunakan deterjen untuk memberikan wangi harum pada pakaian. Deterjen berfungsi sebagai pembersih pakaian sekaligus pengharum. Namun, seringkali hasil cuciannya berbau tidak enak, cenderung apek, walaupun sudah menggunakan deterjen. 

Apakah penggunaan deterjen saja cukup dalam mencuci pakaian? Tentu tidak. Terdapat langkah-langkah lain yang harus ditempuh agar pakaian Sahabat FIMELA dapat harum sepanjang hari.

Mulai dari pemilihan deterjen, teknik mencuci, hingga cara penyimpanan turut memengaruhi kualitas wangi pakaian Sahabat FIMELA. Ada apa saja?

5 Cara ampuh untuk membuat cucian harum tahan lama

1. Pilihlah jenis deterjen yang tepat

Pilihlah deterjen yang sesuai dengan bahan pakaian yang dicuci. Terdapat beberapa jenis deterjen, antara lain deterjen cair, deterjen bubuk, hingga deterjen yang berbentuk krim. Deterjen bubuk dipercaya lebih menghasilkan cucian yang bersih dibandingkan dengan deterjen-deterjen lainnya. Deterjen cair merupakan pilihan yang lebih efisien jika ingin mencuci dalam kuantitas yang banyak. Lalu, deterjen krim biasanya digunakan untuk mencuci menggunakan tangan guna menghilangkan noda pada pakaian. Dengan pemilihan deterjen yang tepat, fungsi dari deterjen akan bekerja secara optimal pada pakaian-pakaian Sahabat FIMELA, seperti dilansir dari Wilton London.

2. Tambahkan softener

Fungsi utama dari softener adalah sebagai pelembut pakaian. Namun, selain berguna sebagai pelembut, softener juga berfungsi sebagai penguat wangi pada pakaian yang datang dari deterjen. Pastikan pemberian softener pada pakaian dilakukan saat sudah mendekati tahap akhir proses mencuci agar softener tidak banyak terbilas dan terbuang.

3. Segera keluarkan cucian dari mesin cuci setelah selesai dicuci

Cucian basah yang terlalu lama didiamkan di dalam mesin cuci akan menyebabkan perkembangan bakteri. Hal itu akan membuat cucian Sahabat FIMELA menjadi berbau tidak sedap. Bau tersebut akan sulit hilang walaupun sudah dikeringkan. Maka dari itu, segera keluarkan dan jemur pakaian sesaat setelah proses mencuci selesai.

4. Simpan cucian saat sudah benar-benar kering

Jika Sahabat FIMELA menyimpan cucian dalam kondisi lembab, bakteri akan tumbuh dan akan menyebabkan bau apek. Pastikan cucian Sahabat FIMELA betul-betul kering sebelum nantinya disimpan di dalam lemari.

5. Simpan di tempat yang sejuk 

Simpan pakaian di dalam tempat yang sejuk untuk menghindari pakaian kembali menjadi basah atau lembab. Dengan menyimpan di tempat yang sejuk, udara akan tetap mengalir dan membuat wangi pakaian tidak menjadi apek. 

 

Penulis: FIMELA Karina Alya.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading