Sukses

Lifestyle

Tips Menabung 1 Juta per Bulan, Gunakan 4 Strategi ini!

Fimela.com, Jakarta Menabung merupakan salah satu kebiasaan yang penting untuk mencapai kesehatan finansial. Dengan menabung, seseorang dapat mengumpulkan dana darurat, uang pensiun hingga membeli sesuatu yang diidamkan.

Akan tetapi, urgensi untuk memenuhi kebutuhan hidup seringkali mengalahkan alasan untuk memulai budaya menabung. Hal itulah yang mungkin membuat sebagian orang merasa bahwa menabung merupakan hal yang lumayan sulit, apalagi jika targetnya mencapai jumlah yang lumayan besar, misalnya 1 juta per bulan. 

Meskipun terlihat menantang, dengan strategi yang tepat, menabung 1 juta tiap bulannya bisa menjadi suatu hal yang achievable. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu menabung 1 juta per bulan.

4 Tips agar Bisa Menabung 1 Juta per Bulan

Sisihkan Gaji di Awal Bulan

Tips pertama yang bisa membantu kamu mencapai target menabung adalah dengan menyisihkan gaji segera setelah kamu menerimanya. Cobalah untuk menetapkan jumlah yang akan kamu tabung sebagai prioritas utama begitu gaji masuk. Dengan cara ini, kamu akan terhindar dari kecenderungan untuk menghabiskan uang terlebih dahulu sebelum menabung.

Gunakan Celengan Target

Salah satu metode yang efektif untuk membantu kamu mencapai target menabung adalah dengan menggunakan celengan target. Buatlah target spesifik tentang berapa jumlah tabungan per bulan, lalu letakkan uang ke dalam celengan khusus menabung. Selain itu, kamu juga bisa membelinya di e-commerce favoritmu. Sebab, celengan target sudah banyak dijajakan secara online dengan harga Rp3.000–Rp20.000.

Manfaatkan Fitur Pisah Account pada Bank Digital

Tips ketiga, gunakanlah fitur pisah target dari bank digital. Saat ini, berbagai merek bank digital menawarkan fitur yang memudahkan kamu dalam mengatur keuangan, termasuk fitur pisah account. Dengan fitur ini, kamu dapat membuat beberapa rekening tabungan terpisah untuk tujuan yang berbeda, salah satunya untuk menabung. Pisahkan uang yang akan kamu tabung dari rekening kebutuhan sehari-hari. Hal ini akan membantu kamu untuk lebih fokus dan disiplin dalam menabung.

Punya Side Income yang Penghasilannya Khusus untuk Ditabung

Di samping mengumpulkan gaji bulanan, kamu juga bisa mencari income tambahan guna mencapai target tabungan. Cobalah cari peluang side income, seperti menjalankan bisnis kecil-kecilan, freelancer, atau menginvestasikan uang dalam instrumen investment. Kamu dapat mengalokasikan seluruh pendapatan side income untuk menabung dengan cepat.

Sahabat Fimela, target menabung 1 juta per bulan mungkin terdengar tidak mudah. Namun, jika dibarengi dengan komitmen kuat dan strategi yang tepat, hal tersebut tentu bukan mustahil. Kamu bisa mulai dari menetapkan financial goals yang realistis, menyusun perencanaan, serta berkomitmen untuk konsisten dalam menabung!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading