Sukses

Lifestyle

5 Tips agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar saat Bulan Puasa

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadhan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Selama bulan penuh berkah ini, umat muslim akan berpuasa. Tidak hanya menahan makan dan minum, mereka juga berpuasa menahan hawa nafsu.

Walaupun waktu untuk makan dibatasi, tetapi Sahabat Fimela tidak boleh membuang energi dengan bermalas-malasan. Oleh karena itu penting untuk menjaga kebugaran tubuh saat bulan puasa. Agar semua kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik, juga berpuasa dengan maksimal. Berikut adalah 5 tips yang telah Fimela rangkumkan agar tubuh tetap sehat saat bulan puasa:

1. Istirahat yang Cukup

Agar tubuh tetap bugar, istirahat yang cukup sangat diperlukan. Istirahat akan memulihkan energi agar dapat menjalani hari secara maksimal. Saat berpuasa, hendaknya tidur yang cukup sekira 7-8 jam per hari dan tidak dianjurkan untuk begadang. Bukan terlalu banyak tidur atau bermalas-malasan.

2. Minum yang Cukup

Walaupun sedang berpuasa, kebutuhan air dalam tubuh tetap haus dipenuhi. Sahabat Fimela yang berpuasa dapat minum air dengan aturan 8 gelas setiap harinya agar tetap terhidrasi.Tapi hindari minuman berkafein karena dapat menganggu waktu istirahat. Saat sahur atau buka, makan buah-buahan yang kaya air seperti jeruk, semangka, melon, dan tomat juga direkomendasikan untuk menambah cairan dalam tubuh.

3. Porsi Makan yang Seimbang

Saat sahur dan berbuka tidak perlu makan secara berlebihan. Makan dengan porsi yang cukup dengan nutrisi yang seimbang, minimal mencakup karbohidrat, protein, dan tidak lupa sayuran dan buah. Porsi dan nutrisi yang seimbang dapat membantu Sahabat Fimela agar berpuasa dengan lancar dan tubuh juga tetap sehat.

4. Olahraga Ringan

Banyak yang berpikiran bahwa saat puasa sebaiknya tidak melakukan banyak gerak, termasuk olahraga. Tapi yang direkomendasikan adalah sebaliknya. Jangan karena berpuasa malah menjadikan diri menjadi malas bergerak. Olahraga ringan tetap diperlukan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Contohnya adalah berjalan ringan, berenang, bersepeda, push up, squat, atau mengangkat beban ringan.

5. Kelola Stres dengan Baik

Saat berpuasa, tidak jarang orang akan stres. Pengelolaan stres yang baik diperlukan agar dapat menajlankan puasa dengan maksimal. Lakukan kegiatan yang dapat membantu mengelola stres, seperti meditasi atau mendengarkan musik yang menenangkan. Juga meluangkan waktu dengan berbincang santai dengan orang terkasih. Hindari hal-hal yang berpotensi meningkatkan stres

Berpuasa tidak boleh menjadi penghambat Sahabat Fimela agar tetap bugar. Berikut tadi adalah tips yang dapat dilakukan agar tubuh tetap bugar saat berpuasa. Semoga informasi tadi berguna ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading