Sukses

Lifestyle

Tips Keamanan Digital untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Dunia sudah semakin canggih, teknologi sudah semakin akrab dengan manusia. Segala aktivitas rasanya sudah dimasuki oleh teknologi. Kemudahan demi kemudahan kerap ditemui berkat kehadiran teknologi di tengah kehidupan manusia. Namun, sayangnya bentuk kejahatan digital menjadi hal yang sering dialami oleh banyak lapisan masyarakat, termasuk anak-anak.

Sudah menjadi tugas orangtua untuk melindungi buah hatinya dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang mengambil kesempatan jahat pada anak-anak. Pengawasan ketat terhadap gawai yang digunakan oleh anak-anak harus dilakukan secara terus-menerus. Kembali disayangkan bahwa bentuk kejahatan digital yang menyerang anak terus berevolusi. Kini, ditemukan kerentanan yang terdapat pada mainan pintar anak. 

Ancaman Keamanan Digital Anak

Para peneliti Kaspersky menemukan bahwa anak-anak merupakan sasaran potensial para penjahat di dunia maya. Dengan ditemukannya kerentanan pada robot berbasis Android ini, risiko yang mengancam adalah pengambilan data sensitif, seperti nama, jenis kelamin, usia, hingga lokasi. Robot canggih ini dilengkapi oleh kamera dan mikrofon internal. Selain itu, robot ini juga menggunakan kecerdasan buatan untuk berinteraksi dengan anak hingga untuk menyesuaikan respons dengan kondisi hati anak.

Robot berbasis Android ini harus dihubungkan ke jaringan Wi-Fi, lalu dihubungkan ke perangkat seluler, dan memberikan nama serta usia dari sang anak. Pada fase inilah para peneliti menemukan masalah keamanan yang cukup mengkhawatirkan. Selain itu, para penjahat digital dapat menghubungkan robot dengan akunnya dari jarak jauh dengan menggunakan metode brute force. Kerentanan ini mengancam keamanan sang anak, sehingga para orangtua harus mengetahui cara mencegahnya.

Tips Keamanan Digital bagi Anak

Lakukan riset sebelum membeli

Pastikan produk yang hendak dibeli memiliki kredibilitas yang baik dalam hal keamanan dan privasi. Pilihlah perangkat dari merek ternama untuk menghindari kerentanan keamanan digital.

Perbarui perangkat secara berkala

Dengan memperbarui perangkat dengan firmware dan software terbaru, perangkat Sahabat Fimela akan memiliki perlidnungan terhadap ancaman kejahatan secara lebih mutakhir. Mainan pintar juga harus terus diperbarui sistemnya untuk menghindari kerentanan keamanan.

Berhati-hati dengan izin aplikasi

Perhatikan dan batasi izin yang diberikan pada perangkat. Berikan akses yang diperlukan ke fitur atau data. Hindari memberikan akses-akses berlebihan pada perangkat.

Matikan saat tidak digunakan

Untuk mencegah pengumpulan data, matikan perangkat apabila tidak digunakan. Untuk pencegahan ekstra, tutup dan arahkan kamera ke arah lain atau simpan di tempat yang cukup tertutup untuk menghindari berfungsinya mikrofon.

 

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading