Sukses

Lifestyle

Psikolog Ungkap Hambatan dan Cara Meraih Impian Agar Terwujud Hingga Pentingnya Support System

Fimela.com, Jakarta Setiap orang penting memiliki sebuah mimpi atau impian. Hal ini dikarenakan membuat seseorang memiliki tujuan hidup hingga lebih berkembang di setiap fase hidup. Berusaha dan menikmati prosesnya untuk mencapai impian.

Namun memang tidak mudah untuk meraih impian atau cita-cita, banyak tantangan yang harus dihadapi.

Putu Andani selaku Psikolog dari Tiga Generasi mengatakan jika di ilmu psikolog, menggapai impian pertama yang bisa dilakukan ialah membuat goal setting.

Pertama, goal setting dibuat harus tahu apa mimpi kita, lalu observasi, wawancara dengan ahlinya, lalu melakukan tes psikolog untuk tahu mimpi kita apa. Psikolog Putu mengatakan ini merupakan cara-cara yang terstruktur.

Namun jika tidak terstruktur bisa dengan tahu mimpi apa, mencari tahu bagaimana kendala hadapi ketika meraih mimpi, lalu penting untuk mengenal diri sendiri.

“Masa remaja adalah masa pencarian jati diri, yang juga beriringan dengan proses menentukan impian. Didalam masa ini, banyak kebimbangan dan keraguan yang seringkali membuat kita tidak tahu akan potensi diri. Maka ada baiknya mengenal diri sendiri, tahu mimpi kita dan dalam prosesnya tidak terlalu kaku, karena mimpi ini dinamis selalu ada progres dan bisa dievaluasi” papar Putu dalam acara Cap Panda, Sabtu (9/3), di Jakarta.

Putu juga menyampaikan ada tiga faktor penghambat mimpi tidak terwujud. Pertama perasaan takut gagal yang setiap orang pasti memilikinya, namun bagaimana cara kita keluar dari rasa takut dan berani keluar dari comfort zone.

Kedua, cenderung menunda apa yang ingin kita lakukan. Terakhir, kurangnya support system yang tidak berfungsi dengan baik untuk menunjang diri kita. Salah satu faktor kegagalan terbesar saat meraih impian adalah rasa ragu atau tidak percaya pada kemampuan diri sendiri.

Cara Meraih Impian

Putu mengatakan setelah tahu penghambat dari diri kita, bisa menggunakan metode self talk atau berbicara pada diri sendiri. 

“Self talk ini bisa dilakukan dengan tanyakan pada diri sendiri takut gagal karena apa, definisi gagal versi kamu kaya apa, risiko terberat dari kegagalan itu apa. Misalnya risiko terberat saat nggak diterima di kampus impian itu apa, ada baiknya cari kampus lain yang bisa menunjang mimpi, jadi coba jalani pelan-pelan,” paparnya. 

Putu juga menyampaikan impian juga bisa dipecah menjadi lebih simple yang bisa kita lakukan dengan jangka pendek. “Sering terjadi kita terlalu penat dengan goals, memiliki target terlalu tinggi, coba dipecah jadi mimpi yang simple yang membuat mood baik hingga semangat menggapai mimpi lainnya. Bisa lakukan sedikit-sedikit jadi bisa muncul perasaan kita bisa meraih mimpi,” paparnya. 

Selanjutnya pentingnya support system, di mana orang-orang di sekitar kita memberikan dampak positif dari support emosional hingga praktek. Kita juga harus tahu orang sekitar kita bisa memberikan support seperti apa pada kita.

“Penting tahu karena di saat kita butuh support system secara emosional atau praktek kita tahu harus menghampiri siapa,” katanya. Support system merupakan salah satu penentu dalam membangun kepercayaan diri seseorang untuk meraih impian.

Support system bisa didapat dari keluarga, teman atau bahkan konselor. Sejalan dengan hal tersebut, Cap Panda tidak hanya ingin #BerbagiKesegaran di setiap tegukannya, tetapi juga berkomitmen menjadi “support system” dalam mendukung langkah generasi muda Indonesia meraih impian mereka. 

“Cap Panda jadi support system untuk generasi muda untuk meraih cita-cita. Misalnya kami hadi official partner dari tim basket dan berhasil juga liga. Lalu support melestarikan lingkungan seperti di Istana Panda kita komitmen pelestarian satwa langka,” papar Lie Joko Budiman, Head of Marketing Food & Beverage Kino

Cap Panda juga baru saja mengadakan acara #BerbagiKesegaran inspirasi lewat acara nonton bareng Kungfu Panda 4 bersama anak-anak Panti Asuhan Al-Futuwwah dan Komunitas Bela diri Persaudaraan Setia Hati Terate (PneSHT) Wilayah Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur di XXI Plaza Senayan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Cap Panda bukan hanya dalam menghadirkan minuman dengan bahan alami berkualitas tinggi yang mengenyangkan dan menyegarkan, tetapi juga menjadi “support system” untuk mendukung generasi muda dalam meraih impiannya,” papar Joko. 

Nex Carlos, Digital Brand Ambassador Cap Panda dan seorang content creator yang memulai perjalanan karirnya yang berliku, mulai dari bekerja di kedai makanan, hingga menjaga toko membagikan pengalaman pribadinya dalam meraih impiannya.

“Perjalanan meraih impian umumnya tidak mudah dan durasi setiap orang berbeda-beda. Jangan pernah membandingkan diri dengan orang lain, fokus dengan apa yang kita miliki dan pacu semangat agar terus konsisten hingga suatu hari impian dapat terwujud. Siapapun punya kesempatan yang sama dan jangan pernah takut untuk bermimpi besar,” papar Nex. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading