Sukses

Lifestyle

Jangan Sampai Tertipu: 5 Tanda Orang Memanfaatkan Kebaikan Kita

Fimela.com, Jakarta Membantu orang lain adalah kewajiban setiap individu. Perlu diingat bahwa membantu orang haruslah secukupnya dan tidak berlebihan. Menjadi orang baik itu penting. Tapi, terlalu baik pada orang lain dapat menjadi bumerang untuk diri sendiri. Kebaikanmu dapat dimanfaatkan apabila tidak cermat.

Ada garis tipis antara benar-benar membantu dengan memanfaatkan kebaikan. Orang lain dapat mengambil keuntungan pribadi tanpa sepengetahuanmu. Kenali tanda-tanda orang yang memanfaatkan kebaikan Sahabat Fimela agar jangan sampai tertipu:

1. Tidak Ada Timbal Balik

Dalam hubungan yang baik perlu adanya keseimbangan dengan saling memberi dan diberi. Saat kebaikan yang diberikan terus menerus tdiak ada timbal balik, mungkin orang itu hanya memanfaatkan kebaikanmu.  Karena orang normal akan merasa berhutang budi saat dibantu. Sedangkan orang yang memanfaatkan kebaikan akan selalu menghindar untuk membalas budi

2. Terus Meminta Bantuan

Kebaikanmu dapat disalahgunakan oleh orang lain untuk memanfaatkanmu. Salah satunya adalah dengan terus menerus meminta bantuan. Bukannya belajar dari bantuan sebelumnya, ia akan meminta bantuan lagi kepadamu. Contohnya adalah ada yang meminta bantuan mengerjakan tugas. Saat sudah diberi tahu cara mengerjakannya, ia akan selalu meminta bantuanmu hingga soal yang diberikan selesai dikerjakan.

3. Tidak Menghargai Batasanmu

Batasan sangatlah perlu iperhatikan dalam segala hubungan. Orang yang memanfaatkan kebaikanmu tidak akan peduli dengan batasan yang telah diberikan. Ia tidak akan mempertimbangkan rasa nyamanmu saat meminta bantuan. Ia akan terus meminta bantuan bantuan tanpa memikirkan kesediaanmu. Saat tidak dibantu, ia akan merasa marah dan terhina.

4. Membuatmu Merasa Bersalah

Emosi adalah alat yang efektif untuk memanfaatkan seseorang. Orang yang memanfaatmu akan memanipulasi emosimu. Ia akan membuatmu merasa bersalah setiap kali menolak memberikan bantuan. Ia tidak sehat melebih-lebihkan dan berlaku sebagai korban atau dikenal dengan playing victim. Tidak jarang ia akan membanding-bandingkanmu dengan orang lain dan membuatmu merasa rendah diri.

5. Mendekat Hanya Saat Membutuhkan

Saat sedang membutuhkan, ia akan mendekat. Tapi saat segala urusannya denganmu sudah selesai, ia akan menghilang. Saat memerlukan bantuannya, ia akan selalu menghindar. Ini adalah salah satu tanda seseorang telah memanfaatkan kebaikanmu. Ia akan memandangmu sebagai sebuah sumber daya yang harus dimanfaatkan, bukan seorang teman. 

Menjadi orang baik dengan memberi bantuan orang yang membutuhkan itu perlu. Tapi jangan sampai kebaikan yang diberikan malah dimanfaatkan untuk keuntungan pribadi. Nah sekarang Sahabat Fimela sudah mengetahui tanda-tanda orang memanfaatkan kebaikanmu. Jangan sampai tertipu ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading