Sukses

Lifestyle

Ikuti 6 Tips Ini agar Tetap Produktif Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Saat berpuasa, seringkali tubuh menjadi lemas karena tidak ada konsumsi makanan dan minuman hingga waktu berbuka. Hal ini dapat mengganggu fokus dan produktivitas seseorang selama bulan Ramadan. Banyak yang cenderung menghabiskan waktu dengan tidur sepanjang hari,tentu hal ini tidak boleh ditiru ya Sahabat Fimela. 

Berpuasa bukanlah alasan untuk hanya berdiam diri menunggu waktu berbuka. Sebaliknya, ketika Sahabat Fimela memanfaatkan waktu puasa untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat, pahalanya akan berlipat-lipat. Isilah waktu dengan berbagai kegiatan yang membawa manfaat, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Maka dari itu, setiap tindakan produktif yang dilakukan selama bulan Ramadan akan menjadi ladang amal yang berbuah banyak pahala.

Ada beberapa tips yang dapat membantu Sahabat Fimela tetap produktif selama berpuasa, sebagaimana yang dikutip dari Egypttoday.com dan Thinkmarketingmagazine.com

Tips Tetap Produktif Saat Berpuaa

1. Rencanakan Hari Ke Depan 

Berpuasa membuat kondisi kurang fokus dan mungkin mengalami pusing saat menjalani hari, Sahabat Fimela bisa mencoba untuk merencanakan kegiatan hari dengan cermat. Beberapa orang cenderung menyusun jadwal dan daftar tugas mereka agar tidak terkejut dengan hal-hal tak terduga di tempat kerja. Merencanakan aktivitas keseharian akan membantu Sahabat Fimela menjaga keteraturan dan memungkinkan fokus terhadap pekerjaan itu sendiri. Hal ini juga dapat mengalokasikan waktu dan energi secara efisien dan meningkatkan produktivitas Sahabat Fimela selama bulan puasa.

2. Makanlah hidangan sahur yang bergizi

Sahabat Fimela disarankan untuk mengonsumsi sahur yang bernutrisi agar dapat memulai hari dengan baik, mengingat tidak ada kesempatan untuk mengomsumsi makanan utama sepanjang hari itu. Susunlah menu sahur dengan memilih makanan yang kaya akan kandungan air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, serta mengonsumsi kacang-kacangan yang baik bagi fungsi otak. Melalui cara ini, Sahabat Fimela dapat memastikan bahwa tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjalani puasa dengan lancar dan bertenaga selama bulan Ramadan.

3. Tidur yang cukup 

Kurang tidur dapat menyebabkan kehilangan fokus dan mengurangi produktivitas. Jika Sahabat Fimela cenderung begadang selama bulan Ramadan, disarankan untuk mengimbangi kurang tidur dengan tidur siang yang memadai setelah beraktivitas. Hal ini akan membantu tubuh untuk mendapatkan istirahat yang diperlukan agar tetap berfungsi secara optimal. Menjaga pola tidur yang baik, Sahabat Fimela dapat memastikan bahwa tubuh akan tetap bugar dan produktif selama menjalani ibadah puasa.

Berpuasa Bukan Alasan untuk Tidak Produktif dan Bermalas-malasan

4. Hindari Kafein 

Kafein dapat membuat Sahabat Fimela tetap terjaga dan memengaruhi kualitas tidur, menyebabkan kesulitan tidur dan terjaga hingga larut malam. Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil, yang dapat mengakibatkan dehidrasi dan membuat Sahabat Fimela merasa haus keesokan paginya. Oleh karena itu, lebih baik bagi Sahabat Fimela untuk memilih minuman yang rendah kafein atau mengonsumsi air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan kualitas tidur yang baik selama bulan puasa.

5. Ambil waktu istirahat

Jika Sahabat Fimela merasa mengantuk atau sulit untuk berkonsentrasi, disarankan untuk mengambil istirahat sejenak. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berjalan-jalan untuk mendapatkan udara segar, yang dapat membantu menghilangkan kantuk dan membuat kembali segar serta siap untuk melanjutkan aktivitas. Selain itu, Sahabat Fimela juga dapat memanfaatkan waktu istirahat untuk bersantai dan menenangkan pikiran, tanpa melakukan aktivitas tertentu.

6. Jaga hidrasi Tubuh 

Terakhir, pantau asupan hidrasi untuk tubuh. Minumlah 8 gelas air selama periode berbuka hingga sahur. Kekurangan hidrasi akan membuat tubuh cenderung lebih lemas dan tidak fokus menjalani hari. Sahabat Fimela bisa menghindari makanan pedas, serta mengurangi penggunaan garam berlebihan dalam masakan karena dapat meningkatkan kebutuhan tubuh akan cairan. Konsumsi buah dan sayur segar, seperti tomat, mentimun, atau semangka, karena kaya akan air dan serat. Selain itu, kurma menjadi pilihan yang baik untuk berbuka puasa karena tidak hanya memberikan energi dan glukosa darah, tetapi juga mengandung tinggi potasium yang membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

 

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading